Surat Al Falaq: Bacaan, Terjemahan dan Keutamaan untuk Perlindungan - Kesehatan

Senin, 29 November 2021 13:11 Penulis: Dhia Amira
Surat Al Falaq: Bacaan, Terjemahan dan Keutamaan untuk Perlindungan - Kesehatan
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Surat Al Falaq merupakan salah satu surat pendek yang ada di Al-Qur'an. Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari lima ayat. Nama Al Falaq diambil dari ayat pertama surat ini yang berarti Subuh. Surat Al Falaq termasuk golongan surat Makkiyah karena diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al Falaq menjadi salah satu surat yang sering digunakan dalam waktu sholat. Dalam surat Al Falaq dijelaskan bahwa manusia hendaklah selalu berlindung kepada Allah dari segala kejahatan. Mulai dari kejahatan sihir, orang-orang yang dengki, berbohong, maupun orang yang saling memecah belah.

Sehingga membuat surat Al Falaq menjadi salah satu surat yang dapat menjadi perantara memohon perlindungan pada Allah SWT pada hal-hal buruk. Ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca surat Al Falaq ini. Untuk itu berikut ini bacaan surat Al Falaq, beserta arti dan keutamaannya.

1. Bacaan Surat Al Falaq

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, surat Al Falaq merupakan salah satu surat Makkiyah yang terdiri dari 5 ayat. Berikut ini bacaan surat Al Falaq beserta dengan artinya yang dapat KLovers pahami:

1 Qul a'uzu birabbil-falaq
Artinya: "Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar).

2. Min syarri ma khalaq
Artinya: dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan.

3. Wa min syarri gasiqin iza waqab
Artinya: dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita.

4. Wa min syarrin-naffasati fil-'uqad
Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya).

5. Wa min syarri hasidin iza hasad
Artinya: dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

2. Menjadi Pelindung Bagi Pembacanya

Setelah mengetahui bacaan serta arti dari surat Al Falaq, tentu surat Al Falaq memiliki banyak sekali keutamaan. Dan salah satu keutamaan dari surat Al Falaq yang pertama yaitu, menjadi sebuah doa pelindung bagi pembacanya. Dalam hadist riwayat An Nasa'i, Rasulullah SAW bersabda,

"Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?". Ibnu Abbas menjawab: "Iya wahai Rasulullah,". Beliau pun bersabda: "Qul a'udzu birabbil falaq dan Qul a'udzu birabbin nas, dua surat ini." (HR An Nasa'i)

Dalam hadist tersebut dapat diketahui bahwa, surat Al Falaq menjadi salah satu surat yang bisa menjadi tameng pelindung. Selain surat Al Falaq, ada pula surat An-Nas yang juga menjadi salah satu surat pendek yang ada di Al-Qur'an dan dapat menjadi sebuah doa perlindungan untuk manusia.

3. Dapat Digunakan Sebagai Dzikir Pagi dan Petang

Amalan ringan namun sangat disukai oleh Allah SWT dan mendapatkan banyak pahalanya adalah berdzikir. Dzikir bisa dilakukan kapanpun, namun ada salah satu dzikir baik yang bisa dilakukan oleh umat muslim, yaitu dzikir pagi dan petang. Dalam dzikir pagi dan petang, ada banyak bacaan yang bisa kita baca. Tidak hanya membaca Al Ma'tsurat, kita juga bisa menggunakan surat Al Falaq untuk dzikir pagi dan petang.

Setelah kita membaca surat Al Ikhlas 3 kali, maka dianjurkan untuk membaca surat Al Falaq sebanyak 3 kali. Hal ini berdasarkan hadis dari 'Abdullah bin Khubaib yang berbunyi, "Suatu ketika kami keluar pada malam yang hujan turun sangat deras dan malam itu sangat gelap. Kami keluar mendatangi Rasulullah dan meminta beliau untuk shalat bersama kami.

Ketika saya (Abdullah bin Khubaib) menemui Rasulullah, Beliau menyuruh saya: 'bacalah!', namun saya tidak membaca apapun. Lalu beliau menyuruh lagi 'bacalah'. Tetap saya tidak membaca apa-apa. Sampai kepada perintah yang ketiga kalinya, saya lalu bertanya "apa yang harus saya baca ya Rasulullah?"

Rasulullah menjawab: "bacalah qul huwa Allah ahad (al-Ikhlas) dan al-mu'awwidzatain (al-Falaq dan al-Ikhlas) pada waktu pagi dan petang tiga kali, karena sesungguhnya membaca itu telah mencukupkan untuk mu segala sesuatu."

4. Menjadi Obat untuk Penyembuh

Selain menjadi sebuah perlindungan, surat Al Falaq juga bisa menjadi sebuah media penyembuhan loh KLovers. Hal ini berdasarkan pada hadist Nabi SAW dari Aisyah RA yang mengatakan,

"Rasulullah apabila sakit, maka beliau akan membacakan untuk dirinya sendiri al-mu'awwiddzaat (surat-surat perlindungan termasuk al-Falaq) dan meniupkan pada tubuhnya. Namun juga sakit itu payah sehingga menyulitkan Rasulullah, maka aku (Aisyah) yang membacakannya untuk Rasulullah dan kuusapkan kebadan Beliau berharap keberkahan firman Allah itu."

Selain itu sebuah studi yang dilakukan oleh IAIN Purwokerto menunjukkan bahwa bahwa, pada salah satu praktik kesehatan yang menggunakan ayat-ayat Al-Qur'an di sebuah rumah pengobatan menunjukkan adanya pengaruh ayat Al-Qur'an pada proses penyembuhannya.

5. Menjadi Pelindung saat Tidur

Terkadang sihir hingga hal-hal buruk yang datang dari setan terjadi saat kita tidur. Menjadikan surat Al Falaq sebagai pelindung saat tidur, merupakan sebuah cara untuk memohon perlindungan pada Allah SWT. Dalam sebuah hadist sahih yang diriwayatkan oleh Al Bukhari, Aisyah ra berkata,

"Setiap malam, ketika Rasulullah SAW ingin mula tidur, baginda merapatkan kedua tangannya kemudian meniupkan kearah kedua telapak itu sambil membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Al Nas, kemudian menyapu semua anggota badan yang mungkin dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan seluruh bagian tubuh lain sebanyak tiga kali." (Hadist Al Bukhari no. 4630)

Nabi Muhammad SAW merupakan tauladan bagi umat muslim di seluruh dunia hingga akhir dunia. Apapun yang dicontohkan dan dikerjakan beliau merupakan sebuah kebaikan. Dari kita memulai hari hingga kita menutup hari untuk istirahat.

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam tidur, dan untuk mendapatkan perlindungan dalam tidur, kita bisa membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Al Nas, kemudian menyapu semua anggota badan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Itulah bacaan surat Al Falaq yang bisa kalian pahami beserta dengan arti. Walaupun menjadi salah satu surat pendek di dalam Al-Qur'an, namun surat Al Falaq memiliki banyak sekali keutamaan yang baik untuk manusia.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI