Tahu Nggak? Ternyata Ini 7 Kriteria Untuk Jadi Pahlawan Nasional!

Selasa, 10 November 2015 12:18 Penulis: Arai Amelya
Tahu Nggak? Ternyata Ini 7 Kriteria Untuk Jadi Pahlawan Nasional!
© merdeka.com

Kapanlagi Plus - Tepat hari Selasa (10/11) ini, Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Tentu kamu sudah sangat paham bahwa pada hari bersejarah ini, Indonesia mengenang lagi jasa-jasa para pahlawan. Beruntunglah kamu yang punya kakek para pahlawan Kemerdekaan, mereka bakal menceritakanmu bagaimana beratnya berjuang untuk Indonesia.

Seperti ungkapan populer bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan mereka, Indonesia pun demikian. Pada Kamis (5/11) pekan lalu, Presiden Joko Widodo memberikan gelar Pahlawan Nasional baru kepada Bernard Wilhem Lapian (Sulawesi Utara), Mas Isman (Kosgoro), Komjen Pol Moehammad Jasin (Jawa Timur), I Gusti Ngurah Made Agung (Bali) dan Ki Bagus Hadikusumo (Yogyakarta).

Dengan demikian kini Indonesia mempunyai 163 orang Pahlawan Nasional dari sebelumnya 163 orang. Dari keseluruhan itu ada 156 orang pria dan sisanya 12 orang perempuan, seperti dilansir Merdeka.

Namun rupanya bukan perkara mudah menjadikan seseorang mendapat gelar Pahlawan Nasional. Diperlukan empat langkah yang harus mendapat persetujuan di setiap tingkatan. Dengan tahap terakhirnya penentuan gelar Pahlawan Nasional ditetapkan oleh Presiden yang diwakili Dewan Gelar.

Proses pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada lima sosok baru © merdeka.comProses pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada lima sosok baru © merdeka.com

Kementrian Sosial sendiri bakal melakukan verifikasi, penelitian dan pengkajian melalui proses seminar, diskusi dan sarasehan sebelum sampai ke tangan Presiden. Dan tahukah kamu kalau ternyata ada tujuh kriteria untuk seseorang yang diusulkan menerima gelar Pahlawan Nasional lho! Apa sih?
1. Warga Negara yang telah meninggal dunia dan semasa hidupnya;
a. Telah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik/perjuangan dalam bidang lain mencapai/merebut/mempertahankan/mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
b. Telah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.
c. Telah menghasilkan karya besar yang mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia
2. Pengabdian dan perjuangan yang dilakukannya berlangsung hampir sepanjang hidupnya (tidak sesaat) dan melebihi tugas yang diembannya
3. Perjuangan yang dilakukan mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional
4. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan/nasionalisme yang tinggi
5. Memiliki akhlak dan moral yang tinggi
6. Tidak menyerah pada lawan/musuh dalam perjuangannya
7. Dalam riwayat hidupnya tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dapat merusak nilai perjuangannya

Nah, adakah yang ingin kamu usulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional? Apapun itu, selamat Hari Pahlawan untuk seluruh pahlawan di Indonesia!

(mdk/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI