Ternyata Ini Alasan Manor Racing Putus Kontrak Rio Haryanto di F1

Kamis, 11 Agustus 2016 12:18 Penulis: Arai Amelya
Ternyata Ini Alasan Manor Racing Putus Kontrak Rio Haryanto di F1
Rio Haryanto © thecheckeredflag.co.uk

Kapanlagi Plus - Berakhir sudah sepak terjang si ganteng Rio Haryanto di ajang balap bergengsi dunia, Formula 1. Hal ini dikarenakan tim Manor Racing akhirnya resmi memutus kontrak dengan Rio. Kenapa Manor Racing sampai tega membuat keputusan yang bikin hati penggemar pemuda berusia 23 tahun itu remuk?

Rupanya keputusan ini diambil karena Rio tidak mampu melunasi kewajiban kontraknya berupa sisa pembayaran uang sponsor. Namun tidak serta merta mendepak Rio, Manor Racing tetap menawarkan posisi sebagai pembalap cadangan kepada Rio dalam 9 seri tersisa balapan Formula 1 tahun 2016 ini, seperti dilansir Merdeka.

Aksi Rio saat F1 di dalam mobil Manor Racing © via MerdekaAksi Rio saat F1 di dalam mobil Manor Racing © via Merdeka


Seolah tidak ingin membuat Indonesia terluka, Direktur Balap Manor Racing yakni Dave Ryan menyebut kalau Rio adalah anggota tim yang sangat berharga sejak bergabung Januari lalu. "Beberapa waktu lalu manajemen Rio mengindikasikan kesulitan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan kontrak setelah pelaksanaan Grand Prix (GP) Hungaria. Manajemen Rio sudah berupaya keras untuk memenuhi kewajiban kontrak dan pihak Manor mendukung penuh dengan memperbolehkan Rio membalap di GP Jerman," ungkap Dave lewat siaran pers.

Hanya saja demi alasan kebaikan tim, Manor Racing terpaksa memilih opsi pembalap lain di sisa musim balap. "Kami sangat senang terus mendukung ambisi Rio di F1 dengan menawarkan posisi sebagai pembalap cadangan di sisa musim. Kami berharap tawaran itu diterima Rio," lanjut Dave.

Dan inilah Esteban Ocon, pengganti Rio di Manor RacingDan inilah Esteban Ocon, pengganti Rio di Manor Racing


Karena Rio sudah tak jadi pembalap utama, Manor Racing pun menunjuk Esteban Ocon sebagai pendamping Pascal Wehrlein untuk mulai membalap di GP Belgia pada 28 Agustus mendatang. Ocon yang kini masih berusia 19 tahun itu adalah pembalap cadangan tim F1 Renault Sport dan juga pembalap tim Mercedes-AMG dalam kejuaran DTM Championship.

Bicara soal kontrak yang tidak bisa dipenuhi, sekedar informasi jika Rio baru sanggup menyetor setengah dari kewajiban 15 juta euro (sekitar Rp 219 miliar) untuk jadi pembalap Manor Racing. Di mana Rio masih ada kekurangan tujuh juta euro (sekitar Rp 102 miliar) karena kesulitan mencari sponsor. Well, meskipun Rio memang belum bisa mencatatkan nama di posisi teratas F1, dia sudah membuat bangga Indonesia. Karena tidak semua orang Indonesia mampu menjejakkan nama mereka di F1. Apapun itu, tetap semangat Rio!

(mdk/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI