Ternyata Ini Lho Maksud 'Turn On Post Notifications' di Instagram

Rabu, 30 Maret 2016 06:18 Penulis: Arai Amelya
Ternyata Ini Lho Maksud 'Turn On Post Notifications' di Instagram
Ilustrasi Instagram © slashgear.com

Kapanlagi Plus - Ada yang cukup berbeda (atau menyebalkan) saat kamu membaca postingan beberapa temanmu di Instagram. Terutama jika kamu termasuk doyan follow akun online shop. Karena akun-akun tersebut bebarengan memposting sebuah ajakan untuk melakukan 'Turn On Post Notifications' kepada seluruh followernya. Memangnya itu apa sih?

Sebetulnya ajakan Turn On Post Notifications alias mengaktifkan pemberitahuan postingan itu adalah imbas dari sistem baru di Instagram. Yap, jejaring sosial yang sudah dibeli oleh Facebook itu memberlakukan algoritma baru dalam memperlihatkan timeline postingan mereka, seperti dilansir Fusion.

A photo posted by Jason Bright (@ijasonbright) on Mar 28, 2016 at 3:27am PDT


Di mana kalau sebelumnya kamu melihat postingan teman-temanmu di Instagram berdasarkan waktu (chronological order), maka sebentar lagi bakal berbeda. Instagram akan memperlihatkan momen-momen yang dirasa paling penting bagi penggunanya. Sehingga saat kamu membuka Instagram, kamu tak akan melihat unggahan terbaru dari akun temanmu di layar teratas.

Secara mudahnya, jika kamu doyan membuka akun Instagram Song Joong Ki entah berkomentar atau memberi tanda love, maka setiap postingan akun Joong Ki akan muncul di timeline teratasmu dibandingkan akun temanmu yang cuma kamu buka saat butuh. Karena perubahan algoritma inilah, Instagram memberlakukan fitur Post Notification yang bisa diaktifkan.

A photo posted by D I D I E R (@dididediego) on Mar 28, 2016 at 4:08am PDT


Untuk mengaktifkan fitur itu, kamu tinggal meng-klik titik tiga di sebuah postingan temanmu dan pilih perintah Turn On Post Notifications. Jika fitur itu sudah aktif, kamu bisa mendapat pemberitahuan setiap kali akun tersebut memposting. Tak heran kalau akhirnya para pemilik produk hingga online shop langsung berlomba-lomba mengajak followernya mengaktifkan fitur baru itu.

Namun fitur ini rupanya menimbulkan pro-kontra hingga muncul seruan memboikot Instagram. Menanggapi netizens, Instagram pun merilis pernyataan resmi di akun Twitternya, 'Kami mendengar semua keluhan dan kami jamin tidak ada yang berubah dengan timeline-mu sekarang. Kami berjanji untuk memberitahu jika perubahan sudah terjadi'. Gimana menurutmu?

(fus/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI