Tradisi Unik Merayakan Hari Valentine dari Filipina Sampai Korea

Minggu, 14 Februari 2016 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Tradisi Unik Merayakan Hari Valentine dari Filipina Sampai Korea
┬ęshutterstock

Kapanlagi Plus - Tidak semua negara merayakan hari Valentine secara besar-besaran. Beberapa negara bahkan memiliki tradisi unik yang berlangsung turun temurun untuk dirayakan setiap tahun. Mungkin perayaan valentine dari beberapa negara berikut dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin merayakan hari kasih sayang bersama teman dan keluarga tersayang.

Filipina

Hebatnya, Filipina merayakan valentine dengan mengadakan nikah massal! Tepat di tanggal 14 Februari, ratusan hingga ribuan pasangan berkumpul di satu tempat kemudian seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Rekor nikah massal di hari valentine yang dipegang Filipina terjadi pada tahun 2012 dengan mencatat sekitar 2000 pasangan baru dan pasangan yang sudah menikah dan ingin memperbarui sumpah pernikahan mereka.

Inggris

Jika di negara lain hari valentine identik dengan pasangan, di Inggris hari kasih sayang justru lebih banyak dirayakan oleh perempuan dan anak-anak. Para perempuan di Inggris akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal pada malam sebelum Valentine. Biasanya daun-daun tersebut dicelup ke dalam air mawar sebelum disimpan untuk menyambut calon suaminya yang dipercaya akan hadir di dalam mimpi saat malam valentine tiba.  Sementara para pria akan memberikan sendok yang diukirnya dengan simbol khusus bagi pasangannya. Hadiah valentine tradisional yang romantis sekali, bukan?

Afrika Selatan

Hari valentine di Afrika Selatan dijadikan sebagai hari di mana para wanitanya memakai pin berbentuk hati untuk mengungkapkan kekagumannya pada nama laki-laki yang mereka kagumi. Kaum lelakinya tentu saja akan bergegas mencari tahu siapa saja wanita yang mengagumi mereka. Tradisi di Afrika Selatan ini sebenarnya adalah tradisi turun temurun dari Romawi Kuno yang bernama Lupercalia.

Italia

Italia pun tidak ketinggalan memiliki tradisi romantis untuk merayakan valentine. Di kota Paris (ibukota Perancis), laki-laki dan perempuan lajangnya akan berkumpul pada sebuah rumah saat hari kasih sayang tiba. Pada waktu tersebut, para laki-laki akan mencari perempuan yang disukainya sampai benar-benar cocok. Para perempuan yang tidak mendapat pasangan akan berkumpul di sekitar api unggun dan membakar foto lelaki yang membuatnya kecewa di akhir acara. Wow.. !

Korea Selatan

Perayaan hari kasih sayang di Korea Selatan begitu trend-nya sehingga tidak dirayakan di satu bulan. Tercatat pada tanggal 14 Februari, 14 Maret dan 14 April dirayakan sebagai hari kasih sayang dengan tradisi yang berbeda setiap bulan. Tanggal 14 Februari sang perempuan menyatakan cinta kepada laki-laki, sebulan kemudian tepatnya hari putih (White Day), laki-laki membalas apa yang telah diberikan sang perempuan sebelumnya.

Di bulan terakhir pada 14 April, para jomblo lah yang merayakan Valentine, mereka akan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas  mi bersaus kental warna hitam yang bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam. Nuansa serba hitam itulah yang menjadikan tanggal 14 April disebut sebagai Hari Hitam.

Lalu bagi kamu yang ingin merayakan hari valentine di sini biasanya akan diisi dengan makan malam bersama keluarga, tukar kado antar pasangan atau memberikan cokelat untuk yang tersayang. Bagi yang masih bingung memikirkan memilih hadiah apa yang ingin diberikan pada pasangan, kini bisa mencarinya dengan mudah berdasarkan referensi belanja penuh cinta di Bukalapak. Apalagi sekarang ada Promo Valentine yang banjir diskon hingga 60% plus kode voucher yang bernilai potongan harga 14%!

Bagaimana cara mendapatkan kode voucher ini? Kamu bisa mendapatkannya gratis dengan klik Diskon Hari Valentine 2016 di Bukalapak. Jangan sampai diskon valentine di Bukalapak ini terlewatkan. Ingat hanya akan terjadi pada tanggal 14 Februari ini saja, dan vouchernya terbatas lho! Yuk segera belanja penuh cinta dan rebut voucher Valentine ini dari situs tempat jual beli online terpercaya Bukalapak.  

(adv/ayu)

Editor:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI