Untuk Apa Sih Belajar Matematika? Ini Jawabannya!

Selasa, 22 November 2016 12:18 Penulis: Agista Rully
Untuk Apa Sih Belajar Matematika? Ini Jawabannya!
© ted.com

Kapanlagi Plus - Matematika selalu menjadi mata pelajaran paling sulit bagi siswa. Hayo siapa di sini yang merasa Matematika adalah musuh? Ngaku aja deh! Bahkan saking sebalnya dengan mata pelajaran penuh hitung-hitungan ini, kita sering bertanya "Buat apa sih kita belajar Matematika?"

Ternyata seorang Profesor Matematika, Jeremy Kun, memiliki jawaban atas pertanyaan sederhana kita. "Mengapa kita harus belajar sinus, cosinus, integral, aljabar, dan geometri?" Seperti apa jawabannya?

1. Matematika mengajarimu untuk mengakui bahwa kamu salah

matematika mengajarimu untuk mengakui kesalahan © brightside.mematematika mengajarimu untuk mengakui kesalahan © brightside.me

Dan tidak hanya mengakui kesalahan, matematika juga mengajari kita untuk move on mengerjakan soal-soal yang jauh lebih sulit. Dalam matematika, semakin sering seseorang membuat kesalahan maka akan semakin banyak usaha untuk menemukan jawaban yang benar. Benar juga ya?

2. Matematika mengajarimu untuk memilih kata yang benar dan tepat

matematika mengajarimu untuk menjadi presisi © brightside.mematematika mengajarimu untuk menjadi presisi © brightside.me

Presisi merupakan kesopanan yang dijunjung tinggi oleh para ahli Matematika. Hal ini sangat sulit disanggah karena setiap fenomena selalu memiliki definisi yang tepat dan akurat.

3. Matematika mengajarimu untuk berpikir jauh ke depan

matematika mengajarimu untuk berpikir jauh ke depan © brightside.mematematika mengajarimu untuk berpikir jauh ke depan © brightside.me

Menyelesaikan soal matematika itu seperti bermain catur. Apabila salah sedikit saja maka hasil akhir juga akan salah dan harus mengulang dari awal.

Bahkan salah meletakkan tanda tambah atau kurang saja bisa jadi bencana besar saat mengerjakan soal matematika. Oleh sebab itu, matematika juga mengajarimu untuk melangkah dengan hati-hati dan penuh pertimbangan meski itu hal kecil.

4. Matematika mengajarimu untuk berpikir sesuai gayamu

matematika mengajarimu untuk jadi diri sendiri © brightside.mematematika mengajarimu untuk jadi diri sendiri © brightside.me

Banyak sekali teorema dan rumus matematika yang seringkali disangka benar tapi ternyata tidak lagi. Oleh sebab itu teori matematika selalu berkembang. Hal ini mengajari kita untuk tidak selalu percaya dengan apa yang dikatakan orang lain kecuali kita mencoba atau mencari tahu sendiri. Para ilmuwan menyebut hal ini sebagai "reasonable skepticism".

5. Matematika mengajarimu untuk pantang menyerah

dan yang paling penting matematika mengajarimu untuk tidak menyerah © brightside.medan yang paling penting matematika mengajarimu untuk tidak menyerah © brightside.me

Sesusah apapun soal matematika yang kamu hadapi, kamu akan selalu berusaha untuk menyelesaikannya atau paling tidak menemukan jawabannya meski itu salah. Kecuali kamu adalah tipe orang yang mencontek pekerjaan temanmu ketika di sekolah.

Nah, itulah manfaat bagi kita ketika belajar Matematika. Ternyata
matematika itu nyebelin tapi bikin kita jatuh cinta ya.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI