Wasiat Ayah, Pemuda Ini Nekat Keliling Indonesia Sebelum 25 Tahun

Arai Amelya | Selasa, 26 Januari 2016 06:18
Wasiat Ayah, Pemuda Ini Nekat Keliling Indonesia Sebelum 25 Tahun
Yudha © Instagram © ashari_yud

Kapanlagi.com - Ada yang bilang bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki anak muda. Tak heran kalau banyak generasi muda yang rela meninggalkan kemapanan demi mewujudkan impian mereka sekali untuk seumur hidup. Itulah yang ada di benak pemuda kelahiran Depok, 13 November 1991 bernama Ashari Yudha Pratama Putra ini.

Sebagai pengelola akun Instagram @catatanbackpacker, kisah hidup pemuda keturunan Banjar-Sunda ini memang bisa bikin kamu cemburu. Bayangkan saja, sudah hobi travelling sejak masih kecil karena sang ayah juga menyukai hobi itu, Yudha pun menggila dan punya impian ambisius sebagai solo backpacker keliling Indonesia sebelum genap berusia 25 tahun pada 2016 ini.

Yudha saat di Misool, Raja Ampat. Keren kan? © Instagram © ashari_yudhYudha saat di Misool, Raja Ampat. Keren kan? © Instagram © ashari_yudh

"Dulu zaman masih kecil, aku sering diajak almarhum ayah untuk bolak-balik ke Kalimantan naik kapal Pelni sama juga keliling Jawa. Menekuni travelling sejak kuliah ya, soalnya ada banyak waktu. Untuk hobi travelling benernya nggak ada alasan sih. Karena mencintai sesuatu nggak perlu alasan. Aku seneng banget bisa ketemu sama orang-orang baru, berinteraksi dengan banyak tipe orang sambil melihat keindahan alam. Semakin ke sini, semakin aku belajar kalau travelling itu memberi banyak pelajaran," cerita Yudha.

Pemuda yang memulai perjalanan solo travelling dengan berkunjung ke Bangkok, Thailand ini pun mengakui bahwa tak mudah awalnya memutuskan sebagai backpacker. Apalagi ibunya cukup merasa berat meskipun akhirnya memberi izin demi mewujudkan pesan mendiang ayahnya.

Wasiat mendiang ayah adalah hal yang selalu dikenang Yudha © Instagram © ashari_yudhWasiat mendiang ayah adalah hal yang selalu dikenang Yudha © Instagram © ashari_yudh

"Mulai resmi jadi solo backpacker itu karena wasiat almarhum ayah. Pertama beliau ingin aku harus punya usaha sendiri alias enterpreneur dan kedua aku harus coba berkeliling Indonesia. Kata ayah banyak yang bakal aku pelajari selama perjalanan dan ilmu itu yang nggak bakal diraih waktu sekolah atau kuliah. Dan kalimat itu terbukti benar," imbuh Yudha lewat wawancara by email dengan KapanLagi.com® beberapa waktu lalu.

Memulai perjalanannya pada Mei 2014, Yudha sudah menginjakkan kaki di Jawa-kepulauan Karimun Jawa-Bali-Lombok-Sumbawa-Flores selama dua bulan. Lalu dirinya pun melanjutkannya lagi pada Desember 2014-Desember 2015 dengan singgah di Jawa Barat-Yogyakarta-Jawa Timur-pulau Timor-pulau Komodo-kepulauan Wakatobi-Ternate-Ambon-Banda Neira-Raja Ampat-Manado-Makassar-Jakarta. Dengan sudah mendatangi 27 provinsi, Yudha pun meninggalkan 7 provinsi di Indonesia yang belum dia kunjungi sebelum berusia 25 tahun ini. Semangat ya Yudha!

(kpl/aia)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI