Wow, Ada Rumah Dijual Rp 13 Ribuan! Mau Beli?

Senin, 09 Maret 2015 09:18 Penulis: Arai Amelya
Wow, Ada Rumah Dijual Rp 13 Ribuan! Mau Beli?
©wibiti

Kapanlagi Plus - Berapakah harga rumah saat ini? Tentu untuk rumah sederhana dan di daerah pinggiran kota sudah menyentuh harga di atas Rp 200 jutaan. Lantas bagaimana kalau ada rumah yang harganya dipatok USD 1 (Rp 13 ribuan)? Pasti kamu bakal membelinya sebanyak 100 biji.

Terdengar tidak masuk akal memang, tetapi itulah yang terjadi bagi warga kota Buffalo di Amerika Serikat sana. Dengan syarat dan ketentuan berlaku, warga Buffalo bisa membayar rumah dengan selembar uang Rp 20 ribu bahkan mendapat kembalian, seperti dilansir News.

Adalah program Buffalo Urban Homesteading (BUH) yang menggagas rumah murah ini. Mereka yang ingin mendapatkannya, harus membenahi persyaratan rumah yang layak dalam kurun waktu 18 bulan selain harus sudah tinggal di sana minimal tiga tahun lamanya.

Kalau rumah murahnya begini, apa kamu mau?Kalau rumah murahnya begini, apa kamu mau?

Brendan Mehaffy selaku direktur BUH mengaku jika program jual rumah supermurah ini bahkan lebih rendah dibandingkan anggaran pemerintah Buffalo untuk meruntuhkan bangunan-bangunan tua tak layak yang mencapai USD 20 (Rp 261 ribuan). Karena begitu menggiurkan, tawaran langka inipun langsung ramai peminat. Dengan ribuan pendaftar, pihak BUH hanya memilih beberapa saja dengan syarat super ketat.

Program super murah ini rupanya bukan pertama di Amerika Serikat. Pada tahun 2013 silam, sejumlah rumah di Detroit yang dinyatakan bangkrut dijual dengan harga termurah USD 1 (Rp 13 ribuan). Meskipun demikian, masih saja ada beberapa kawasan yang menjual rumah supermurah dengan kondisi mengenaskan.

Wah, apakah Presiden Jokowi punya keinginan membangun rumah seharga Rp 10 ribuan di Indonesia ya? Ditunggu saja yuk!

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI