10 Cara Atasi Stres Jelang Traveling untuk Liburan yang Maksimal

Sabtu, 21 September 2019 10:26 Penulis: Wuri Anggarini
10 Cara Atasi Stres Jelang Traveling untuk Liburan yang Maksimal
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Mau itu pengalaman pertama atau kesepuluh, banyak yang merasakan cemas sebelum traveling. Daftar penyebabnya bisa panjang, mulai dari takut lupa membawa tiket pesawat dan paspor, khawatir bepergian sendirian, hambatan bahasa yang bikin frustasi, hingga mengkhawatirkan kondisi rumah.

Padahal, traveling harusnya jadi kegiatan yang luar biasa dan bikin pikiran serta tubuh jadi rileks. Untungnya, kamu nggak sendirian ada 10 cara jitu buat mengatasi stres demi memaksimalkan waktu liburmu.

Identifikasi Sumber Kecemasan

Menemukan apa yang menjadi penyebab munculnya rasa cemas akan membuatmu lebih mudah mencari solusinya. Buat daftar semua hal yang bikin kamu tertekan, mulai dari takut terbang, bepergian ke luar negeri, hingga khawatir sakit di luar negeri. Kalau khawatir dengan bujet misalnya, siapkan anggaran harian dan evaluasi kembali untuk menemukan apa yang kira-kira menjadi masalahnya.

Rawat Diri Sendiri

Meskipun kamu tergolong santai dan cool jelang traveling, nggak ada salahnya untuk menghindari pemicu kecemasan dengan menjaga diri dalam minggu-minggu jelang keberangkatanmu. Luangkan waktu untuk berolahraga, habiskan waktu dengan orang tersayang, menyantap makanan sehat, cukup tidur, dan lakukan meditasi untuk merawat diri.

Lakukan Riset

Salah satu penyebab kecemasan sebelum traveling disebabkan karena nggak tahu apa yang bakal terjadi saat sampai di tempat tujuan. Lakukan riset ke mana kamu akan pergi dan buat rencana sedetil mungkin. Dapatkan panduan atau baca blog traveler yang sudah berkunjung ke sana dan cari tahu apa yang ingin dilakukan hingga berkeliling tempat wisata.

Tiba di Bandara Bebas Stres

Hal terakhir yang kamu inginkan adalah terjebak macet terutama mendekati waktu keberangkatan. Belum lagi dokumen yang tertinggal atau terselip seperti tiket pesawat atau paspor yang bikin kamu kebingungan. Tenangkan pikiran dengan memilih cara transportasi terbaik menuju bandara dan lakukan online check-in untuk membantu menghemat waktu.

Jangan Menunggu Sampai Menit Terakhir untuk Berkemas

Menunda apa pun hingga menit terakhir hanya akan memicu stres. Kemas barang apa saja yang akan dibawa sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk berbenah. Hal ini juga menekan risiko melupakan sesuatu yang malah akan memicu stres baru saat tiba di tempat tujuan.

Amankan Bujet

Memiliki bujet yang lebih besar dari rencana keuangan yang dimiliki bukan hanya bakal membantumu saat dalam keadaan darurat tapi juga merasa lebih aman. Kamu pun bisa melakukan penghematan, misalnya mencari promo voucher hotel yang bisa bikin aman isi dompet, memilih berjalan kaki ke tempat yang dekat ketimbang memesan taksi atau menyiapkan uang tunai di samping membawa kartu kredit.

Konsisten

Salah satu hal terburuk yang bisa terjadi saat bepergian adalah kehilangan dokumen penting, apalagi jika sedang berada di luar negeri. Biasakan untuk menyimpan identitas atau tiket pesawat di tempat yang sama persis. Bisa juga membuat salinan dari dokumen penting untuk berjaga-jaga dan simpan dalam koper atau tasmu.

Siapkan Hiburan

Dalam perjalanan yang cukup jauh dan panjang, kamu seringkali memanfaatkan ponsel untuk menghibur diri sendiri. Bagaimana kalau kondisinya low-batt atau meninggalkan headphone di rumah? Melakukan persiapan itu kuncinya. Malam sebelum berangkat, charge gadget yang diperlukan atau bawa buku maupun majalah untuk mengisi waktu.

Fokus pada Hal yang Positif

Ketika kamu mulai merasa cemas, ingatkan diri sendiri alasan yang membuatmu melakukan perjalanan ini. Visualisasikan tempat-tempat yang ingin kamu lihat dan menjajal petualangan yang disukai. Cara ini akan membuatmu lebih bersemangat dan lupa akan kecemasanmu.

Ambil Nafas Panjang

Ketika mengalami cemas, nafas bergerak cepat dan pendek-pendek. Jaga pernafasan tetap tenang dengan bernafas dalam lima detik melalui hidung dan hembuskan 10 detik dari mulut seperti sedang meniup sup panas. Setelah tenang, kamu bisa memikirkan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang sedang dihadapi.

Tujuan berlibur salah satunya untuk membebaskan diri dari stres. Biar liburan kian maksimal, jajal cara-cara ini untuk traveling bebas tekanan.

(kpl/eth)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI