10 Cara Memutihkan Kulit Tangan Secara Alami dan Cepat, Gampang Lho Caranya

Selasa, 14 Mei 2019 14:42 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Memutihkan Kulit Tangan Secara Alami dan Cepat, Gampang Lho Caranya
ilustrasi (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Memiliki kulit putih dan merata adalah impian hampir semua orang, terutama wanita. Sayangnya, terkadang karena aktifitas kita yang sering terpapar sinar matahari dan tanpa memakai perlindungan, membuat kulit berubah menjadi gelap. Salah satu bagian tubuh yang rawan menggelap karena seringnya terpapar matahari yakni tangan. Tak hanya wajah, tangan yang berwarna lebih gelap kadang membuat kita merasa kurang percaya diri. Terlebih, tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sering kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit tangan agar nampak cerah? Ada banyak cara yang bisa kalian coba untuk memutihkan kulit tangan. Namun, cara alami adalah yang teraman, selain itu dengan menggunakan bahan alami kalian juga akan mendapatkan manfaat yang lebih. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memutihkan kulit tangan dengan cepat, mudah dan pastinya kalian tak perlu ke klinik kecantikan untuk melakukannya. 

1. Lemon

lemon (credit: shutterstock)lemon (credit: shutterstock)

Cara pertama untuk memutihkan kulit tangan yakni menggunakan lemon. Buah yang satu ini memang telah terkenal akan manfaatnya yang dapat mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C inilah yang dapat menangkal radikal bebas serta membantu mencerahkan tanganmu. Caranya yakni,

  1. Oleskan lemon pada kulit tangan dan kaki dengan kapas sebelum tidur
  2. Diamkan selama 30 menit
  3. Bilas hingga bersih

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, pastikan kulitmu tidak mengalami alergi ya sebelum melakukan perawatan ini.

2. Lidah Buaya

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk memutihkan kulit tanganmu. Kandungan aloesin yang ada pada lidah buaya mampu menghambat pembentukan melanin pada kulit sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Caranya pun sangat praktis yaitu:

  1. Petik lidah buaya secukupnya
  2. Potong dan ambil gel lidah buaya
  3. Oleskan secara merata pada tangan
  4. Biarkan selama 15 menit
  5. Bilas hingga bersih

3. Yoghurt

Salah satu bahan makanan ini ternyata juga mampu untuk memutihkan kulit tangan yang menggelap. Kandungan asam laktat yang terkandung di dalamnya, selain dapat memutihkan kulit, juga dapat menghilangkan kulit kering dan bersisik. Seperti lidah buaya, cara pemakaian yoghurt juga sangat mudah yaitu:

  1. Gunakan yoghurt pada area tangan
  2. Diamkan selama 10 menit
  3. Bilas hingga bersih

4. Bengkoang

Cara memutihkan tangan yang bisa kalian coba adalah dengan bengkoang. Buah yang berwarna putih ini, seperti halnya lemon, telah terkenal dengan kemampuannya dalam memutihkan kulit. Buah bengkoang kaya akan vitamin B dan juga C yang mana keduanya berperan penting untuk memutihkan sekaligus menjaga kulitmu. Bagaimana caranya?

  1. Ambil 1 buah bengkoang
  2. Parut bengkoang, lalu peras menggunakan air
  3. Gunakan sari bengkoang sebagai masker dan lumurkan pada kedua tangan

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dengan parutan bengkoang yang dapat berfungsi sebagai scrub

5. Kunyit, Yoghurt dan Madu

Cara selanjutnya untuk memutihkan kulit tanganmu yakni dengan menggunakan kunyit. Bumbu dapur yang berwarna kuning ini juga dapat bermanfaat untuk mencerahkan tanganmu. Bagaimana caranya?

  1. Campurkan bubuk kunyit, yoghurt dan juga madu
  2. Oleskan pada tangan
  3. Biarkan selama 15 menit
  4. Bilas hingga bersih

6. Jeruk Nipis

jeruk nipis (credit: shutterstock)jeruk nipis (credit: shutterstock)

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga banyak mengandung vitamin C serta antioksidan. Kandungan tersebut dapat berguna untuk mencerahkan kulit dan juga mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tanganmu menjadi nampak cerah. Langkah-langkahnya yakni:

  1. Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian
  2. Oleskan pada tangan secara merata
  3. Biarkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih

7. Beras dan Minyak Zaitun

Campuran beras dan minyak zaitun bisa menjadi cara lainnya untuk memutihkan kulit tanganmu. Selain dapat memutihkan kulit, campuran keduanya juga dapat bermanfaat mencegah keriput maupun menghaluskan kulit. Berikut caranya:

  1. Tumbuk beras hingga halus
  2. Campurkan minyak zaitun dan berasa hingga tercampur rata
  3. Oleskan campuran keduanya pada tangan
  4. Diamkan beberapa saat
  5. Bilas hingga bersih

8. Mentimun

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada mentimun mampu menjaga kesegaran kulit sehingga juga dapat membuat kulit tanganmu nampak cerah. Selain itu, mentimun juga mampu menghambat pigmentasi dan juga menghilangkan mata pandamu. Bagaimana caranya?

  1. Siapkan 1 buah mentimun
  2. Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk gel
  3. Usapakan gel pada tangan
  4. Biarkan selama 30 menit
  5. Bilas dengan air bersih

9. Madu

madu (credit: shutterstock)madu (credit: shutterstock)

Selanjutnya, madu dapat berfungsi sebagai pencerah dan juga pelembab alami untuk kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang banyak terdapat pada madu dapat mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit tanganmu nampak cerah. Lalu, langkah-langkahnya yakni:

  1. Siapkan madu secukupnya
  2. Oleskan madu pada tangan
  3. Biarkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih

10. Body Lotion dan Wortel

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan campuran body lotion dan wortel untuk memutihkan kulit tanganmu. Caranya juga cukup sederhana, yaitu:

  1. Siapakan wortel dan body lotion
  2. Parut wortel
  3. Tambahkan sedikit body lotion ke dalam parutan wortel dan aduk hingga rata
  4. Oleskan bahan di atas pada bagian tangan
  5. Diamkan beberapa menit
  6. Bilas hingga bersih

Nah, itulah 10 cara memutihkan kulit tangan dengan cepat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan alami, tentu saja tak akan ada efek samping untuk tubuhmu kedepannya. Tapi, kamu harus sabar dan konsisten yaa agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI