10 Ciri-Ciri Kurang Darah yang Sering Disepelekan, Ketahui Juga Penyebabnya Agar Lebih Waspada

Selasa, 13 Juli 2021 17:44
10 Ciri-Ciri Kurang Darah yang Sering Disepelekan, Ketahui Juga Penyebabnya Agar Lebih Waspada
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kurang darah jadi satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja. Oleh sebab itu, sudah semestinya kita mengetahui apa saja ciri-ciri saat tubuh mengalami kekurangan darah. Pasalnya, ada beberapa ciri-ciri kurang darah yang tampak secara fisik seseorang. Namun, faktanya masih tak sedikit orang yang mengabaikannya dan menganggap sebagai kondisi tubuh biasa.

Secara umum kondisi kurang darah juga sering disebut dengan anemia. Selayaknya penyakit, anemia juga muncul disertai dengan beberapa gejala. Dengan mengetahui gejalanya, kita bisa melakukan tindakan pengobatan secepat mungkin. Terlebih, beberapa gejala atau ciri-ciri kekurangan darah juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Sehingga, hal tersebut juga bisa berdampak pada terganggunya aktivitas.

Seseorang dinyatakan kurang darah saat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup, sehingga peredaran oksigen ke seluruh tubuh jadi terganggu. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan mengenai ciri-ciri kurang darah, yang telah dirangkum dari liputan6.com.

 

1. Sakit Kepala dan Pusing

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala dan pusing. Meski masih begitu banyak yang menyepelekan pusing dan sakit kepala. Padahal, keduanya bisa jadi satu gejala dari berbagai penyakit termasuk kurang darah atau anemia.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anemia terjadi saat tubuh kekurangan persediaan hemoglobin. Sehingga peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh jadi terganggu. Bahkan hal ini bisa mengakibatkan, pasokan oksigen tidak dapat sampai ke otak. Akibatnya, saat mengalaminya seseorang akan merasakan pusing terutama saat berbaring.

 

2. Mudah Lelah

Lelah juga jadi satu kondisi yang biasa dirasakan banyak orang setelah beraktivitas berat. Namun ternyata mudah merasa lelah juga bisa jadi ciri-ciri kurang darah. Hal ini lantaran, hemoglobin dalam tubuh berfungsi mengikat oksigen untuk kemudian diedarkan sel darah merah. Saat tubuh kekurangan hemoglobin, oksigen tidak menyebar secara maksimal. Inilah yang membuat tubuh jadi mudah terasa lelah.

 

3. Sesak Napas

Jika kalian sering mengalami sesak napas, bisa jadi kalian sedang dalam kondisi kurang darah. Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, kurang darah menyebabkan peredaran oksigen dalam tubuh tidak maksimal.

Kondisi otot membuat otot tak bekerja secara sempurna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sementara, kadar oksigen yang tidak tercukupi membuat laju pernapasan terus meningkat. Inilah yang kemudian membuat seseorang merasakan sesak meski tidak sedang beraktivitas berat.

 

4. Jantung Berdebar

Jantung jadi salah satu organ vital manusia. Kondisi jantung sangat menentukan kesehatan seseorang. Jantung yang sering berdebar juga bisa jadi satu ciri kurang darah. Hal ini disebabkan, kurangnya zat besi dalam tubuh saat kita kekurangan darah. Sehingga, jantung kemudian berdebar kencang karena harus bekerja keras untuk tetap bisa memompa darah dan oksigen.

 

5. Kulit Pucat

Secara fisik, ciri orang yang kekurangan darah bisa tampak dari kulitnya yang pucat. Pasalnya selain mengikat oksigen dengan sel darah merah, hemoglobin juga menjadi zat pemberi warna merah pada darah.

Saat kita kekurangan hemoglobin, rona kulit kita juga akan sedikit terpengaruh, jadi tampak lebih pucat. Bagian tubuh yang jadi pucat ini biasanya tampak pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, gusi, bagian dalam bibir, kelopak mata bawah, dan punggung kuku.

 

6. Lidah Bengkak

Ciri kurang darah berikutnya yaitu lidah yang menjadi bengkak. Kurang darah memang bisa menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian otot tubuh. Lidah adalah salah satunya. Biasanya pembengkakan pada lidah ini disertai dengan rasa sakit, serta bibir yang pecah-pecah.

 

7. Tangan dan Kaki Dingin

Kurangnya zat besi dalam tubuh tidak saja membuat jantung berdebar kencang. Kekurangan zat besi juga mengakibatkan tangan dan kaki yang menjadi dingin. Hal ini merupakan dampak dari berkurangnya suplai oksigen yang disalurkan ke seluruh tubuh, khususnya di bagian tangan dan kaki.

 

8. Rambut Rontok

Ciri kurang darah juga bisa dilihat dari kondisi rambut seseorang. Saat mengalami kerontokan rambut parah, seseorang bisa jadi sedang kekurangan darah. Kondisi ini disebabkan kurangnya zat besi dan pasokan oksigen ke folikel rambut. Hal ini kemudian berakibat pada kulit kepala yang menjadi kering dan lemah. Kemudian, berujung pada rambut yang mengalami kerontokan parah.

 

9. Sindrom Restless Leg

Sindrom restless leg mungkin masih jadi istilah yang cukup asing bagi sebagian orang. Sindrom restless leg merupakan sindrom yang terjadi saat terdapat getaran serasa aliran listrik yang menjalar pada kaki. Sindrom ini mengakibatkan penderitanya terus menggerakkan kaki seolah-olah orang yang sedang tidak tenang.

 

10. Rawan Mengalami Infeksi

Orang yang mengalami kurang darah juga cenderung lebih rawan mengalami infeksi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Limpa merupakan organ yang bertugas melawan infeksi. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, maka pasokan oksigen ke limpa juga akan berkurang. Dampaknya, limpa tidak dapat bekerja secara maksimal dalam mencegah terjadinya infeksi.

11. Beberapa Penyebab Kurang Darah

Selain ciri-ciri kurang darah, penting juga mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, kita bisa melakukan langkah antisipasi agar terhindar dari kondisi kekurangan darah. Dilansir dari liputan6.com, adapun beberapa penyebab dari kurang darah adalah sebagai berikut.

1. Kekurangan zat besi.

2. Kekurangan vitamin B12.

3. Kekurangan asam folat.

4. Adanya kelainan pada tulang sumsum seperti leukemia.

5. Penyakit kronis seperti penyakit ginjal kronis maupun kanker.

6. Adanya penyakit keturunan tertentu.

7. Efek dari konsumsi obat-obatan tertentu.

8. Sedang hamil.

9. Hemolisis.

10. Kelainan absorbsi vitamin B12 seperti pada penyakit anemia perniciosa.

Itulah di antaranya ciri-ciri kurang darah dan beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk lebih menjaga kesehatan!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI