10 Game Mobile Paling Populer di 2018! Kamu Sudah Download?

Senin, 14 Januari 2019 18:11 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Game Mobile Paling Populer di 2018! Kamu Sudah Download?
Lunox, salah satu hero dalam Mobile Legend

Kapanlagi Plus - Tahun 2018 sebentar lagi akan berakhir. Saatnya kita melihat game apa saja menarik selama di tahun ini. Ratusan bahkan ribuan game yang bisa dimainkan di platform penjualan aplikasi baik Android maupun iOS. Kira-kira game apa saja yang paling banyak dimainkan selama 2018? Nah inilah 10 daftar game mobile paling populer selama tahun 2018:

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang atau yang sering disebut sebagai ML ini merupakan sebuah game bergenre MOBA (Massive Online Battle Arena) yang dimainkan secara tim dengan gameplay 5 vs 5. Memiliki banyak karakter hero dan keunikan tersendiri membuat 'Mobile Legends' diminati banyak kalangan termasuk anak-anak sekalipun, sehingga game ini mencapai 100 juta download.

Montoon selaku publisher 'Mobile Legends' sendiri selalu berusaha menyajikan game yang berkualitas dan event-event menarik. Mobile Legends termasuk e-sport karena memiliki beberapa poin penting yaitu menggunakan video game sebagai ajang, di ikuti oleh lebih dari satu orang, terorganisir dengan baik, dan memiliki ajang turnamen.

2. PUBG Mobile

Player Unknowns Battleground (PUBG) Mobile sendiri merupakan versi pengembangan dari versi PC-nya. Namun versi mobilenya lebih ringan dan dibuat khusus untuk meningkatkan kualitas pengalaman bermain bagi pengguna ponsel. PUBG adalah sebuah game dimana kamu harus bertahan hidup bertempur melawan 100 pemain lain dan menjadi yang terakhir untuk hidup.

PUBG menjadi hype terbesar di komunitas gaming. Dengan jumlah pemain yang bermain secara bersamaan sebesar 1.3 Juta pemain hanya dalam kurun waktu sebulan setelah rilis early accessnya. Bagi kamu para pecinta game bergenre Battleroyale, tentu game PUBG Mobile ini sangat cocok buat kamu mainkan. Tencent selaku publisher PUBG Mobile membuat game ini dapat di download secara gratis di Play Store maupun App Store.

3. Arena of Valor

Garena meluncurkan game MOBA terbaru yaitu Arena of Valor atau yang dikenal sebagai AOV. Sebagai game MOBA, tentu cara bermain AOV tidak jauh berbeda dengan Mobile Legends. Hal yang membuat game ini berbeda dengan Mobile Legends adalah dari segi tampilan grafisnya yang lebih realistis dan lebih halus. Walau begitu, kepopulerannya dianggap masih ketinggalan dibandingkan dengan Mobile Legends yang sudah di download lebih dari 100 juta download.

4. Free Fire

Selain merilis AOV, Garena juga menghadirkan game Battleroyale buatannya yaitu Free Fire. Sebagai game Battleroyale, cara bermain Free Fire relatif mirip dengan gameplay PUBG Mobile. Namun game ini dianggap lebih ramah pada hp spesifikasi rendah karena tampilan grafisnya yang tidak seberat PUBG Mobile. Free Fire adalah pilihan alternatifmu jika ingin bermain game battleroyale di ponsel selain dari PUBG. Dengan jumlah pemain yang lebih sedikit, yaitu 50 orang per satu room, Free Fire menjadi game battleroyale yang cukup cepat. Jika ingin memainkan battleroyale dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan jenis lainnya yang serupa, Free Fire adalah pilihan yang bagus. Selain itu, keunggulan dari Free Fire adalah bisa didownload secara gratis.

5. Clash of Clans

Clash of Clans atau biasa disebut COC adalah sebuah game strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, menyerang pemain lain, dan membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy ,elixir dan dark elixir. COC mempunyai grafis 3D yang sangat baik ditambah lagi dengan berbagai fitur serta alur permainan yang menarik sehingga menjadikan game ini bersifat adiktif bagi gamers pecinta genre strategi. Game buatan Supercell ini sukses menarik perhatian gamers dari berbagai negara sehingga sampai saat ini permainan ini telah di unduh sebanyak 500 juta kali.

6. Lords Mobile

Lords Mobile adalah game bergenre strategi yang juga menggabungkan elemen RPG di dalamnya. Game besutan IGG (I Got Games) ini menarik perhatian gamers lokal sekaligus internasional karena menduduki peringkat ke-3 setelah Clash of Clans sebagai game terlaris di 2017. Di game ini kamu akan melawan pemain lain dengan cara mengatur strategi atau formasi pasukan lebih dulu. Di sini kamu tidak hanya bertugas mengumpulkan hero, namun lebih jauh dari itu kamu bahkan dapat membuat kelompok hero dan memanfaatkan skill yang dimiliki masing-masing hero selama pertempuran berlangsung. Lords Mobile sudah di download sebanyak 50 juta kali.

7. Lineage 2 Revolution

Game yang dibuat oleh Netmarble ini sebenarnya belum lama dirilis, tapi langsung berhasil menghebohkan dunia game Indonesia karena mendapatkan banyak pujian dari para gamers. Salah satu daya tarik dari game ini adalah kita bisa "tawuran" secara realtime. Bagaimana tidak, dalam satu room terdapat 100 orang player yang harus berhadapan 50 lawan 50. Jadi, tak salah jika kita menyebut Lineage 2 Revolution sebagai game tawuran online karena memang rasa bermain game ini disebutkan seperti sedang tawuran.

8. Legacy Of Discord

Pecinta game bergenre MMORPG pastinya sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Sama halnya dengan MMORPG lainnya, yang membedakan Legacy Of Discord dengan game lainnya adalah grafis yang dimiliki sangat bagus ditambah lagi karakter atau hero yang sangat banyak dan beragam. Dengan begitu, para pemain memiliki kesempatan untuk banyak mengeksplore berbagai macam hero di dalam game dan memiliki lebih dari satu hero jagoan.

9. Let's Get Rich

Bagi pengguna aplikasi LINE mungkin sudah tidak asing lagi dengan permainan monopoli yang satu ini. Get Rich adalah sebuah game yang dikembangkan oleh developer game terkenal yakni NetMarble. Salah satu hal yang menarik dari game ini adalah fitur onlinenya, kamu bisa bertanding dengan semua kontak LINE kamu melalui perangkat Android maupun iOS dengan cara Log In dulu menggunakan ID LINE kamu.

10. Hago

Hago merupakan aplikasi permainan sosial yang terdiri dari berbagai mini game seperti Brain Quiz, Knife Hit, Stickman Run, Mancala, Werewolf, Ludo, Nyan Cat, Fun Link, Snake & Ladder, Tennis Go, SOS, Tahu Tempe, Jump-jump, Sheep Fight, Crazy Football, dan lain-lain. Cara memainkannya cukup simpel tapi sangat mengandalkan kecepatan dan strategi. Hago bisa dibilang cukup lengkap karena menghadirkan mini game, voice call, dan chat sekaligus dalam satu aplikasi. 

Itulah 10 daftar game mobile terpopuler di tahun 2018. Daftar diatas bukan diurutkan berdasarkan dari yang paling populer atau dari jumlah download-nya, karena setiap orang pasti memiliki selera genre game yang berbeda. Jadi game yang mana yang saat ini ada di Smartphone kamu?

(kpl/mel)



MORE STORIES




REKOMENDASI