10 Kuliner Hits Jogja 2020 yang Wajib Kamu Coba, Nggak Cuma Gudeg Doang Isinya

Jum'at, 14 Februari 2020 18:24 Penulis: Iwan Tantomi
10 Kuliner Hits Jogja 2020 yang Wajib Kamu Coba, Nggak Cuma Gudeg Doang Isinya
ilustrasi ©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Bicara kekinian, bukan hanya wisata alam atau tematik hits saja yang lagi diburu oleh orang-orang, terutama wisatawan. Namun, belakangan istilah hits ini juga menghampiri makanan atau wisata kuliner. Selain wisata legendaris yang masih eksis, kini juga ada wisata kuliner hits yang juga digrandungi banyak orang.

Menariknya, Jogja yang terkenal sebagai salah satu sentra wisata legendaris, sekarang ini juga menawarkan daya tarik baru berupa kuliner hits Jogja 2020. Tentu saja, ragam kuliner hits Jogja ini nggak kalah enak dengan makanan-makanan khas Jogja lainnya. Paling penting lagi, varian kulinernya nggak cuma gudeg lho.

Penasaran, apa saja kuliner hits Jogja 2020 yang lagi ramai diburu?

 

1. Cilok Gajahan

Jogja lagi diramaikan dengan salah satu kuliner jalanan berupa cilok. Bukan sembarang cilok, melainkan Cilok Gajah yang begitu hits. Menariknya, kuliner hits Jogja 2020 ini bahkan sampai banjir pembeli.

Nggak sedikit, pembeli yang rela antre sekadar menikmati lezatnya Cilok Gajahan. Keunggulan Cilok Gajahan ini adalah teksturnya yang empuk, serta campuran daging sapinya terasa banget, sehingga enak dijadikan camilan.

Kamu bisa menyantapnya dengan cocolan sambal, saus, dan kecap. Cilok Gajahan ini bisa kamu temukan di Jalan Kadipaten Kulon, Kios 97, Kraton, Kota Jogja.

2. Rujak Es Krim Pak Nardi

Kuliner hits Jogja 2020 lainnya yang wajib banget kamu coba adalah Rujak Es Krim Pak Nardi. Kuliner ini nggak hanya unik, tetapi juga hits di kalangan pecinta kuliner, terutama mahasiswa yang berkuliah di Jogja.

Sajian ini sendiri berupa rujak buah-buahan segar yang diserut, dan ditambahkan es krim di atasnya. Sekilas agak kurang lazim, lantaran rasa pedas-manis-asam dari rujak, ditabrakkan dengan rasa dingin dari es krim.

Meski begitu, setelah mencobanya beberapa kali, Rujak Es Krim Pak Nardi ini malah bikin nagih. Apalagi keberadaan rujak es krim yang dijual di gerobak milik Pak Nardi ini sudah ada sejak tahun 1978 lho.

Jadi, boleh dibilang kuliner hits Jogja 2020 ini juga termasuk kuliner legendaris. Kamu bisa menemukannya di Jalan Harjowinatan, Pakualaman, Kota Jogja.

3. Warmindo Bu Siti

Istilah Warmindo di Jogja sangat hits banget, apalagi Warmindo Bu Siti. Salah satu kuliner hits Jogja 2020 ini nggak hanya menyajikan masakan mie instan biasa saja.

Entah bagaimana cara bikinnya, yang jelas tambahan rempah dan bumbunya, membuat mie instan di Warmindo Bu Siti benar-benar jadi makin lezat.

Saking hitsnya, warung yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No 35, Brontokusuman, Kota Jogja ini benar-benar selalu banjir pengunjung setiap malam. Biar makin mantap, pesanlah Warmindo Bu Siti dengan tambahan cabai yang banyak.

4. Lumpia Samijaya

Lumpia memang jadi salah satu kuliner khas Semarang, tetapi bukan artinya kamu nggak bisa menemukannya di Jogja. Bahkan, ada lho kuliner hits Jogja 2020 yang berupa lumpia.

Tepatnya Lumpia Samijaya yang berlokasi di Jalan Malioboro No 18, Kota Jogja. Nggak hanya terkenal banget, Lumpia Samijaya ini juga legendaris. Sekalipun dijual di gerobak kaki lima biasa, tetapi jangan sepelekan rasanya.

Pasalnya lumpia hits Jogja ini begitu renyah dan gurih. Selain itu, berbeda dengan lumpia Semarang yang menggunakan rebung, lumpia Samijaya justru menggunakan bengkoang.

Bahan tersebut kemudian dicampur dengan taoge, wortel, daging ayam, hingga telur puyuh. Rasanya pun makin mantap saat dimakan dengan saus khusus yang dibuat dari campuran bawang putih dan bengkoang.

5. Soto Sampah

Makan soto pada umumnya mungkin sudah biasa, tapi apa jadinya jika pas liburan ke Jogja mencoba Soto Sampah? Kuliner hits Jogja 2020 ini belakangan jadi perhatian, karena meski namanya sampah, ternyata rasanya enak banget.

Seporsi Soto Sampah ini berisikan nasi, bihun, kecambah, kubis, daun seledri, bawang goreng. Sajian tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu bening dengan rasa rempah-rempah yang kental.

Jika dilihat sekilas, semua campuran dalam seporsi soto tersebut memang tampak kurang estetik, dan cenderung semrawut kayak tumpukan sampah. Namun, saat dicoba, dijamin bakal sepakat dengan kelezatannya.

Biar makin mantap, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis, kecap maupun sambal. Selain itu, kamu bisa menambahkan beragam jerohan, seperti sate hati, sate usus, hingga beragam gorengan dan telur dadar.

6. Mie Lethek Mbah Mendes

Jika kamu tertarik dengan kuliner berbahan mie di Jogja, maka Mie Lethek Mbah Mendes wajib masuk daftar wisata kulinermu. Salah satu kuliner hits Jogja 2020 ini benar-benar banyak diminati, karena penggunaan tepung tapioka sebagai bahan baku utamanya.

Selain rasanya yang gurih, Mie Lethek Mbah Mendes makin unik dengan tambahan banyak sayuran, seperti loncang, seledri, wortel, tambahan telur hingga daging ayam kampung.

Makin favorit lagi, Mie Lethek Mbah Mendes yang serupa mie godog ini, nggak menggunakan bahan pengawet, bumbu penyedap, hingga rendah gula. Wajar jika peminatnya banyak banget. Coba langsung kelezatan Mie Lethek Mbah Mendes ini di Dusun Sarirejo, Sleman.

7. Lupis Mbah Satinem

Ingin menikmati sarapan jajanan tradisional tapi super hits di Jogja? Datang dan coba langsung lezatnya Lupis Mbah Satinem. Saking terkenalnya, kamu bahkan perlu mengambil nomor antrean dulu untuk menikmatinya.

Seporsi Lupis Mbah Satinem berisi lupis, ketan, tiwul, gatot juga cenil. Rasanya yang enak dan tetap dipertahankan oleh Mbah Satinem sejak kali pertama berjualan pada 1963, bahkan bisa membawamu bernostalgia semasa kecil.

Paling penting, datangnya super pagi, karena Lupis Mbah Satinem ini rata-rata habis dalam waktu 2 jam saja. Lupis Mbah Satinem beralamat di Jalan Bumijo No 50, Gowongan, Kota Jogja.

8. Bakso Klenger Ratu Sari

Selain cilok, kuliner hits Jogja 2020 juga makin menarik dengan kehadiran Bakso Klenger Ratu Sari. Dari namanya, kamu bisa menebak jika memakan bakso tersebut bisa bikin klenger alias nyerah karena nggak sanggup lagi memakannya.

Benar saja, Bakso Klenger Ratu Sari ini memang menjual bakso berukuran jumbo. Bahkan, yang paling besar memiliki berat 20kg lho. Di dalam bakso, biasanya berisikan daging, telur ayam, daging, cabai, hingga bakso-bakso lain yang lebih kecil ukurannya.

Warung bakso yan beralamat di Jalan Wahid Hasyim No 256, Caturtunggal, Sleman ini memang cocoknya dimakan ramai-ramai. Pastikan juga perut benar-benar dalam keadaan kosong, agar nggak nyerah duluan sebelum menghabiskan Bakso Klenger Ratu Sari.

9. Jenang Bu Gesti

Nggak kalah hits lantaran rasanya yang begitu melegenda, kamu wajib mencoba Jenang Bu Gesti. Salah satu kuliner hits Jogja 2020 ini bahkan terkenal di kalangan bangsawan dan orang penting lho.

Kabarnya, Jenang Bu Gesti langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X, Presiden Soeharto, Presiden Megawati, hingga mendiang ahli kuliner legendaris Bondan Winarno. Rasanya yang autentik, begitu nikmat dengan paduan santan kelapa yang gurih.

Selain itu, ada 4 jenis jenang yang bisa kamu pesan, antara lain Jenang Sumsum Cokelat Manis, Jenang Sumsum Putih Gurih, Jenang Candil, serta Jenang Mutiara.

Lagi-lagi agar nggak kecewa sudah jauh-jauh ke sana, datanglah sepagi mungkin, karena Jenang Bu Gesti ini bisa habis dalam 2-3 jam saja. Kamu bisa menemukan Jenang Bu Gesti di Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Kota Jogja.

10. Gudeg Pawon

Last but not least, ada Gudeg Pawon yang beralamat di Jalan Janturan UH/IV No 36, Warungboto, Kota Jogja. Kuliner hits Jogja 2020 ini cocok dijadikan sebagai teman makan malam, karena bukanya memang baru mulai jam 9 malam sampai habis.

Dinamakan demikian, karena gudegnya disajikan langsung di pawon atau dapur. Dibandingkan dengan gudeg lainya, Gudeg Pawon ini cenderung nggak terlalu manis, serta sedikit pedas.

Sayangnya Gudeg Pawon ini punya penggemar yang sangat banyak, sehingga kalau nggak dating lebih awal bisa-bisa malah kehabisan.

Itulah beberapa kuliner hits Jogja 2020 yang wajib banget kamu coba. Bukan sekadar gudeg, melainkan ada banyak varian kuliner lezat yang siap bikin liburanmu di Kota Gudeg anti membosankan. Kira-kira dari semua kuliner hits Jogja 2020 tersebut, mana yang ingin kamu coba lebih dulu?

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI