10 Makanan Sehat yang Gampang Dibuat, Bikin Badan Selalu Gembira

Rabu, 23 Januari 2019 08:29 Penulis: Wuri Anggarini
10 Makanan Sehat yang Gampang Dibuat, Bikin Badan Selalu Gembira
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Akhir pekan ngapain? Kalau rencanamu adalah pengen menikmati libur Sabtu dan Minggu sambil leyeh-leyeh di rumah, jangan lupa siapkan juga makanan sehat nan sederhana. Biar acara mager jadi lebih maksimal, sambil dengerin lagu RAN yang berjudul sama, Mager, yuk, bikin makanan sehat dengan cara masak yang sederhana. Biar nggak berlama-lama di dapur dan waktu liburmu bisa lebih maksimal.

Butuh rekomendasi menu-menu makanan sehat yang bikinnya gampang? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Omelet

©Pexels/Engin Akyurt©Pexels/Engin Akyurt

Makanan sehat pertama yang paling jadi favorit adalah omelet. Cara bikinnya juga gampang kok. Dadar telur seperti biasa lalu ditambah isian kesukaanmu, bisa berupa mie, sosis, cacahan kornet, irisan cabe, hingga daging cincang. Goreng dengan sedikit minyak hingga warnanya kuning kecolekatan. Nikmat banget disantap sebagai menu sarapan sederhana dan sehat!

2. Tempe Penyet

©Instagram/windacarmelita©Instagram/windacarmelita

Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan tempe? Sebagai salah satu makanan sehat Indonesia yang paling merakyat, ada banyak olahan tempe yang gampang dibuat di rumah. Salah satunya adalah tempe penyet. Tinggal goreng tempe seperti biasa, buat sambal bawang favorit, lalu penyet tempe yang dilumuri dengan sambal. Nikmati dengan nasi hangat, pasti sensasinya juara banget.

3. Nasi Goreng

©Pixabay©Pixabay

Butuh makanan sehat yang bikin perut kenyang? Bikin nasi goreng saja. Comot sisa nasi yang ada di magic jar, lalu goreng bareng tumisan bawang putih, bawang merah, dan garam. Boleh ditambahkan kecap untuk yang suka manis, atau sambal biar warnanya jadi merah meriah. Jangan mau kalah sama Pasha Ungu. Penyanyi yang juga Wakil Walikota Palu ini juga jagoan bikin nasgor, lho!

4. Kaya Toast

©Pexels/Caio Resende©Pexels/Caio Resende

Syukurlah jika kamu punya toaster untuk memanggang roti tawar. Tapi kalau nggak punya, goreng saja di atas wajan teflon. Setelah matang, lumuri dengan selai rasa srikaya. Dijamin makanan sehat ini bikin kenyang dan nggak ganggu acara mager kamu.

5. Sup

©Pexels/Cook Eat©Pexels/Cook Eat

Bila masih ada sisa daging dan sayuran di kulkas, bikin sup saja. Tinggal rebus air dan cemplungin daging dan tulang yang ada untuk dijadikan kaldu. Kemudian tambahkan sayuran dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Menu makanan sehat ini paling cocok dinikmati sambil melihat air hujan dari balik jendela rumah atau kos-kosan.

6. Pancake

©Pexels/Ash©Pexels/Ash

Bikin pancake nggak sulit, kok. Tinggal siapkan bahan-bahannya, seperti telur, susu, tepung, mentega, dan gula. Kemudian bikin adonan dari bahan-bahan tersebut. Kalau sudah jadi, panaskan teflon sambil diolesi mentega, lalu tuangkan adonan pancake ke dalam wajan tersebut. Tunggu hingga matang dan selesai!

7.  Singkong Rebus

Sekarang malas-malasan, tapi nanti sore ada rencana olahraga? Penuhi asupan karbohidrat biar lancar beraktivitas nanti. Kalau nggak mau perut berat, makan singkong rebus saja. Menu makanan sehat dan enak ini pas banget untuk dinikmati pecinta mager. Tinggal kukus singkong di atas air mendidih, tunggu hingga matang. Bakal lebih komplit kalau dicocol dengan sambal atau mayones.

8. Mashed Potato

©Pexels/Kaboompics.com©Pexels/Kaboompics.com

Nggak perlu menunggu Thanksgiving untuk bikin menu mashed potato. Kamu bisa bikin sekarang juga, kok. Tinggal rebus kentang hingga matang. Kupas dan bersihkan kulitnya, lalu tumbuk halus bareng butter dan garam. Makanan sehat ini bakal lebih komplit lezatnya kalau dikasih keju dan cacahan daun seledri.

9. Puding

©Pixabay©Pixabay

Biar mulut makin segar, lengkapi menu-menu makanan sehat dengan hidangna pencuci mulut puding. Nggak usah repot-repot bikin persiapannya. Cukup beli yang instan lalu masak sesuai cara yang disarankan (biasanya ada di balik bungkusnya). Puding bakal lebih segar kalau diademkan dulu di kulkas sebelum dinikmati.

10. Smoothie Bowl

©Pexels/Trang Doan©Pexels/Trang Doan

Kalau mau menikmati makanan sehat yang lebih kekinian, smoothie bowl bisa jadi pilihan yang pas. Mengolahnya juga nggak ribet kok. Siapkan buah favoritmu, seperti pisang dan buah naga atau perpaduan lain sesuai selera. Blend dengan kecepatan sedang. Tuangkan ke dalam mangkuk, taburi irisan buah potong dan topping lain seperti sereal atau parutan keju. Menu ini paling cocok disantap saat sarapan.

Makanan sehat nggak selalu identik dengan makanan mahal. Kamu bisa ciptakan menu-menu yang bikin tubuh gembira tanpa perlu buang-buang ongkos. Jadi, badan tetap sehat, kamu pun bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan optimal.

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI