11 Buku Rekomendasi BTS yang Dibaca Para Member, Novel - Self Improvement

Kamis, 27 Oktober 2022 13:55
11 Buku Rekomendasi BTS yang Dibaca Para Member, Novel - Self Improvement
Buku Rekomendasi BTS (Credit: Instagram/bts.bighitofficial/goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Tak hanya sebagai grup idola, BTS juga bisa dibilang menjadi panutan bagi para Army (penggemar) dalam menentukan bacaan. Buku rekomendasi BTS bisa diketahui dari berbagai aktivitas para member, entah di Instagram, V Live, atau acara tertentu.

Buku rekomendasi BTS merupakan karya dari penulis di berbagai negara. Beberapa diantaranya sudah diterbitkan ke dalam bahasa Indonesia lho, KLovers!

Nah, bagi kalian yang sedang mencari novel atau buku self improvement untuk healing dan mengisi waktu luang, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti buku rekomendasi BTS berikut ini.

 

 

1. Almond - Son Won Pyung

Almond karya Son Won Pyung merupakan salah satu buku rekomendasi BTS yang layak dibaca. Buku ini terlihat dalam acara BTS: IN THE SOOP musim pertama. Buku yang dibaca oleh Suga dan RM ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Yunjae. Tokoh ini hidup dengan Alexithymia, kondisi yang membuatnya sulit merasakan emosi seperti ketakutan atau kemarahan. Karena sebuah tragedi, Yunjae jadi sendirian dan memilih untuk menarik diri dari hiruk-pikuk dunia.

Tema cinta, kegigihan, dan persahabatan dari buku ini juga cukup kuat karena akhirnya, Yunjae mengembangkan ikatan yang tak terduga dengan pengganggunya yang bernama Gon.

 

 

2. Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982 - Cho Nam-Joo

Selanjutnya, ada Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982 yang ditulis oleh Cho Nam-Joo sebagai buku rekomendasi BTS. RM pernah menyebutkan buku ini dalam siaran V Live. Pasalnya, buku ini memang memiliki kisah yang menggugah emosi. Tak hanya RM, beberapa selebritas Korea Selatan, seperti Irene Red Velvet dan aktor Gong Yoo pun membaca buku ini.

Buku ini bercerita tentang kehidupan seorang perempuan Korea yang akhirnya harus melepaskan karier setelah menikah dan punya anak. Dia pun mengalami begitu banyak tekanan sejak di rumahnya sendiri hingga mengalami depresi. Kisah ini juga sudah diangkat menjadi film lho, KLovers!

 

 

3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino

Jin BTS juga memiliki rekomendasi buku yang perlu kalian baca. Buku rekomendasi BTS kali ini berjudul Namiya Zakkaten No Kiseki atau Keajaiban Toko Kelontong Namiya. Buku karya penulis Jepang Keigo Higashino ini bergaya science fiction dengan balutan slice of life. Diceritakan bahwa ada tiga pemuda yang melakukan aksi pencurian.

Mereka pun berada di sebuah toko dan tiba - tiba mendapat surat misterius. Surat yang diselipkan ke dalam toko itu berisi permintaan saran. Lalu, apa yang terjadi dengan mereka setelah itu? Baca sendiri kisahnya!

 

 

4. Human Acts (Mata Malam) - Han Kang

Buku rekomendasi BTS selanjutnya adalah Human Acts yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Mata Malam. Novel karya Han Kang yang dibaca oleh RM BTS ini memuat kisah tragedi berdarah yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 1980.

Novel ini memiliki 7 bab yang berkisah tentang penyintas dan korban pemberontakan Gwangju 1980. Setiap bab mengandung cerita runtut mengenai perilaku penindasan, penyangkalan dan penderitaan para korban. Meski tergolong buku fiksi, kalian mungkin akan tetap terbawa dengan emosi yang disuguhkan.

 

 

5. Perpustakaan Tengah Malam - Matt Haig

Perpustakaan Tengah Malam merupakan salah satu buku rekomendasi BTS yang juga tak boleh dilewatkan. RM terlihat membaca buku ini dalam acara BTS: IN THE SOOP musim kedua.

Buku yang ditulis oleh Matt Haig ini bercerita tentang sebuah perpustakaan dengan jumlah buku yang tak terbatas. Setiap buku menawarkan kesempatan untuk mengunjungi kehidupan atau realitas lain. Tokoh dalam novel ini adalah Nora Seed yang dihadapkan pada pilihan untuk mengubah kehidupannya dengan keajaiban Perpustakaan Tengah Malam.

 

 

6. Reinventing Your Life - Jeffrey E. Young. PH.D dan Janet S. Klosko, PH.D.

Reinventing Your Life juga menjadi salah satu buku rekomendasi BTS yang dibaca oleh Suga. Dia terlihat membawa buku ini saat meninggalkan tempat syuting 'BangBangCon'. Buku yang ditulis oleh psikolog ternama ini memuat penjelasan tentang lifetraps yang paling umum.

Selain itu, buku ini memberikan tes diagnostik dan saran agar bisa terbebas dari jebakan. Dengan begitu, seseorang bisa menciptakan kehidupan yang lebih memuaskan dan produktif.

 

 

7. Life Lessons - Elizabeth Kubler-Ross

Masih dari Suga, buku rekomendasi BTS ini berjudul Life Lessons. Suga pernah mengunggah foto yang menunjukkan bagian dari buku ini melalui akun Instagramnya, @agustd. Buku yang ditulis oleh Elizabeth Kubler-Ross ini mengandung pengetahuan tentang filosofi dan ajaran dalam menjalani hidup mereka secara maksimal.

Ada beberapa aspek yang dibahas, mulai dari cinta, rasa takut, harapan, dan hubungan pribadi. Dengan begitu, kalian bisa lebih mengeksplorasi arti dari eksistensi diri saat membacanya.

 

 

8. Norwegian Wood - Haruki Murakami

RM pernah membagikan foto yang berisi cuplikan isi buku Norwegian Wood karya Haruki Murakami di akun Instagramnya, @rkive. Dia juga menggarisbawahi salah satu kalimat di buku itu. Buku rekomendasi BTS yang satu ini memang populer dan tentu saja layak kalian baca.

Buku karya penulis Jepang ini bercerita dengan sudut pandang orang pertama tokohnya yang bernama Toru Watanabe. Dia mengingat kembali masa-masa mudanya sebagai mahasiswa di Tokyo. Saat membacanya, kalian akan mengetahui hubungan yang terjalin antara Watanabe dengan dua wanita yang sangat berbeda. Melalui kenangannya juga, kalian dapat mengetahui gambaran gerakan mahasiswa pada saat itu.

 

 

9. Please Look After Mom - Kyung Sook Shin

Please Look After Mom merupakan buku rekomendasi BTS yang pernah dibicarakan oleh V dan RM dalam sebuah siaran V Live. Awalnya, buku ini merupakan rekomendasi dari Army di situs Fan Cafe. Secara garis besar, buku karya Kyung Sook Shin ini bercerita tentang perempuan yang terpisah dari suaminya.

Dia tertinggal di stasiun saat menuju tempat anak-anak mereka yang telah dewasa. Segala usaha pun dilakukan oleh keluarga untuk menemukannya. Namun, mereka pun menyadari bahwa tak memiliki foto terbaru dengan sang ibu. Hal itu membuat mereka mulai mengingat berbagai kenangan bersama sang ibu. Rasa kehilangan pun makin dalam saat menyadari betapa pentingnya sosok ibu dalam kehidupan mereka.

 

 

10. The Alchemist - Paulo Coelho

Suga merekomendasikan buku The Alchemist pada tahun 2018. Buku ini memang cukup terkenal dan populer di berbagai negara. Buku ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Sang Alkemis. Cerita dalam buku ini mengikuti perjalanan seorang gembala bernama Santiago dalam mencari harta karun.

Sebelumnya, keberadaan harta karun itu datang ke mimpinya. Selanjutnya, dia bertemu dengan sang alkemis yang mengajari banyak hal tentang cinta, kesabaran, dan kegigihan. Perjalanan itu pula yang kemudian membawa Santiago menemukan cintanya.

Nah, KLovers, itulah beberapa buku rekomendasi BTS mulai dari novel hingga self improvement yang dibaca para member.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI