12 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Efektif

Rabu, 15 Mei 2019 13:13 Penulis: Editor KapanLagi.com
12 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Efektif
ilustrasi mengecilkan perut (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Memiliki perut yang kembali langsing setelah melahirkan sepertinya menjadi idaman bagi para ibu pasca kelahiran si kecil. Pasalnya, biasanya perut akan terlihat buncit karena otot perut yang kendur dan juga kulit yang bergelambir yang seringkali terjadi setelah melahirkan. Hal itu, tentu saja akan mempengaruhi penampilan dan bisa membuatmu kurang percaya diri. Salah satu cara yang biasanya dilakukan yakni dengan diet. Tapi, dengan melakukan diet yang ketat saat sedang menyusui juga bukan pilihan yang tepat karena tubuhmu juga memerlukan asupan nutrisi untuk menyusui. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa mengecilkan perutmu kembali lo setelah melahirkan dengan cara yang mudah dan efektif. Bagaimana caranya? Yuk simak cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cepat dan efektif yang dilansir dari beberapa sumber di bawah ini.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

ilustrasi makan makanan sehat (credit: shutterstock)ilustrasi makan makanan sehat (credit: shutterstock)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut yakni dengan memakan makanan yang tepat seperti sayur, buah, karbohidrat kompleks dan protein karena dengan memakan makanan yang tepat akan sangat membantumu untuk menurunkan berat badan. Dengan memakan makanan berserat tinggi juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman berkarbonasi atau minuman yang mengandung gula dan juga makanan cepat saji karena kedua hal itu nantinya dapat menyebabkan lemak perutmu bertambah.

2. Makan dengan Porsi yang Sedikit

Menurunkan porsi makan, merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang sangat efektif karena mencegah penumpukkan lemak dan dan kalori di tubuh. Untuk mengecilkan perut, kamu bisa mengubah porsi makanmu. Jika biasanya kamu makan dengan porsi yang besar, sekarang kamu bisa coba makan dengan porsi yang lebih sedikit namun dalam waktu yang sering. Dengan cara ini, berat badan juga dapat terkontrol dengan baik.

3. Berjalan Kaki

Aktivitas yang satu ini juga dapat berguna untuk mengecilkan perut. Mungkin karena melahirkan kamu belum bisa melakukan aktifitas yang berat, nah berjalan kaki bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengecilkan perutmu pasca melahirkan. Kamu bisa berjalan kaki sambil menggendong si kecil untuk berjalan-jalan.

4. Meningkatkan Konsumsi Air Putih

air putih (credit: shutterstock)air putih (credit: shutterstock)

Seperti yang kita tau, air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Salah satu fungsinya yakni membersihkan semua organ dalam tubuh, terutama pada saluran pencernaan dari penyakit dan racun. Selain itu, Proses hidrasi juga sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu proses pencernaan lebih baik sekaligus mengecilkan perut mu. Dan juga dengan mencukupi kebutuhan air tubuh, akan mencegahmu mengalami dehidrasi.

5. Menggendong Anak

Menggendong anak bisa menjadi cara lainnya untuk kamu yang ingin mengecilkan perut. Dilansir dari alodokter, menurut ahli kebugaran prenatal, saat kita menggendong anak sama halnya seperti kita membawa beban seberat 3,6 kg hingga 5,4 kg. Selain itu, Jika ditambah lagi dengan gerakan squat, dapat membentuk otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, mengecilkan perut tak perlu dengan cara yang ribet juga ya.

6. Mengonsumsi Alpukat

Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan cara dari artis Nia Ramadhani ini. Untuk memperkecil perut dan mengembalikkan berat badan seperti semula setelah melahirkan, kamu bisa mengonsumsi buah alpukat di malam hari. Alpukat dapat berfungsi menurunkan berat badan karena dalam alpukat terkandung lemak sehat dan vitamin lainnya sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, untuk sementara hindari mengonsumsi nasi lebih dulu. Kamu bisa menggantinya dengan buah atau sayur yang kaya serat.

7. Tidur yang Cukup

ilustrasi tidur (credit: shutterstock)ilustrasi tidur (credit: shutterstock)

Jangan salah, meski terlihat sepele, tapi tidur yang cukup juga bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut yang ampuh. Memiliki waktu tidur yang cukup, tak hanya berdampak positif pada kesehatan, tapi juga dapat membantu menjaga dan menurunkan berat badan. Seperti yang dilansir dari hellosehat, berdasarkan studi tahun 2005 yang diterbitkan jurnal SLEEP, orang yang tidur setidaknya kurang dari 7 jam perhari cenderung mengalami kegemukan. Dengan tidur yang cukup, dapat membantumu dalam mengecilkan perut.

8. Menyusui

Salah satu cara termudah mengecilkan perut setelah melahirkan yakni dengan menyusui. Dengan menyusui, dapat membantu membakar kalori tubuh selain juga dapat menambah imunitas pada bayi. Saat menyusui, tubuh membakar kalori cukup besar yakni 500 hingga 700 kalori perhari. Lumayan besar kan, tanpa kita sadari.

Selain poin-poin di atas, cara mengecilkan perut juga bisa dilakukan dengan beberapa olah raga ringan seperti yang dilansir dari SKWAD Fitness di bawah ini.

9. Glute Bridge

ilustrasi glute bridge (credit: shutterstock)ilustrasi glute bridge (credit: shutterstock)

Pertama, kamu bisa lakukan yakni glute bridge. Caranya yaitu pertama-tama, berbaringlah terlentang dengan merapatkan kedua lutut dan kaki ditekuk 90 derajat menapak rata pada lantai. Lalu kencangkan otot perut bagian bawah dan naikkan panggul dari lantai. Berhentilah ketika bahu dan lutut sudah membentuk garis lurus. Tahan selama beberapa detik dan kembalikan panggul kamu secara perlahan ke lantai. Kamu bisa melakukan gerakan ini setiap hari untuk mengecilkan perutmu.

10. Pelvic Floor

Selanjutnya, kamu bisa lakukan pelvic floor untuk membantu mengecilkan perutmu. Caranya sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama berbaringlah terlentang dengan merapatkan kedua lutut dan kaki ditekuk 90 derajat menapak rata pada lantai. Lalu tahan otot perut seperti saat kamu menahan buang air kecil. Kemudian lepaskan. Kamu bisa lakukan olahraga ringan ini selama beberapa menit.

11. Crunches Hold

ilustrasi crunches hold (credit: shutterstock)ilustrasi crunches hold (credit: shutterstock)

Gerakan yang satu ini juga bisa kamu coba untuk mengecilkan perutmu. berbaringlah terlentang dengan merapatkan kedua lutut dan kaki ditekuk 90 derajat menapak rata pada lantai. Posisikan kedua tangan menyilang ke dada. Lalu, angkat tubuh kedepan sebatas dada. Kemudian tahan selama 10 detik. Kamu bisa mengulang gerakan ini beberapa kali dan juga menambah waktu sesuai dengan kemampuanmu.

12. In & Out Single Leg

Terakhir, kamu bisa lakukan gerakan in & out single leg. Caranya masih hampir sama seperti sebelumnya, pertama-tama berbaringlah terlentang dan angkat kedua lutut yang saling merapat hingga sejajar. Posisikan tanganmu lurus di samping badan. Lalu, luruskan kaki satu persatu dari arah dalam lalu keluar secara bergantian sembari atur nafasmu secara teratur.

Nah, itulah 12 cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun sebelum itu, lebih baik untuk mengonsultasikannya lebih dulu dengan dokter untuk memastikan tubuhmu mampu melakukan semua itu. Dan juga, mengecilkan perut tidak dapat dilakukan secara instan. Butuh konsistensi dan kesabaran untuk dapat mencapai hasil yang maksimal, jadi jangan cepat nyerah dulu ya. Selamat mencoba.

Penulis: Devi Puspita

 

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI