12 Ciri Penyakit Liver pada Tahap Awal, Ketahui Sedini Mungkin Sebelum Terlambat

Senin, 16 November 2020 10:44 Penulis: Puput Saputro
12 Ciri Penyakit Liver pada Tahap Awal, Ketahui Sedini Mungkin Sebelum Terlambat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Liver atau hati merupakan salah satu organ dalam manusia yang sangat penting. Dalam tubuh kita, liver berperan untuk memproses racun dalam tubuh. Namun sama seperti organ lainnya hati juga bisa terserang penyakit. Oleh karena itu, penting untuk tahu ciri-ciri penyakit liver agar bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin sebelum terlambat.

Sebenarnya, hati merupakan organ dalam tubuh yang dapat melakukan regenerasi sel. Akan tetapi apabila jumlah sel yang harus diregenerasi terlalu banyak, hati bisa kewalahan. Akibatnya, kerusakan dan gangguan fungsi hati tak bisa terhindarkan. Saat-saat seperti inilah seseorang kemudian bisa mengalami penyakit liver.

Lantas, apa sajakah ciri-ciri dari penyakit liver? Disadur dari liputan6.com, berikut ulasannya.

 

1. Kembung

Perut kembung mungkin bisa terjadi pada siapa saja. Perut kembung biasa terjadi saat kebanyakan minum. Namun jika perut kembung terjadi secara tiba-tiba, padahal tidak sedang minum apa-apa harus diwaspadai. Sebab hal ini bisa jadi ciri-ciri penyakit liver pada tahap awal. Hal ini dipengaruhi kondisi sirosis hati membuat banyak air dalam rongga perut. Sehingga perut terlihat buncit dan terasa kembung.

 

2. Mudah Mengalami Memar

Memar biasa terjadi saat kita mengalami benturan atau pukulan. Tapi, memar juga bisa terjadi secara tiba-tiba seolah tanpa sebab. Memar yang seperti ini perlu kalian waspadai karena bisa jadi ciri-ciri penyakit liver awal. Fungsi liver yang menurun telah memperlambat produksi protein yang berperan dalam pembekuan darah. Jadi jika sering menjumpai kulit yang memar secara tiba-tiba, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

 

3. Wasir

Selain karena terlalu banyak duduk dan kurang asupan air, wasir juga bisa disebabkan penyakit liver.Saat fungsi hati terganggu tekanan darah yang terus mengalami peningkatan. Hal ini kemudian berdampak pada kerusakan pada pembuluh vena di bagian anus, sehingga muncullah wasir atau ambeien.

 

4. Pembuluh Darah Kentara

Pembuluh darah penderita liver relatif lebih kentara, dibandingkan orang pada umumnya. Pada penderita liver, pembuluh darah yang menonjol akan tampak seperti jaring laba-laba dengan warna kehijauan. Gejala ini lebih banyak ditemukan pada wanita dibandingkan laki-laki.

 

5. Mudah Lelah

Ciri-ciri penyakit liver pada tahap awal berikutnya yaitu lebih mudah merasa lelah. Bahkan, saat minim beraktivitas pun tubuh juga akan mudah merasa lelah dan lemas. Hal ini disebabkan karena liver yang terlalu banyak bekerja, tapi tidak menghasilkan glikogen dengan cukup. Sehingga energi tidak bisa terpenuhi.?

 

6. Gatal-Gatal

Gatal-gatal di permukaan kulit biasanya disebabkan karena gigitan serangga. Gatal karena gigitan serangga bisa dengan mudah diobati. Tapi tidak dengan gatal yang seolah tanpa sebab. Gatal yang semacam ini bisa jadi pertanda dari penyakit liver. Gatal secara mendadak ini dikarenakan cairan empedu dalam liver tersumbat.

 

7. Mata Menguning

Ciri-ciri penyakit liver pada tahap awal juga bisa dilihat dari kondisi kulit dan mata. Pada penderita liver, mata dan kulit akan tampak menguning. Hal ini dipicu oleh liver yang sudah tidak mampu mengeluarkan kandung empedu bilirubin dari sel darah merah yang mati.

 

8. Urine Gelap

Warna urine bisa jadi salah satu indikator kesehatan seseorang, termasuk untuk mengecek apakah seseorang menderita penyakit liver atau tidak. Urine orang yang sehat akan berwarna jernih. Sedangkan, pada penderita liver urine akan berwarna lebih gelap antara jingga tua, kemerahan, dan cokelat.

 

9. Hilang Nafsu Makan

Sama halnya penyakit lainnya, liver juga bisa membuat nafsu makan seseorang terganggu. Bahkan, hilangnya nafsu makan ini bisa terjadi secara drastis disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Kondisi ini dikarenakan liver tang tidak dapat melakukan tugasnya untuk mencerna makanan dengan baik. Sehingga, makanan yang ditolak menimbulkan rasa mual hingga muntah.

 

10. Berat Badan Naik

Uniknya, meskipun merasa nafsu makan hilang berat badan penderita liver justru bisa naik secara drastis. Hal ini disebabkan karena hati sudah tidak bisa menyaring racun dan menyimpannya dalam sel lemak. Sehingga, lemak dalam tubuh akan lebih mudah menumpuk.

 

11. Gangguan Hormon

Ciri penyakit liver berikutnya yaitu terjadinya gangguan hormon. Gangguan hormon yang dimaksud ini bisa bermacam-macam. Misalnya, gangguan hormon yang membuat menstruasi tidak teratur bahkan terlambat. Bahkan pada pria, gangguan hormon ini bisa memicu impotensi.

 

12. Sakit di Bagian Perut Atas

Nyeri atau sakit perut di bagian atas tidak boleh disepelekan. Hal ini bisa jadi salah satu pertanda dari gejala penyakit liver. Kalian bisa melakukan pengecekan. Caranya, coba tekan bagian perut atas secara perlahan. Apabila terasa nyeri bisa jadi pertanda liver yang bermasalah. Namun untuk lebih memastikannya, kalian perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Itulah di antaranya 12 ciri penyakit liver. Jangan disepelekan, jika mengalaminya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI