12 Wisata Kekinian dan Instagenic di Jogja yang Wajib Masuk Traveling List Tahun Ini

Rabu, 08 Januari 2020 15:53 Penulis: Wuri Anggarini
12 Wisata Kekinian dan Instagenic di Jogja yang Wajib Masuk Traveling List Tahun Ini
©Shutterstock

Kapanlagi Plus - Yogyakarta, satu kota dengan sejuta kenangan. Siapapun yang pernah tinggal atau sekadar singgah di kota ini pastinya setuju banget dong dengan kalimat tersebut. Jogja selalu punya cerita tersendiri, lewat keramahan penduduk lokalnya, sajian kuliner yang menggugah selera, hingga berbagai tempat wisata yang membuat kamu selalu kangen dan ingin kembali ke sana.

Bicara soal wisata, Jogja memang punya sederet spot legendaris yang menjadi kekuatan dari kota tersebut. Tapi, nggak hanya itu saja, Jogja juga berkembang dengan menghadirkan wisata modern yang banyak dicintai anak hits di media sosial. 12 wisata kekinian dan Instagenic di Jogja ini wajib masuk traveling list kamu tahun ini. Catat dulu sebelum melakukan perjalanan ke sana, ya!

1. HeHa Sky View

(c) Instagram/hehaskyview(c) Instagram/hehaskyview

Ingin mengunjungi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja di mana kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian? HeHa Sky View adalah salah satu spot yang jadi rekomendasi utama. Berada di kawasan Gunung Kidul Regency, tempat tersebut menawarkan keindahan yang pastinya bikin liburan menyenangkan.

Di siang hari, kamu bisa menyaksikan pemandangan bukit kehijauan dari ketinggian. Sementara saat malam menjelang, kerlap-kerlip lampu menambah suasana menyenangkan di wisata kekinian dan Instagenic di Jogja tersebut. Ada 3 konsep wisata yang ditawarkan tempat ini, yaitu selfie, taman, dan restoran. Setiap sudutnya bisa menjadi latar belakang foto yang keren. Salah satu yang paling menarik perhatian pengunjung adalah teras kaca dan balon udara. Jangan lupa siapkan outfit terbaikmu saat berkunjung ke sana ya!

2. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata kekinian dan Instagenic di Jogja memang banyak menawarkan spot unik. Jika ingin merasakan pengalaman memasuki negeri dongeng, mampir saja ke Seribu Batu Songgo Langit. Berada di kawasan Hutan Pinus Dlingo yang jadi salah satu tujuan destinasi liburan di Jogja, Seribu Batu Songgo Langit menawarkan konsep wisata yang berbeda karena punya banyak spot unik.

Rasakan pengalaman menjelajah negeri dongeng saat memasuki kawasan tersebut. Kamu akan disambut dengan rumah hobbit, rumah kayu, hingga beruang raksasa yang seluruh bagian tubuhnya terbuat dari ranting kayu. Sudut lain yang ada di wisata kekinian dan Instagenic di Jogja ini juga nggak kalah ciamik. Ada sebuah set yang mirip amphitheater terbuka yang bisa jadi background foto cantik. Jangan lupa pastikan baterai smartphone atau kamera kamu dalam kondisi full saat mengunjungi tempat ini kalau mau bisa puas mengabadikan berbagai sudutnya.

3. The Lost World Castle

(c) Instagram/thelostworldcastle(c) Instagram/thelostworldcastle

Ingin mencicipi pengalaman liburan di kastil mewah ala Eropa? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Pasalnya, kini sudah ada wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang mengusung konsep tersebut, yaitu The Lost World Castle. Berada di Desa Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta, The Lost World Castle menawarkan berbagai keajaiban yang membuat liburan makin berkesan.

Siap-siap disambut dengan kastil dan benteng yang lengkap dengan hiasan abad pertengahan. Berjalan ke kawasan lain, kamu akan menemukan spot yang ditumbuhi pohon sakura, tenda suku Indian, dan replika dinosaurus. Ada juga rumah hobbit, replika Stonehenge, dan singgasana Iron Throne yang mirip dengan set yang ada dalam serial GAME OF THRONE. Pastinya bakal jadi spot foto Instagramable yang bikin postingan jadi makin keren.

4. Pantai Ngrawe

Bukan rahasia lagi kalau kawasan Gunung Kidul adalah surganya buat pecinta pantai di Jogja. Nah, salah satu yang terbaru dan jadi rekomendasi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja adalah Pantai Ngrawe. Pantai berpasir putih dengan air laut jernih ini memang jadi hiburan yang pas buat melepas penat.

Salah satu daya tarik dari wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang satu ini adalah sebuah taman yang terletak nggak jauh dari pantai. Taman dengan rumput hijau lengkap dengan jajaran pohon palem dan bangku tersebut menyerupai dengan konsep taman yang bisa ditemukan di luar negeri. Nggak heran jika Pantai Ngrawe sering menjadi spot para calon pengantin buat foto pre-wedding, karena keindahan alam dan pesonanya yang begitu memikat.

5. Selopamioro Adventure Waterpark

Serunya wisata susur sungai bisa kamu rasakan di Selopamioro Adventure Waterpark atau yang juga dikenal dengan nama SPark. Meskipun tergolong baru, tapi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja ini nggak pernah sepi peminat karena harganya yang cukup ramah di kantong. Berlokasi di Sungai Oya, Bantul, pengalaman main air pastinya terasa menyenangkan banget. Mulai dari outbound, rafting, susur sungai dengan kano, hingga permainan asyik seperti balap bakiak juga bisa dijajal saat mengunjungi SPark.

Selain bisa puas main air, pengunjung juga bisa dimanjakan dengan beberapa sudut Spark yang cocok menjadi spot foto kekinian. Dijamin nggak bakal menyesal deh saat mengunjungi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang satu ini.

6. Kalinampu Natural Park

Hampir setiap tahunnya selalu ada wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang baru dibuka. Salah satunya adalah Kalinampu Natural Waterpark yang terletak di Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Yogyakarta yang baru saja resmi dibuka untuk umum pada bulan Oktober 2019 lalu.

Percaya nggak sih hamparan bunga eceng gondok yang tumbuh di sekitar Sungai Opak ternyata menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang lagi hits. Dari foto-foto yang beredar, lokasi tersebut nggak kalah dengan keindahan Kyoto di Jepang. Bahkan, di lokasi tersebut juga terdapat gerbang ala Jepang atau yang disebut torii. Untuk menarik minat pengunjung, pihak pengelola juga menyewakan kimono dan payung ala Jepang supaya foto-fotomu di sini bisa terasa maksimal.

7. Restoran Jiwa Jawi

(c) Instagram/jiwajawijogja(c) Instagram/jiwajawijogja

Lagi malas berpetualang dan ingin bersantai sambil menikmati suasana saja? Kalau gitu main saja ke Restoran Jiwa Jawi yang jadi salah satu spot wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang nggak boleh kamu lewatkan. Resto yang satu ini punya konsep yang unik banget. Saat melangkahkan kaki ke sana, kamu akan disambut sebuah gerbang kayu kuno yang membuat kesan vintage yang kuat. 

Ada beberapa lokasi tempat makan yang bisa dipilih, yaitu indoor, outdoor, atau mau lesehan ala piknik sore hari di taman juga bisa. Pemandangan nan hijau di sekitar wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang satu ini membuat kesan asri dan sejuk sehingga bikin siapapun betah nongkrong. Harga makanan dan minuman yang disajikan cukup terjangkau. Adapun menu yang dihadirkan antara lain nasi rawon, somay, tahu gejrot, dan aneka minuman menyegarkan. Restoran Jawa Jawi sendiri berada di kawasan Bantul, Yogyakarta.

8. Dolan Ndeso Boro

Destinasi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang satu ini pas banget jadi tujuan liburan bareng keluarga saat liburan di Yogyakarta. Sesuai namanya, dolan, yang punya arti bermain, tempat ini menyediakan beragam permainan yang bisa menambah keseruan saat liburan. Contohnya saja rafting, tubing, atau bersepeda keliling desa. Uniknya lagi, tempat ini memiliki misi khusus, yaitu menikmati indahnya nilai dan harmonisasi antar manusia, lingkungan, dan alam.

Kalau mau menikmati pengalaman yang lebih maksimal, coba saja Paket Live In. Dengan mengikuti paket ini, kamu bisa merasakan hidup dan beraktivitas seperti penduduk lokal, mulai dari menginap di rumah penduduk, ikut turun ke sawah, dan melakukan kerajinan seni. Wisata kekinian dan Instagenic di Jogja ini sendiri berada di kawasan Kulonprogo.

9. History of Java Museum

Kata siapa mengujungi museum itu terasa membosankan? Wisata kekinian dan Instagenic di Jogja juga menghadirkan museum modern yang menjadi cara baru agar belajar sejarah makin seru. Datang langsung saja ke History of Java Museum yang berada di Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 30 menit dari Pantai Parangtritis, museum ini menghadirkan teknologi tercanggih, lho!

Jangan lupa unduh aplikasi museum saat berkunjung karena lewat aplikasi tersebut dapat membuat gambar diam jadi bergerak dan bersuara. Ada juga pertunjukan di teater mini yang menceritakan sejarah Jawa, mulai dari kerajaan yang berkuasa hingga persebaran agama. Museum ini juga semakin sah menjadi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja karena ada beberapa spot selfie bernuansa Mataram di masa lalu, lengkap dengan replika benteng dan Malioboronya. Keren banget deh!

10. Leyeh Leyeh

(c) Instagram/leyehleyeh_jogja(c) Instagram/leyehleyeh_jogja

Sudah bosan jalan-jalan dan mau bersantai saja? Mampir saja ke Leyeh Leyeh yang jadi wisata kekinian dan Instagenic di Jogja paling populer. Sesuai namanya yang memiliki arti bersantai, tempat ini cocok buat yang ingin menikmati suasana liburan yang lebih chill.

Spot yang dihadirkan juga asyik banget. Selain bisa duduk manis di kursi dan meja yang tersedia, ada juga jaring gantung ala Bali. Sambil bersantai di sana, dengarkan suara gemericik air sungai yang mengalir di bawahnya. Super menyenangkan!

11. Lava Tour Kaliadem

Ingin menikmati wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang alami? Datang saja ke Lava Tour Kaliadem di mana kamu bisa menyaksikan secara langsung sisa letusan Gunung Merapi di tahun 2006 dan 2010 yang mengubah hutan pinus di sekitarnya menjadi ladang tandus. Kalau lagi ingin berpetualang, nggak ada salahnya mencoba wisata yang satu ini.

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan. Spot yang dikunjungi antara lain dua jurang hasil letusan dan Museum Sisa Hartaku. Di museum ini, kamu bisa menyaksikan berbagai benda yang terkena dampak letusan, misalnya kendaraan, kerangka hewan ternak, furnitur, dan masih banyak lagi.

12. Romantic Garden Bantul

Kebun bunga menjadi salah satu destinasi wisata kekinian dan Instagenic yang pastinya jadi idola anak kekinian. Spot selanjutnya yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Jogja adalah Romantic Garden Bantul, di mana kamu bisa dimanjakan oleh beragam bunga warna-warni yang bermekaran. Selain dipenuhi dengan beragam bunga cantik, ada juga beberapa bangunan Instagenic yang dapat menjadi spot selfie kekinian.

Bagi yang ingin berkunjung ke sana, disarankan untuk datang lebih pagi saat lokasi belum terlalu ramai dan sinar matahari belum begitu terik. Dengan membayar Rp 8 ribu saja, setiap pengunjung akan mendapatkan topi untuk menghalau sinar matahari sekaligus bikin gaya makin cantik saat berfoto.

Itu tadi sederet wisata kekinian dan Instagenic di Jogja yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kota Pelajar tersebut. Mana yang jadi favoritmu nih, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI