16 Tempat Wisata Indah dan Menakjubkan di Indonesia NUMBER

Sabtu, 03 Agustus 2019 04:32 Penulis: Editor KapanLagi.com
16 Tempat Wisata Indah dan Menakjubkan di Indonesia NUMBER
Instagram.com/WisataIndonesia, Diambil pada 23 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Indonesia dengan beragam suku,adat,budaya yang tersebar di seluruh pulaunya memang selalu memiliki keunikan-keunikan tersendiri. Tak heran jika banyak wisatawan internasional yang rela bolak-balik ke Indonesia hanya untuk menikmati indahnya Negara Maritim ini. Selain karena keberagamannya, Indonesia juga memiliki daya tarik yang mana setiap pulau maupun daerahnya memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan bak surga. Pasti banyak dari kalian yang sudah penasaran bukan?

Untuk dapat menjumpai keberagaman keindahan tempat wisata di Indonesia, tak cukup rasanya hanya berkunjung ke dua sampai empat tempat saja. Karena tempat-tempat indah menawan ini diolah dengan sebaik mungkin agar terjaga keasliannya. Seperti yang dilansir dari travelingyuk.com. Wisatawan internasional saja tidak ragu untuk berkunjung ke tempat wisata di Indonesia, kalian masih ragu? Yuk datang ke tempat wisata indah dan menakjubkan di Indonesia berikut ini!

1. Pantai Sumurtiga dan Danau Toba

A. Pantai Sumurtiga, Sabang

Instagram.com/PantaiSumurTiga, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/PantaiSumurTiga, Diambil pada 23 Juli 2019

Jelajah destinasi wisata di Indonesia yang pertama kita mulai dari Kota Sabang, Daerah Istimewa Aceh. Tepatnya di Pantai Sumurtiga. Pantai ini memiliki pasir putih dengan daerah pesisir yang panjang lho KLovers.

Kecantikannya semakin sempurna ketika berpadu dengan air laut berwarna biru muda. Banyak yang menilai bahwa Pantai Sumurtiga ini takkalah cantik dengan pantai-pantai di Hawaii.

B. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi ini disebut sebagai danau vulkanik paling cantik di Indonesia. Keindahan Danau Toba dengan pemandangan yang ada di sekitarnya, tampil sebagai salah satu primadona Sumatera Utara.

Selain itu, wisatawan juga bisa betah menjelajah hutan pinus, menikmati air terjun dan berendam pemandian air hangat yang letaknya masih ada dalam satu kawasan dengan Danau Toba. Kalian juga bisa berkunjung ke dua desa wisata yang ada di Pulau Samosir KLovers!

2. Ngarai Sianok dan Kepulauan Anambas

C. Ngarai Sianok, Bukittinggi

Instagram.com/NgaraiSianok, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/NgaraiSianok, Diambil pada 23 Juli 2019

Ngarai Sianok di Bukittinggi menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tetap jadi favorit di 2019. Menjadi salah satu kebanggaan warga Sumatra Barat, Ngarai Sianok tampil cantik dengan bentang alamnya berupa lembah sempit dan bukit bertebing curam.

Di bagian tengah lembah, mengalir sebuah sungai kecil. Keberadaannya menambah cantik pemandangan yang ada di sini. Suasananya tenang sehingga cocok sekali untuk siapa pun yang sedang butuh menenangkan diri.

D. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas yang ada di Kepulauan Riau ini pada 2013 lalu pernah dinobatkan sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia menurut CNN lho KLovers. Predikat tersebut tentu saja diberikan pada Anambas sebab ia memiliki bentang alam yang luar biasa.

Berkunjung ke sini, kalian akan terpikat dengan pasirnya yang putih dan lembut serta terumbu karang yang terbentuk alami dengan cantik. Yakin nggak pingin berkunjung ke Maldivesnya Indonesia ini?

3. Taman Nasional Way Kambas dan Pantai Parai Tenggiri

E. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Instagram.com/TamanNasionalWayKambas, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/TamanNasionalWayKambas, Diambil pada 23 Juli 2019

Pertama kali dibangun pada 1985, Taman Nasional Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk melihat gajah-gajah lebih dekat. Diresmikan sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia, tempat ini merupakan balai konservasi sekaligus pelatihan gajah.

Di lokasi yang sama juga terdapat International Rhino Foundation yang dibangun sebagai kawasan penangkaran badak dari ancaman kepunahan. Agendakan untuk main ke sini saat liburan ke Lampung ya KLovers!

F. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Pantai-pantai yang ada di Bangka Belitung bisa mudah dikenali dari batuan berbagai ukuran yang tersebar di pesisirnya. Begitu pula daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri. Selain batuan yang eksotis, Pantai Parai Tenggiri cukup landai dengan air laut berwarna hijau toska.

Pasir yang ada di pantai ini cukup lembut, menyenangkan untuk jalan-jalan di atasnya. Selain itu, ombak di sini juga terkenal tenang. Benar-benar pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran.

4. Kepulauan Seribu dan Nusa Dua

G. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Terletak di bagian utara Jakarta, Kepulauan Seribu seperti surga berjarak dekat yang bisa dikunjungi warga ibu kota saat penat. Berbagai atraksi menyenangkan bisa KLovers dapatkan di sini! Seperti mengunjungi zona konservasi sekaligus tempat wisata di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Bukan hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa pulau cantik yang ada di Kepulauan Seribu. Seperti Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Bidadari. Perairan di pulau-pulau tersebut cocok untuk snorkeling, menyelam dan beberapa keseruan lainnya!

H. Nusa Dua, Bali

Instagram.com/NusaDua, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/NusaDua, Diambil pada 23 Juli 2019

Masih di Bali ada destinasi wisata yang tidakkalah eksotis, yakni Nusa Dua. Di sini pantainya memiliki warna putih dengan air laut yang biru jernih. Kamu bisa menikmati berbagai panorama yang ditawarkan, atau bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti halnya berselancar.

Fasilitas di Nusa dua sangat banyak sekali dan lengkap, mulai dari restoran, penginapan kelas internasional, pusat-pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Datang ke Nusa Dua jika sedang berada di Bali, yakin kamu pasti akan memiliki keinginan untuk datang kembali.

5. Taman Nasional Gunung Kelimutu dan Gunung Rinjani

I. Taman Nasional Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Dari Pulau Dewata kita melipir ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah ini juga menawarkan beragam destinasi wisata yang memesona, tidak kalah dengan destinasi lainnya di Indonesia. Termasuk juga ada Taman Nasional Gunung Kelimutu.

Tempat wisata di NTT ini di dalamnya banyak daya tarik. Misalnya saja ada bukit-bukit landai, gunung-gunung, sampai dengan gunung setinggi 1.731 yang bernama Gunung Kelibra. Ditambah lagi dengan keberadaan Gunung Kelimutu dan danau tiga warna yang cantik.

J. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Instagram.com/GunungRinjani, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/GunungRinjani, Diambil pada 23 Juli 2019

Buat KLovers yang suka akan aktivitas mendaki, pastilah sangat familiar dengan Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Tempat ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Dan karena hal itulah, hampir setiap tahunnya banyak pendaki mencoba untuk menaklukannya.

Ketinggian Rinjani ini mencapai 3.726 mdpl. Meskipun kamu bersusah payah saat mendakinya, panoramanya sangatlah cantik lho.  Di atasnya juga ada bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang selama ini jadi spot incaran para pendaki. Yakin nggak mau ke sini?

6. Taman Laut Bunaken dan Kawah Ijen

K. Taman Laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

Instagram.com/TamanLautBunaken, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/TamanLautBunaken, Diambil pada 23 Juli 2019

Kemudian kita beralih ke tanah Sulawesi, tepatnya Sulawesi Utara. Di sini ada destinasi bernama Taman Laut Bunaken yang memiliki panorama yang begitu memanjakan mata KLovers. Karena hal itulah, tak salah jika tempat ini sering jadi jujukan utama saat jelajah Sulawesi Utara.

Di dalam Taman Laut Bunaken yang memiliki luas sekitar 890.65 km ini terdapat beragam jenis terumbu karang yang cantik. Tak hanya itu saja, banyak juga spesies ikan yang jumlahnya mencapai puluhan. Datanglah ke sini pada bulan Mei-Agustus untuk dapat melihat air laut yang jernih.

L. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Instagram.com/KawahIjen, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/KawahIjen, Diambil pada 23 Juli 2019

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang punya Blue Fire alias api abadi. Danau belerang ini punya tosca yang indah. Tidak heran pelancong rela mendaki demi menyaksikannya. Sebelum naik sebaiknya persiapkan fisik yang matang, karena perjalanan dapat memakan waktu sekitar 4 jam.

Jangan lupa selalu kenakan masker selama perjalanan. Dikarenakan bau belerangnya cukup menusuk hidung. Kalau mau menyaksikan Blue Fire, pastikan sampai di lokasi ketika pagi dini hari menjelang subuh.

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Raja Ampat

M. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang-Jawa Timur

Instagram.com/GunungBromo, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/GunungBromo, Diambil pada 23 Juli 2019

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau disingkat TNBTS, punya gunung-gunung yang sering dijadikan jujugan wisata terutama para pendaki. Kawasan ini berada di perbatasan empat kabupaten, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Bromo yang paling sering didatangi sebab punya atraksi menarik selain mendaki.

Diantaranya menikmati keindahan savana, menunggang kuda, maupun berfoto di Bukit Teletubbies. Ada juga Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru dan Ranu Pane. Kalau berkunjung ke TNBTS harus perhatikan situasi cuaca.

N. Raja Ampat, Papua Barat

Instagram.com/RajaAmpat, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/RajaAmpat, Diambil pada 23 Juli 2019

Menjadi salah satu lokasi penyelaman bawah laut terbaik dunia, Raja Ampat memiliki keberagaman flora dan fauna bawah air yang begitu menawan. Bahkan beberapa ilmuwan meneliti, 75% terumbu karang di dunia terdapat di kepulauan satu ini. Maka dari itu, turis mancanegara banyak yang menyebut ini surga tersembunyi.

Perlu diperhatikan, untuk masuk ke kawasan kalian harus mendaftarkan terlebih dahulu. Jika melakukan perjalanan dari Pelabuhan Sorong bisa menggunakan kapal rakyat untuk menuju ibu kota Raja Ampat. Untuk lokasi penyelaman, bisa gunakan speedboat yang disediakan di sekitar lokasi.

8. Labuan Bajo dan Candi Prambanan

O. Labuan Bajo, Flores

Banyak yang bisa ditemukan di sini, mulai dari wisata bahari, perbukitan, pantai, dan pulau-pulau lainnya. Beberapa di antaranya yang populer adalah Pink Beach, Pulau Kanawa, Pulau Padar, dan masih banyak lagi. Dengan suasana yang begitu alami, tempat ini cocok bagi yang suka berpetualang.

Menyuguhkan pemandangan air yang begitu jernih, tak heran membuat banyak wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama dari kampung halaman. Tempat ini menjadi surga bagi pencinta diving dan salah satu spot populernya yakni Manta Point. Kalian akan menjumpai ikan Manta atau yang lebih dikenal dengan ikan pari secara lebih dekat.

 P. Candi Prambanan, Jogja

Instagram.com/CandiPrambanan, Diambil pada 23 Juli 2019Instagram.com/CandiPrambanan, Diambil pada 23 Juli 2019

Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindhu dari era keemasan Kerajaan Mataram. Mereka sempat menguasai wilayah Jawa bagian tengah dan menaklukkan Dinasti Sailendra.

Masif dan megahnya Candi Prambanan membuat UNESCO memasuk situs ini dalam daftar warisan dunia, meski popularitasnya kerap kalah dengan Candi Borobudur. Sangat layak dikunjungi, apalagi di waktu-waktu tertentu Prambanan bakal menggelar pertunjukan sendratari Ramayana.

Jika dijelaskan lebih detail dan menyeluruh, mungkin tak cukup rasanya menjelaskan betapa banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan yang ada di Indonesia. Kaya akan hasil alam dan tempat wisata yang menarik, tak heran hal itu membuat wisatawan internasional betah berlama-lama tinggal di Indonesia. Selamat berlibur.

 

Penulis : Artamevia Faberta Elvanda

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI