2 Minggu Hilang & Mangkir Tugas, Wakil Bupati Trenggalek Akhirnya Muncul

Selasa, 22 Januari 2019 19:08 Penulis: Guntur Merdekawan
2 Minggu Hilang & Mangkir Tugas, Wakil Bupati Trenggalek Akhirnya Muncul
Gus Ipin (kanan), Wakil Bupati Trenggalek yang dikabarkan hilang / Credit: Instagram - novitamochamad


Kapanlagi Plus - Wakil Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin sedang ramai jadi perbincangan publik. Sejak 9 Januari 2019, Wabup termuda di Indonesia itu tak terlihat di kantornya, tanpa izin atau pesan apapun. Tentunya hal itu membuat beberapa orang bingung kelabakan.

Bahkan sang Bupati, Emil Dardak dan orang-orang terdekat lain juga mengaku tak tahu menahu tentang keberadaan Gus Ipin, sapaan akrabnya. Awalnya berita tersebut jadi rahasia pemerintah setempat, namun setelah berhari-hari lamanya Gus Ipin tetap tak ada kabar, akhirnya beritanya pun tersebar dan bikin heboh.

Dan akhirnya hari ini, Selasa (22/1/2019) Gus Ipin menampakkan diri. Lewat akun Instagram-nya, suami dari Novita Achmad itu memberikan penjelasan ke mana dirinya menghilang selama hampir seminggu terakhir.

1. Ke Luar Negeri

Usut punya usut, Gus Ipin melakukan perjalanan ke luar negeri dan menghadiri sebuah event di sana. Namun Ia mengaku jika apa yang dilakukannya bukan bagian dari tugas dinas, melainkan inisiatif sendiri dan menggunakan biaya sendiri.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mochamad Nur Arifin (@avinml) on Jan 21, 2019 at 12:42pm PST

"Terimakasih untuk para cendekiawan Indonesia yang beruntung menjadi sebagian kecil masyarakat Indonesia yang bisa 'study overseas', salah satunya @ratihtwi wanita asal Trenggalek yang membukakan mata saya akan optimisme Trenggalek ke depan. Ini sebagian perjalanan saya dari tanggal 11-19 di Eropa. Bukan perjalanan dinas, tapi inisiatif pribadi dengan biaya pribadi. Saya sadar bukan siapa-siapa dan tidak punya kemampuan apa-apa untuk membawa perubahan. Tetapi bertemu mereka dan melihat dunia luar memberi tambahan energi untuk saya. Dan saya percaya silaturahmi dengan mereka bisa memberikan manfaat untuk Indonesia ke depan," tulis Gus Ipin.

2. Minta Maaf

Tak lupa Gus Ipin juga minta maaf atas kepergiannya yang membuat banyak orang heboh. Setelahnya, beliau pun langsung kembali berkativitas menjalankan tugasnya sebagai salah satu jajaran petugas pemerintahan.

"Mohon maaf juga atas semua berita yang meresahkan masyarakat, bahkan ada yang khawatir dikira saya diculik, haha. Iya, diculik istri saya @novitamochamad. Adapun mekanisme birokrasi sudah dijalankan dengan tepat oleh Pemkab beserta seluruh jajaran merespon kepergian saya. Yang kangen-kangen pagi ini silahkan merapat, kita Istigosah bersama di Std. Menak Sopaal ya! Merdeka!" pungkas Gus Ipin.

3. Ditegur Gubernur Jatim

Meski sudah kembali dan minta maaf, namun Gus Ipin tetap mendapatkan teguran atas apa yang telah dilakukannya. Bukan tanpa alasan, Ia memang telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pelanggaran absensi selama lebih dari tujuh hari yang dilakukan petugas pemerintahan.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo turun tangan sendiri untuk melayangkan surat teguran pada Gus Ipin. Apapun alasan kepergiannya, seharusnya Gus Ipin mengikuti prosedur dan minta izin, mengingat posisinya yang sekarang bukan hanya warga biasa.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI