20 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat, Bisa Pakai Kulit Jeruk - Obat Tetes Mata

Jum'at, 14 Juni 2019 10:18 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat, Bisa Pakai Kulit Jeruk - Obat Tetes Mata
Ilustrasi Cara Menghilangkan Jerawat (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Jerawat merupakan penyakit pada kulit yang biasa muncul baik pada wanita maupun pria. Jerawat memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, terlebih jika muncul jerawat membandel atau berukuran besar pada kulit wajah. Berbagai macam cara perawatan wajah dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya menggunakan bahan alami dengan cara yang mudah untuk kamu praktekkan di rumah.

1. Soda Kue

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue yang umumnya hanya dipakai sebagai bahan membuat kue ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk perawatan kulit, lho. Dilansir dari liputan6.com, selain dapat membantu keseimbangan pH kulit agar terhindar dari jerawat, soda kue juga dapat membantu proses penyembuhan jerawat karena dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi pada kulit. Menggunakan soda kue dapat menjadi cara efektif dan mudah untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Cukup dengan mencampurkan dua sendok makan soda kue dengan air, kemudian aduk rata dan aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

2. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang baik untuk kesehatan. Jika digunakan secara teratur, lidah buaya yang memiliki kandungan Polifenol dapat berperan sebagai pembasmi jerawat secara menyeluruh. Oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah, terutama pada bagian yang terdapat jerawat, dan diamkan selama 20 sampai 30 menit untuk memperoleh hasil maksimal. Kemudian, bilas wajah dengan air bersih. Kamu dapat menggunakan gel lidah buaya secara rutin dua kali dalam seminggu sampai semua jerawat hilang. Bye jerawat!

3. Madu

Selain rasanya yang manis dan nikmat, madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Madu dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung antibiotik yang dapat mencegah terjadinya infeksi penyebab jerawat. Oleskan madu menggunakan kapas pada wajah yang berjerawat dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan madu secara rutin setiap dua kali seminggu agar wajah bersih dan bebas dari jerawat.

4. Lemon

Sudah menjadi rahasia umum kalau lemon dapat selalu dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, entah dikonsumsi sebagai minuman atau bahkan langsung dimakan. Selain itu, lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat sebagai masker alami untuk perawatan wajah. Kandungan asam askorbat-L pada lemon bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Oleskan air perasan lemon pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat.

5. Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis pun memiliki manfaat yang sama untuk dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Lakukan cara yang sama seperti menggunakan lemon dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu dibilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan dua sendok madu ke dalam air perasan lemon dan jeruk nipis, lho, untuk mempercepat hilangnya jerawat dari kulit kamu!


6. Cuka Apel

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai bahan pada cara menghilangkan jerawat. Siapa sangka cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat? Jika digunakan secara rutin, cuka apel dapat efektif membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya sangat mudah, cukup siapkan satu sampai dua sendok cuka apel, oleskan pada kulit wajah yang berjerawat menggunakan kapas, diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.


7. Es Batu

Es batu secara alami dapat membantu jalannya sirkulasi darah ke area kulit yang berjerawat dan membersihkan kotoran serta minyak pada kulit. Sehingga, mengoleskan es batu pada wajah langsung setelah jerawat baru saja muncul dapat mencegah munculnya jerawat yang lebih parah. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu yaitu balutkan es dengan handuk atau kain berbahan katun, kemudian tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat sambil ditekan-tekan selama tiga sampai empat menit. Rutin gunakan cara ini agar dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan sangat mudah.


8. Alpukat

Buah alpukat dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat secara alami. Caranya dengan memanfaatkan buah ini sebagai masker wajah. Selain bisa menghilangkan jerawat, ternyata kandungan vitamin E pada alpukat dapat membuat kulit jadi lembut, lho. Masker alpukat dapat dibuat dengan cara menghaluskan daging buah alpukat terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa menambahkan satu sendok madu dan aduk rata. Oleskan masker pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit hingga masker kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih.


9. Yogurt

Jerawat muncul akibat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori pada permukaan kulit. Yogurt dapat berperan untuk mengangkat sel kulit mati tersebut karena terdapat bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi di dalam kandungannya. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan dua sendok yogurt dengan satu sendok madu, aduk dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Tunggu sampai campuran yogurt dan madu mengering sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.


10. Pisang dan Kunyit

Pisang, yang mengandung antioksidan, potassium, dan vitamin E, dapat mencerahkan dan melembabkan wajah. Namun, ternyata, pisang juga mengandung lektin yang dapat menghilangkan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Sementara kunyit, rempah satu ini memiliki kandungan kurkuminoid untuk mengobati kulit wajah meradang. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan satu buah pisang terlebih dahulu, kemudian, masukkan masing-masing setengah sendok bubuk kunyit dan soda kue. Aduk hingga tercampur rata, oleskan pada kulit wajah, dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah didiamkan, bilas dengan air hangat. Jika kulit wajah terasa kering, kamu dapat menggunakan pelembab secukupnya.


11. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini juga bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Bawang putih dapat menjaga kesehatan kulit karena berperan sebagai anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik. Selain itu, zat sulfur pada bawang putih berperan ampuh dalam menghilangkan jerawat membandel.
Ada dua cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat:
1. Potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian. Gosokkan pada jerawat dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat.
2. Haluskan satu siung bawang putih dan oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

12. Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A dan C pada tomat dapat membantu proses untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Untuk mengaplikasikan tomat sebagai masker wajah, tomat dapat diiris tipis-tipis atau dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan pada wajah selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.


13. Timun

Timun biasa kita temukan sebagai teman makan nasi beserta lauk-pauk. Ternyata, teman makan kita yang satu ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh, lho, seperti vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, dan silica. Selain itu, kandungan air pada timun juga tinggi. Timun pun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih untuk wajah yang berjerawat. Cara untuk mengaplikasikan timun sebagai masker wajah sama dengan tomat seperti poin di atas, yaitu iris tipis-tipis atau dengan cara dihaluskan. Kemudian, aplikasikan wajah, tunggu selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat. Wajah akan terasa lebih segar dan lembut setelah pemakaian masker timun. Jangan lupa rutin untuk menggunakan masker tomat agar kulit wajah bersih dari jerawat, ya!


14. Kulit jeruk

Saat hendak makan buah jeruk, setelah dikupas, kulitnya jangan langsung dibuang, ya! Kulit jeruk ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kulit. Selain tinggi akan antioksidan dan serat, kulit jeruk juga mengandung vitamin A, C, dan flavonoid sehingga dapat membantu mencegah tumbuhnya jerawat. Manfaat lain dari kulit jeruk yaitu dapat mengecilkan pori, menghilangkan noda dan sel kulit mati, dan menyegarkan kulit yang kusam.

15. Putih Telur

Tidak perlu pusing memikirkan cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Sebelum jerawat muncul, gunakan masker putih telur terlebih dahulu untuk mencegahnya. Karena, terdapat kandungan enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri, mengecilkan pori, dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah yang merupakan sumber penyebab munculnya jerawat.
Cara membuat masker putih telur adalah dengan memisahkan bagian kuning dan putih telurnya. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon sebanyak satu sendok ke dalam putih telur. Kemudian, kocok hingga mengembang dan siap dioleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

16. Pepaya

Cara lainnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengaplikasikan masker papaya pada kulit wajah. Papaya mengandung enzim papain yang memiliki banyak manfaat seperti mengikis sel kulit mati, mencerahkan kulit wajah, mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Kupas kulit papaya, potong daging buahnya dan haluskan sampai menjadi bubur. Kemudian, tambahkan satu sendok madu atau lemon dan aduk hingga rata. Oleskan dan diamkan selama 20 menit hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

17. Daun Pepaya

Selain buahnya, dagingnya pun juga dapat berperan untuk menghilangkan jerawat. Daun papaya dapat menghilangkan jerawat membandel karena mengandung senyawa kaprpain untuk membunuh mikro organism berbahaya pada kulit. Cara membuatnya adalah dengan mengeringkan daun papaya di bawah sinar matahari. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air sampai merata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

18. Uap

Uap akan membantu mengeluarkan kotoran yang berada di dalam pori kulit sehingga kulit lebih mudah untuk bernapas. Cara menggunakan uap adalah dengan mengisi wadah atau baskom dengan air panas, kemudian kamu dapat mendekatkan wajah ke atas wadah air panas tersebut. Biarkan wajah terkena uap panas selama kurang lebih 5 menit dan lakukan cara ini setiap hari agar dapat menghilangkan kotoran dan jerawat yang ada di wajah dengan cepat.

19. Pasta Gigi

Menghilangkan jerawat dengan cepat dalam waktu satu malam, kamu dapat menggunakan pasta gigi untuk mewujudkannya, karena, pasta gigi bersifat dapat mengeringkan jerawat yang meradang dengan cepat. Dilansir dari detik.com, pasta gigi memiliki kandungan hidrogen, flourin, dan triclosan dapat mencegah timbulnya iritasi kulit. Caranya sangat mudah, cukup oleskan pasta gigi pada jerawat yang ada pada kulit kamu dan diamkan selama 10 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

20. Obat Tetes Mata

Dilansir dari kompas.com, kandungan tetrahydrozoline hydrochloride pada obat tetes mata dapat membantu menghilangkan jerawat, terutama jerawat yang berwarna kemerahan. Caranya yaitu dengan menaruh kapas yang sudah ditetesi obat tetes mata ke dalam freezer selama satu malam. Besoknya, gunakan kapas tersebut pada jerawat selama beberapa menit.

Demikian 20 cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan bahan alami yang mudah untuk dilakukan kapan dan di mana saja. Semoga informasi ini bermanfaat. Memang untuk merawat kulit agar jerawat hilang tidak dapat dilakukan secara instan, harus disiplin dan rutin agar mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

 

Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI