25 Istilah Gaul di Twitter yang Mungkin Belum Banyak Orang Tahu

Selasa, 24 Agustus 2021 13:11
25 Istilah Gaul di Twitter yang Mungkin Belum Banyak Orang Tahu
Ilustrasi Twitter © Pixabay via Liputan6


Kapanlagi Plus - Dunia Twitter memang tak kalah seru dari media sosial lainnya. Hal ini lantaran Twitter bisa menjadi wadah untuk bercerita sekaligus menampilkan gambar yang menarik perhatian.

Terkadang suatu hal yang belum banyak diketahui orang juga awalnya diketahui dari Twitter. Selain itu, Twitter juga sering menampilkan informasi yang lucu dan bermanfaat yang bisa terus diikuti.

Untuk yang baru main di Twitter, seringkali menemukan istilah yang asing. Sehingga mereka terkadang bingung saat muncul sesuatu yang belum diketahui.

Maka dari itu untuk memudahkan para pengguna baru Twitter, KapanLagi merangkumnya dari berbagai sumber. Yuk diingat dan jangan sampai salah ya!

1. Kumpulan Istilah Gaul

TIA: singkatan dari Thank you in Advance yang berarti terima kasih sebelumnya.

Mutualan: ajak kenalan dengan saling follow.

Bub: Block UnBlock, artinya memblokir seseorang tidak saling follow lagi.

JBJB: join bareng. Artinya kamu membalas di cuitan orang lain yang sebelumnya belum kenal atau tak masuk dalam percakapan tersebut.

Rep: kependekan dari reply, atau balas komentar.

Ava: kependekan dari kata avatar yang berarti foto profil.

Timeline / TL: beranda di Twitter.

Thread: utas atau twit yang berantai yang biasa digunakan untuk menceritakan sesuatu yang panjang karena tak cukup hanya dijadikan satu tweet.

GC: group chat, biasanya membuat chat di DM (Direct Message).

Mention: menandai seseorang dengan memberikan tag (@) nama akun mereka.

2in: setuju atau keadaan yang kamu alami sama seperti orang lain

Flop: bila diartikan gagal, biasanya tweet dianggap tidak sesuai yang diharapkan oleh pemilik akun.

GA: Give Away, suatu pemberian hadiah dari pengguna Twitter dengan syarat tertentu. Biasanya untuk merayakan rasa bahagia sang pengguna.

Base: Sebuah akun yang dibuat untuk membahas sebuah topik tertentu seperti hobi, kecantikan, peliharaan, dan sebagainya.

Menfess: Mention Confess, percakapan yang terkait dengan topik yang berhubungan dengan base. Biasanya dikirim ke DM base dengan format tertentu.

Nder: kependekan dari sender. Biasanya dipakai sebagai panggilan di base.

Opfoll: Open Follow. Tak semua akun bisa mengirimkan menfess di akun base. Biasanya base harus follow balik sang pengguna agar bisa mengirim menfess. Maka dari itu diadakan open follow yang biasanya dibuka pada jam-jam tertentu dan pengguna Twitter harus rajin memantau akun base.

Oot: Out of Topic, sesuatu yang diluar topik utama yang ada di cuitan atau base.

Spill: kependekan dari spill the tea untuk mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang dan netizen meminta untuk sang pengirim menceritakannya.

OOMF: One of My Followers, salah satu mutual/orang yang follow kamu.

2. Istilah dalam AU

Bagi para penggemar Korea sekaligus pengguna Twitter pasti sudah tak asing lagi dengan istilah 'Fanfiction'. Istilah tersebut merupakan cerita fiksi buatan fans yang biasanya memakai visual dari idol favorit mereka.

Kini dalam Twitter nama Fanfiction juga disebut dengan AU (Alternate Universe). AU biasanya dibentuk dalam thread yang berisikan tangkapan layar narasi hingga chat buatan sang penulis (author).

AU: kependekan dari Alternate Universe, cerita fiksi di Twitter yang mengisahkan sang idola berada di dunia berbeda. Misalnya saja sang idola di dunia nyata seorang penyanyi, namun dalam AU sang idola bisa berubah karakter menjadi dokter.

y/n: kependekan dari your name, istilah ini digunakan untuk memasukkan nama pembaca agar bisa masuk dalam cerita.

Disclaimer: istilah yang digunakan sebagai peringatan untuk pembaca sebelum membaca AU.

Fin: singkatan dari finish, akhir dari cerita yang biasa dipakai di AU selain kata 'The End'.

(kpl/lmp)



MORE STORIES




REKOMENDASI