3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di Hp, Bisa Secara Dilakukan Secara Live

Jum'at, 01 Oktober 2021 12:11 Penulis: Puput Saputro
3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di Hp, Bisa Secara Dilakukan Secara Live
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Whatsapp atau WA jadi salah satu media sosial yang paling punya banyak pengguna. Dengan WA, seseorang bisa saling mengirim pesan berupa tulisan, gambar, suara, bahkan video. Tak saja jadi sarana berkirim pesan, ternyata WA juga bisa kita manfaatkan untuk menemukan seseorang yang kita cari. Ya, siapa sangka ternyata ada cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp.

Pengaturan dalam WA umumnya memang terintegrasi sistem GPS. Sehingga, menemukan lokasi seseorang melalui WA jadi hal yang sangat mungkin dilakukan. Hal ini tentu akan sangat berguna pada berbagai situasi, seperti saat akan mengunjungi seseorang di lingkungan yang baru. Selain itu, cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp tentunya juga akan sangat berguna di kala kalian tersesat.

Mengetahui lokasi seseorang lewat WA sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Lantas bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

1. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WA secara Live

Whatsapp menyediakan salah satu fitur yang membuat penggunanya bisa berbagi secara live. Artinya dengan memanfaatkan fitur ini, kalian bisa memberitahu lokasi kalian pada orang lain saat itu juga. Selain itu, fitur ini bisa digunakan secara personal (dalam chat pribadi), maupun dalam grup.

Hal menarik lainnya, fitur ini juga memberikan batasan waktu bagi seseorang dalam mengakses info lokasi tersebut. Dengan begitu, kemanan dan privasi saat berbagi dengan orang baru jadi lebih terjaga.

Cara berbagi lokasi seseorang lewat WA secara live juga sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya, simak cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp berikut ini.

1) Buka aplikasi whatsapp.

2) Pilih orang atau grup yang akan kalian berikan lokasi secara live.

3) Setelah itu, klik ikon penjepit kertas yang ada di bagian kanan atas keyboard.

4) Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih dan klik "lokasi".

5) Setelah itu, akan muncul daftar pilihan lokasi, kalian bisa klik daftar teratas "berbagi lokasi terkini".

6) Atur waktu atau durasi berbagi lokasi. Kalian bisa mengaturnya 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

7) Setelah memilih durasi waktu, kalian juga bisa menambahkan keterangan jika diperlukan.

8) Jika sudah, kalian tinggal klik kirim.

 

2. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Saat Ini Lewat WA

Selain berbagi lokasi secara tidak live, kalian juga bisa berbagi lokasi terkini secara tidak live. Dengan cara ini, penerima informasi lokasi bisa mengakses informasi lokasi tersebut tanpa adanya batasan durasi. Caranya tak jauh beda dengan yang sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp di bawah ini.

1) Buka aplikasi whatsapp.

2) Pilih orang atau grup yang akan kalian berikan lokasi.

3) Setelah itu, klik ikon penjepit kertas yang ada di bagian kanan atas keyboard.

4) Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih dan klik "lokasi".

5) Setelah itu, akan muncul daftar pilihan lokasi, untuk berbagi lokasi tidak secara live, kalian bisa pilih baris ke dua di daftar atau "Kirim lokasi Anda saat ini". Tunggu beberapa waktu, agar titik lokasi yang dibagikan lebih akurat. Selain itu, jika berkenan kalian juga bisa memilih titik lokasi lain yang ada di dalam daftar tersebut.

6) Secara otomatis setelah memilih dan klik "Kirim lokasi Anda saat ini", titik lokasi kalian akan terkirim ke nomor whatsapp yang dituju.

 

3. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang dari Google Maps Lewat WA

Selain dua cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp di atas, kalian juga bisa membagikan lokasi lewat google maps. Cara ini tentu akan sangat memudahkan kalian untuk memberitahukan lokasi yang masih asing bagi seseorang. Caranya juga tak kalah mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1) Buka google maps kemudian temukan lokasi dari suatu tempat (misalnya toko, hotel, atau restoran) yang ingin dibagikan titik lokasinya.

2) Setelah itu, usap ke atas laman profil informasi tempat (misalnya toko, hotel, atau restoran) tersebut, lalu temukan ikon atau menu "bagikan tempat".

3) Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan cara atau media untuk berbagi. Pilih simbol whatsapp, dan secara otomatis kalian akan masuk ke aplikasi WA.

4) Setelah masuk ke aplikasi WA, pilih orang atau grup yang ingin kalian beri informasi lokasi tempat tersebut. Kemudian, kirim.

Itulah di antaranya, beberapa cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp. Semoga bermanfaat dan bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI