30 Fakta Menarik tentang Perhiasan Berlian Wanita yang Jarang Diketahui, Dari Jenis hingga Harganya

Kamis, 19 Mei 2022 10:25 Penulis: Jeffrey Winanda
30 Fakta Menarik tentang Perhiasan Berlian Wanita yang Jarang Diketahui, Dari Jenis hingga Harganya
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Apa yang ada di pikiranmu jika membayangkan tentang perhiasan berlian wanita, KLovers? Sudah pasti semua gambaran yang muncul nggak akan jauh-jauh dari kata mewah, artistik, cantik, dan masih banyak lagi.

Bicara tentang perhiasan berlian memang nggak ada habisnya. Apalagi di balik kecantikan bentuknya serta harganya yang selangit, terdapat banyak sekali fakta menarik dari batu mulia ini yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja sih fakta di balik batu mulia ini? Yuk intip daftarnya.

Jumlah Karat Tertinggi pada Berlian yang Pernah Ditemukan

Hingga saat ini, berlian dengan jumlah karat terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah masih dipegang oleh Cullinan. Berlian ini ditemukan pada 25 Januari 1905 di Tambang Premier di Pretoria, Afrika Selatan.

Pada saat ditemukan, berlian ini memiliki berat 1,33 pon serta 3106 carat. Bahkan setelah 117 tahun berlalu, belum ada penemuan berlian dengan jumlah carat sebesar ini hingga di abad 21.

Tambang Berlian Terbesar di Dunia

Negeri di benua Afrika terkenal sebagai penghasil berlian terbesar di dunia. Jika berlian terbesar dunia yang bernama Cullinan ditemukan di Afrika Selatan, pada tahun 2021 lalu ditemukan pula berlian sebesar 1174 carat di negara Botswana.

Meski menjadi penemuan salah satu berlian terbesar, namun belum diketahui secara pasti di mana lokasi tambang terbesar yang pernah tercatat. Selama ini, indikator tambang berlian terbesar hanya didasarkan pada berat dan jumlah karat dari batu mulia yang didapatkan di tambang tersebut.

Berlian yang Berasal dari Indonesia

Jika kamu sering mengunjungi toko perhiasan, maka pasti sering mendengar istilah Berlian Medan hingga Berlian Martapura. Sesuai namanya, kedua perhiasan tersebut dinamai berdasarkan lokasi di mana berlian tersebut berasal.

Meski disebut sebagai berlian, namun belum bisa dipastikan lebih lanjut tentang kualitas dan keaslian dari kedua berlian tersebut. Namun, Berlian Martapura yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan sendiri memang disebut sebagai daerah penghasil intan terbesar di Indonesia. Berlian Martapura hanya dikelola oleh kota setempat dan nggak diperjualbelikan di pertokoan seperti perhiasan pada umumnya.

Jenis-Jenis Warna pada Berlian

Berlian memiliki beberapa jenis warna yang terbentuk secara alami dari berbagai fenomena alam. Berlian dengan warna fancy seperti biru, kuning, merah muda, hingga merah memiliki harga yang jauh lebih mahal. Berbeda dengan warna putih kekuningan yang bisa mempengaruhi harga dari berlian tersebut.

Terdapat 5 kategori dalam menentukan warna pada berlian, yaitu colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna), dan light (terlihat jelas warnanya). Tentunya tiap kategori ini memiliki harga yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Berlian Berbeda dengan Intan

Pada dasarnya, berlian dan intan merupakan batu mulia yang sama-sama dimanfaatkan sebagai perhiasan dengan harga selangit. Meski begitu, intan merupakan zat karbon murni yang terkenal paling keras.

Jika berlian hanya dimanfaatkan sebagai perhiasan, maka intan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti alat pemotong kaca, mata bor pertambangan, dan sebagainya.

Definisi Carat pada Berlian

Carat menjadi satuan ukuran yang diterapkan pada berlian. Pada berlian sendiri, carat didefinisikan dalam satuan poin yang mana 1 poin sama dengan 0.01 carat (1 carat = 100 poin). Untuk beratnya sendiri, 1 carat berlian sama dengan 0.2 gram atau sekitar 0.007 ons.

Harganya Lebih Mahal dari Emas

Emas sebagai logam mulia tentunya memiliki harga tinggi hingga sering dijadikan sebagai sarana investasi. Namun, faktanya harga berlian lebih tinggi dibanding emas. Emas sendiri berada pada peringkat ke-15 sebagai daftar 17 barang termahal di dunia yang dilansir oleh Brightside.

Memiliki Harga yang Cenderung Stabil

Berbeda dengan emas yang harganya fluktuatif sesuai inflasi, maka berlian memiliki nilai dan harga yang cukup stabil. Berlian sering disebut kebal inflasi lantaran setiap proses produksi hingga ke tangan konsumen memerlukan tingkat kesabaran dan kerumitan tinggi. Sehingga, harga berlian akan tetap stabil meski terjadi inflasi dan tetap berada dalam jajaran top price.

Harga 1 Carat Berlian

Harga berlian memang memiliki nilai yang cukup mahal bila dibanding perhiasan lainnya. Namun harga ini tentunya sangat sepadan dengan kualitas, proses penemuan, pembentukan, hingga desainnya yang menawan.

Pada akhir tahun 2021 lalu, harga berlian terendah berada pada kisaran Rp33.082.000 per 1 caratnya. Di sisi lain, harga berlian tertinggi terdapat pada angka Rp 285 juta per 1 caratnya. Nominal ini tentunya melambung jauh lebih tinggi dibanding tahun 2020 lalu yang mana harga tertingginya sekitar Rp 139 juta per 1 caratnya.

Penyebab Tingginya Harga Berlian

Selain proses penemuannya yang sulit dan membutuhkan banyak sumber daya, faktor lain yang menyebabkan tingginya harga berlian adalah teknologi dan kerumitan yang diperlukan dalam proses pemotongannya.

Proses pemotongan berlian ini membutuhkan teknologi khusus serta bantuan tenaga ahli. Bahkan, para tenaga ahli yang dilibatkan telah melalui serangkaian pengujian sebelum benar-benar terlibat langsung dalam proyek ini.

Perbandingan Harga Berlian dengan Material Kimia Buatan Termahal di Dunia

Meski memiliki harga selangit, nyatanya masih ada material lain yang lebih mahal dibanding berlian. Seperti Californium 252 yang merupakan material kimia buatan untuk menemukan lapisan air dan minyak dari berbagai sumur minyak. Harga dari material ini sekitar USD 27 juta atau sekitar Rp385,9 miliar per gramnya.

Jenis Potongan Berlian Paling Populer

Salah satu tahapan kualitas kilau berlian asli yang banyak dinilai oleh para ahli berlian adalah cut atau jenis potongannya. Ternyata, ada banyak bentuk potongan berlian yang bisa disesuaikan dengan gaya hingga kepribadianmu. Sebelum membeli perhiasan berlian wanita, wajib banget memahaminya.

Jenis potongan yang pertama adalah round cut atau berlian berbentuk bulat yang jadi salah satu potongan paling terkenal dengan tingkat kecemerlangan dan kilau maksimal. Selanjutnya ada princess cut dalam bentuk kotak yang bisa memiliki banyak pantulan warna cahaya di setiap sudutnya.

Ada juga cushion cut yang dikenal dengan istilah potongan bantal. Jenis potongan ini juga memiliki tingkat kilau yang sangat tinggi. Bentuk lainnya adalah pear shaped yang juga sering disebut teardrop karena bentuknya mirip air mata. Jika menggunakan cincin berlian wanita dengan potongan pear shaped, jarimu bisa terlihat lebih runcing dan manis.

Penggunaan Berlian pada Perhiasan Wanita

Mengulik ke dalam sejarah, penggunaan berlian sebagai perhiasan wanita digunakan sejak berabad-abad lalu. Hanya saja, penggunaannya masih dibatasi. Di Eropa sendiri berlian pernah menghilang sekitar 1000 tahun lamanya seiring dengan kepercayaan bahwa berlian bisa digunakan sebagai jimat.

Kemudian, popularitas berlian kembali naik dan banyak digunakan sebagai perhiasan wanita. Hanya saja pada saat itu penggunaannya masih terbatas. Seperti yang terjadi di Perancis pada abad ke-13, perhiasan berlian hanya boleh digunakan oleh Raja dan kalangan bangsawan karena ketersediaan berlian yang masih sangat langka.

Perhiasan Berlian Wanita Sebagai Cincin Tunangan

Seiring berjalannya waktu, berkembang pula tradisi cincin berlian sebagai cincin tunangan yang pertama kali tercatat 1477 di Austria. Cincin berlian wanita dianggap sebagai simbol cinta tertinggi yang mewakili kesetiaan. Zaman semakin berkembang, model perhiasan berlian terbaru pun banyak bermunculan ke dalam berbagai perhiasan seperti cincin berlian, kalung berlian, anting berlian, gelang berlian, liontin berlian dan masih banyak lainnya.

Jika kamu menginginkan perhiasan berlian istimewa, dapatkan produknya di Frank & co., The Palace, atau MONDIAL. Ketiga brand tersebut menghadirkan sederet perhiasan berlian wanita yang sangat cantik, mewah, dan tentunya berkualitas.

Cincin Nikah Berlian yang Banyak Diagungkan

Salah satu bentuk perhiasan berlian wanita yang banyak diagungkan adalah cincin nikah berlian yang bahkan masih terus bertahan hingga sekarang. Kalau menelisik sejarahnya, penggunaan cincin kawin ternyata sudah dilakukan oleh bangsa Mesir kuno sejak 5000 tahun yang lalu, lho.

Namun, saat itu cincin yang digunakan masih berupa akar rerumputan pohon papirus. Budaya ini terus berlangsung hingga zaman Romawi dimana cincin nikah terbuat dari logam besi yang sangat kuat. Cincin nikah berlian pun mulai digunakan di era modern sebagai simbol kemuliaan cinta, mengingat berlian adalah batu mulia yang dianggap paling berharga di muka bumi ini.

Perhiasan Berlian Wanita untuk Mendukung Penampilan Elegan

Seiring berkembangnya zaman, berlian nggak hanya digunakan untuk melengkapi momen sakral saja. Kilau berlian asli yang menawan banyak terlihat dalam berbagai perhiasan model terbaru yang mendukung penampilan glamor dan elegan. Jenis perhiasan ini sering digunakan perempuan saat menghadiri berbagai momen spesial hingga kegiatan sehari-hari seperti cocktail party atau pergi ke kantor.

(c) MONDIAL(c) MONDIAL

Menemani kebutuhan perempuan yang satu ini, MONDIAL punya koleksi perhiasan model terbaru berupa Gala Collection yang menggunakan fancy shape diamond yang terdiri dari pear, marquise, dan baguette shape. Desainnya modern dan elegan sehingga cocok digunakan untuk menemani kegiatan sehari-hari hingga acara spesialmu.

Perhiasan Berlian Wanita dengan Harga Terjangkau

Siapa bilang jika perhiasan berlian wanita selalu dibanderol dengan harga mahal? Faktanya, kamu bisa mendapatkan perhiasan berlian terjangkau dari koleksi Moela The Palace.

(c) The Palace(c) The Palace

Nggak tanggung-tanggung, kamu bisa mendapatkan perhiasan berlian Moela dengan harga mulai dari Rp 888 ribu lho. Bukan asal terjangkau, perhiasan Moela juga terjamin kadarnya di setiap perhiasan dengan dilengkapi sertifikat SNI. Perhiasan berlian ini pun sangat cocok untuk pecinta perhiasan yang baru ingin mengoleksi perhiasan berlian untuk pertama kalinya.

Jumlah Carat Berlian yang Ideal

Penentuan angka ideal pada carat berlian memang berbeda-beda sesuai perspektif penggunaan dan fungsinya. Untuk perhiasan yang digunakan sehari-hari sebagai penyempurna fashion, berlian 0,2 carat sendiri sudah cukup berkilau ketika digunakan. Semakin besar penggunaan carat berlian pun maka semakin berkilau juga sinar yang dipancarkan.

Keaslian Perhiasan Berlian Wanita Mendapatkan Sertifikasi

Sebagai batuan mulia, maka autentikasi menjadi indikator yang menentukan kualitas dari berlian tersebut. Hal inilah yang membuat mengapa berlian asli akan selalu dilengkapi dengan sertifikat keaslian yang mengiringinya.

Biasanya, sertifikat tersebut akan berisi sederet fakta berlian mulai dari grade warna, tingkat kejernihan, jumlah carat, kualitas potongan, tingkat pemolesan, penyortiran, dan masih banyak lagi.

Cara Merawat Berlian

Jika kamu memiliki perhiasan berlian wanita atau kolektor beragam jenis berlian, maka melakukan perawatan berkala sifatnya sangat penting. Tentu saja kamu nggak ingin mengurangi kualitas dari batu mulia yang berbandrol mahal ini kan?

Ada lifehack untuk membersihkan perhiasan berlian ini. Hindari pembersih yang bersifat abrasif seperti soda kue, pasta gigi, pemutih pakaian dan sejenisnya. Cukup gunakan sabun mandi atau cairan pembersih dengan campuran air. Ambil sedikit cairan pembersih dan tuangkan sedikit pada mangkuk. Lalu gosoklah berlian secara lembut menggunakan kain fiber atau alat khusus pembersih berlian.

Batu Permata yang Mirip Berlian dengan Harga Lebih Murah

Sebagaimana item eksklusif berharga selangit lainnya, maka tentu saja akan hadir pula versi lain yang lebih terjangkau. Contohnya seperti moissanite yang merupakan batu permata mirip berlian namun harganya lebih murah.

Kemiripannya dengan berlian bahkan biasanya mampu mengecoh diamond detector saat pengujian. Namun tetap saja moissanite berbeda dengan berlian baik secara kualitas, penampilan, bahan pembentuknya.

Mengenal Istilah F VVS pada Berlian

Ketika mengunjungi toko berlian atau membaca sertifikat perhiasan, maka kamu akan menemui istilah F VVS. Istilah F VVS merupakan indikator kualitas tertinggi dalam dunia berlian yang menjelaskan skala warna, kejernihan, dan pencahayaan yang tercantum dalam sertifikat. Huruf F merujuk pada color, sementara VVS mengarah pada clarity.

Teknologi dalam Pengembangan Berlian

Bukan cuma pencariannya yang sulit dan membutuhkan banyak sumber daya, berlian akan semakin bernilai seiring dengan teknologi yang diterapkan pada setiap prosesnya. Salah satu teknologi paling mutakhir dalam pengembangan berlian adalah Sarine Technologies yang diterapkan pada koleksi Frank Fire dari Frank & co.

Sarine Technology merupakan inovasi berlian terkini dan pertama di dunia yang mengombinasikan keunikan antara gemologi dan teknologi dalam menciptakan pengembangan besar pada industri berlian global. Penerapan Sarine Technologies ini diterapkan mulai dari tahap produksi hingga manufaktur. Pengguna dari teknologi ini pun beragam mulai dari laboratorium hingga retailer.

Berlian Bisa Retak

Berlian merupakan salah satu batu mulia yang memiliki tekstur kuat dan nggak mudah pecah. Meski begitu, berlian bisa retak seperti batuan pada umumnya.

Umumnya, berlian bisa retak karena sifat abrasif atau korosif dari proses pembersihan yang nggak tepat. Pembersihan dengan bahan kimia yang nggak tepat menjadi pemicu dari retaknya berlian.

Berlian Hitam yang Eksotis dan Langka

Jika pada umumnya berlian memiliki warna putih cerah, lain halnya dengan yang ditampilkan oleh rumah lelang Sotheby. Pada 2021 lalu, rumah lelang ini memamerkan berlian hitam 555,55 carat yang langka.

Berlian hitam yang dinamakan The Enigma tersebut diperkirakan bukan berasal dari bumi melainkan dari luar angkasa. Diperkirakan, berlian tersebut laku terjual di angka USD 6,8 juta.

Desain Perhiasan Berlian Wanita Estetik

Kecantikan berlian akan semakin maksimal jika dikombinasikan pada desain perhiasan yang estetik. Seperti konsep artistik yang diterapkan oleh Gala Collection dari MONDIAL.

(c) MONDIAL(c) MONDIAL

Koleksi Gala terinspirasi dari desain kipas yang sering dibawa oleh para wanita bangsawan di era Victoria sekaligus melambangkan status sosial kala itu. Desain kipas ini pun teraplikasi sempurna dalam sederet perhiasan berlian wanita mulai dari cincin berlian, kalung berlian, anting berlian, gelang berlian, liontin berlian dan masih banyak lagi.

Berlian Merah Muda yang Jadi Material Terlangka di Dunia

Sama seperti The Enigma, sebuah berlian langka berwarna merah muda laku terjual seharga USD 26,6 juta atau setara Rp 378 miliar. Memiliki warna merah muda keunguan, berlian yang diberi nama The Spirit of the Rose tersebut memiliki 14,83 carat dan ditemukan di tambang Rusia.

Berlian adalah Beauty Investment Terbaik

Berlian yang begitu cantik dan menjadi simbol kemewahan ini nyatanya sangat cocok dijadikan beauty investment loh. Menariknya, berlian memiliki perawatan minim dan tanpa banyak usaha. Hal ini lantaran berlian merupakan jenis batu paling kuat dan susah hancur. Meskipun disimpan dalam kurun waktu lama pada tempat gelap dan lembap, berlian nggak akan rusak. Dengan mudahnya perawatan, maka kecantikan dan kemewahan dari perhiasan berlian bisa everlasting dan menjadi beauty investment terbaik.

Berlian Jadi Simbol Cinta yang Sakral Sekaligus Istimewa dengan Bersatunya Dua Instan

Bicara tentang cinta, bersatunya dua insan yang saling menyayangi juga tak bisa lepas dari peran perhiasan berlian. Janji suci yang terucap akan semakin romantis dan sakral dengan hadirnya cincin berlian yang disematkan pada jari manis sebagai cincin tunangan.

(c) Frank & co(c) Frank & co

Untuk itu, Frank & co. yang memperingati anniversary ke-26 pada April 2022 lalu secara spesial meluncurkan 5 koleksi perhiasan model terbaru Frank Fire dengan keunggulan 12 parameter (12 Degree of Rarity) ditambah Sarine Light Performance Beyond 4C yang dikeluarkan Sarine Technologies. Koleksi terbaru Frank Fire menghadirkan sederet perhiasan berlian berkualitas berupa Serendipity, Vow, Allure, Posy dan juga Rain.

Serendipity merupakan wujud dari kesucian cinta, Vow menjadi pengikat dari janji suci antara dua insan, Allure adalah bentuk keindahan cinta yang patut dirayakan, Posy adalah simbol perjalanan cinta berdua, serta Rain yang memiliki arti dalam mengingatkan sentuhan dan kehangatan cinta dari pasangan.

Hadirnya kelima koleksi di atas melengkapi 21 koleksi Frank Fire yang sudah ada sebelumnya sehingga jumlahnya mencapai 26, sesuai dengan usia Frank & co. di tahun ini.

Cara Mendapatkan Berlian yang Asli dan Terpercaya

Dari sekian banyak fakta menarik dari berlian, tentunya kamu sudah semakin tertarik untuk membeli perhiasan berlian wanita yang asli dan berkualitas kan? Nggak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan perhiasan berlian wanita yang asli, mewah, dan terjamin di Frank & co., The Palace Jeweler, serta MONDIAL. Follow juga akun instagram @franknco_id, @thepalace_id dan @mondial. Dapatkan sekarang juga ya, KLovers!

 

 

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI