30 Kata-Kata Motivasi Belajar Islami yang Bijak dan Penuh Inspirasi

Selasa, 08 Juni 2021 17:11 Penulis: Dhia Amira
30 Kata-Kata Motivasi Belajar Islami yang Bijak dan Penuh Inspirasi
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Belajar menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Karena dengan belajar, maka kita bisa bermanfaat untuk manusia lain dan juga kehidupan. Dalam Islam pula, belajar menjadi sebuah kegiatan yang mendapatkan pahala besar. Tidak heran bila ada banyak sekali kata-kata motivasi belajar Islami yang bijak dan penuh inspirasi.

Agama Islam telah mengajarkan bahwa menuntut ilmu adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan dari dini tidak peduli laki-laki maupun perempuan. Dengan menuntut ilmu, kita dapat menghindarkan diri dari kebodohan dan memperkuat rasa cinta serta syukur kepada Allah SWT. Umat muslim telah diajarkan dalam menuntut ilmu tidak terpaku pada satu hal saja. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Banyak tokoh besar Islam yang kisahnya dapat kita jadikan teladan dalam menuntut ilmu dan kita sebagai muslim yang baik juga harus menuntut ilmu sebaik mungkin. Untuk bersemangat dalam menuntut ilmu, kita harus memupuk rasa semangat dan motivasi. Salah satu yang bisa membuat kita termotivasi yaitu dengan membaca kata-kata motivasi belajar Islami.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 30 kata-kata motivasi belajar Islami. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Motivasi Belajar Islami yang Bijak

Kata-kata motivasi belajar Islami yang pertama yaitu ada kata-kata bijak. Kata-kata motivasi belajar ini bisa menjadi sebuah nasihat agar kalian lebih semangat dalam menuntut ilmu. Berikut ini beberapa kata-kata motivasi belajar Islami tersebut:

1. "Raihlah ilmu dan untuk meraih ilmu, belajarlah untuk tenang dan sabar." - Umar bin Khattab

2. "Ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Ilmu tidak lain adalah sebuah cahaya yang Allah tempatkan di dalam hati." - Imam Malik

3. "Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama (orang-orang yang berilmu)." (Q.S Fathir: 28)

4. "Ilmu tanpa amal adalah kegilaan, dan amal tanpa ilmu adalah kesia-siaan." - Imam Ghazali

5. "Menuntut ilmu (agama) adalah kewajiban bagi setiap muslim." - Hadis

6. "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya, dan kemudian menyebarkannya." - Sufyan bin Uyainah

7. "Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu." - Imam Malik

8. "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga."

9. "Ya Rabbi, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat."

10. "Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat bagi seluruh umat-Mu."

 

2. Kata-Kata Motivasi Belajar Islami yang Penuh Makna

Kemudian ada pula kata-kata motivasi belajar Islami yang penuh akan makna mendalam. Kata-kata motivasi ini bisa menjadi sebuah nasihat penuh makna dalam menuntut ilmu. Berikut ini beberapa kata-kata motivasi belajar Islami yang penuh makna tersebut:

11. "Ilmu adalah kehidupan bagi pikiran." - Abu Bakar

12. "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah." - Hasan al-Bashri

13. "Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa."

14. "Sebagian orang tetap miskin ilmu karena kemampuan buruk mereka untuk tetap diam." - Ibnu Qayyim

15. "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal." - Imam Syafi'i

16. "Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian."

17. "Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan." - Imam Ghazali

18. "Menuntut ilmu semata-mata demi ilmu bukan sesuatu yang dipandang baik dalam Islam." - Dr. Bilal Philips

19. "Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh." - Boona Mohammed

20. "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap." - Ali bin Abi Thalib

 

3. Kata-Kata Motivasi Belajar Islami yang Menyentuh

Dan kata-kata motivasi belajar Islami yang terakhir yaitu ada kata-kata yang menyentuh. Tak hanya dapat menjadi sebuah nasihat memberikan semangat belajar saja, namun juga dapat menjadi sebuah motivasi yang menyentuh hati. Berikut ini beberapa kata-kata motivasi belajar Islami yang menyentuh tersebut:

21. "Menuntut ilmu di masa muda bagai mengukir di atas batu." - Hasan al-Bashri

22. "Barangsiapa belajar sesuatu semata-mata karena Allah, mencari ilmu yang ada bersama-Nya, maka dia akan menang. Dan barang siapa yang belajar sesuatu karena selain Allah, maka dia tidak akan mencapai tujuannya, juga pengetahuan yang diperolehnya tidak akan membawanya lebih dekat kepada Allah." - Hasan al-Basri

23. "Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Makin kamu mengenal Allah, makin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya."

24. "Barangsiapa menginginkan dunia, hendaklah ia berilmu. Barang siapa menginginkan akhirat, hendaklah ia berilmu."

25. "Islam itu berbasis ilmu pengetahuan. Makin kamu mengenal Islam, makin cinta pula kamu kepadanya. makin sedikit pengetahuan kamu tentang Islam, makin berkurang pula kecintaanmu kepadanya."

26. "Karunia Allah yang paling lengkap adalah menjalani kehidupan berdasarkan ilmu." - Ali bin Abi Thalib

27. "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian." (Q.S Al-Mujadilah: 11)

28. "Tuntutlah ilmu. Di saat kamu miskin, ia akan menjadi hartamu. Di saat kamu kaya, ia akan menjadi perhiasanmu." - Luqman al-Hakim

29. "Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." - Al-Ghazali

30. "Dengan cinta hidup menjadi indah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah. Dengan agama hidup menjadi terarah."

Itulah 30 kata-kata motivasi belajar Islami yang menyentuh dan penuh dengan makna mendalam. Semoga dengan kata-kata motivasi belajar Islami ini kita semakin semangat dalam menuntut ilmu.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI