30 Quotes Kartini Penuh Perjuangan untuk Perempuan, Menginspirasi

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diperbarui: Diterbitkan:

30 Quotes Kartini Penuh Perjuangan untuk Perempuan, Menginspirasi
Quotes Kartini (Credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Raden Ajeng Kartini tentu bukan nama yang asing di telinga kalian kan KLovers? Perempuan ini dikenal karena kegigihannya dalam memperjuangkan keadilan bagi perempuan. Rasa cintanya pada ilmu pengetahuan membuat pemikiran-pemikirannya cemerlang, bahkan quotes Kartini masih relevan hingga sekarang.

Kegemarannya dalam membaca dan menulis, membuat pengetahuannya luas. Wajar jika generasi hari ini mengidolakan sosok seperti Kartini. Pemikirannya memang pantas dikagumi dan dikutip sebagai quotes Kartini yang menginspirasi.

Berikut ini ada beberapa quotes Kartini yang tersebar di berbagai karya dan suratnya yang ditulisnya, KLovers.

 

1. Quotes Kartini Penyemangat Belajar

Kebebasan para perempuan dalam mengakses ilmu pengetahuan hari ini, merupakan hasil dari perjuangan Kartini di masa lalu. Hak pendidikan bagi perempuan yang terus disuarakannya masih terus dikagumi hingga sekarang melalui quotes Kartini berikut ini.

1. Tahukah engkau semboyanku? 'Aku mau!' Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata 'Aku tiada dapat!' melenyapkan rasa berani. Kalimat 'Aku mau!' membuat kita mudah mendaki puncak gunung.

2. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

3. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

4. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

5. Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputra merdeka dan berdiri sendiri.

6. Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya tuk mencari seorang yang lebih baik darimu.

7. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

8. Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.

9. Tapi sekarang mulai dengan aku, antara kami (Kartini, Roekmini, dan Kardinah) tidak ada tata cara lagi. Perasaan kami sendiri yang akan menentukan sampai batas-batas mana cara liberal itu boleh dijalankan.

10. Cita-cita itu ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan pada kesempurnaan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Quotes Kartini untuk Kemanusiaan

Perjuangan Kartini untuk mewujudkan pembaharuan masyarakat didasari oleh semangat kemanusiaan. Cita-citanya yang tinggi itu disampaikan melalui surat-surat kepada para sahabatnya di luar negeri. Dalam surat-surat itu, bisa ditemukan ide cemerlangnya melalui quotes Kartini yang penuh makna berikut ini.

11. Karena bila taraf hidup kesenian suatu bangsa tinggi, maka budi bangsa itu sendiri adalah suatu puisi.

12. Tetapi sekarang ini, kami tiada mencari pelipur hati pada manusia, kami berpegangan teguh-teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita pun menjadi terang dan angin rebut pun menjadi sepoi-sepoi.

13. Hormati segala yang hidup, hak-haknya, perasaannya.

14. Tidak menjadi soal bagaimana caranya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja.

15. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.

16. Alangkah ajaibnya rasa kasih sayang. Rasa cinta adalah surga dan neraka yang menjadi satu.

17. Cinta itu mahakuasa, demikianlah sudah berabad-abad dinyatakan dan dibuktikan.

18. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia, bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah.

19. Kami berikhtiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Menolong diri sendiri itu kerap kali lebih suka dari pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula.

 

3. Quotes Kartini untuk Keadilan Perempuan

Quotes Kartini sering dikutip oleh para perempuan masih terus menyuarakan aspirasinya hingga kini. Itu menandakan bahwa problem perempuan yang sudah sejak dulu, masih ada yang belum tertangani dengan baik. Berikut ini quotes Kartini yang bisa membakar semangat perjuangan perempuan kembali.

20. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

21. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

22. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

23. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!

24. Bukan laki-laki yang hendak kami lawan, melainkan pendapat kolot dan adat usang.

25. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.

26. Namun saat ini, kami tidak sedang mencari penghiburan kepada manusia. Namun kami percaya dan berpegang teguh pada tanganNya. Setelah itu, hari yang gelap gulita akan kembali menjadi terang, dan badai ini akan menjadi angin yang sejuk yang bertiup lembut.

27. Apakah ada kondisi yang lebih buruk dan memalukan, selain menggantungkan hidup kepada orang lain?

28. Setelah malam yang gelap, pagi hadir membawa keindahan. Begitu juga dengan kehidupan manusia, sama dengan alam.

29. Bila kamu memang memiliki nilai di mata seseorang, maka tidak akan pernah ada alasan bagi orang tersebut untuk berpaling dan mencari orang lain yang lebih baik dari dirimu.

KLovers, itulah quotes Kartini yang masih sering didengar dan juga memberi kekuatan bagi para perempuan hingga ini.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending