4 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen Terbaru 2023, Pahami Dulu Konsekuensinya

Diterbitkan:

4 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen Terbaru 2023, Pahami Dulu Konsekuensinya
Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen Terbaru 2023 (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Pengguna instagram bahkan terus bertambah setiap tahunnya. Kini satu orang bahkan bisa mempunyai lebih dari satu akun instagram. Namun di lain sisi, tak sedikit juga orang yang memutuskan untuk meninggalkan instagram dengan menutup dan menghapus akunnya karena berbagai alasan. Kini, "bagaimana cara menghapus akun instagram?" jadi salah satu pertanyaan yang sering dicari jawabannya di google.

Agaknya memang tak banyak orang yang tahu cara menghapus akun instagram. Apalagi dalam kurun waktu tertentu, instagram sering kali melakukan update sistem yang turut membuat cara menghapus akun instagram jadi tak sama lagi seperti dulu. Karenanya, penting untuk mengetahui cara menghapus akun instagram terbaru 2023, terutama bagi kalian yang benar-benar ingin tinggalkan instagram dan lebih fokus jalani hidup.

Lantas, bagaimana cara menghapus akun instagram terbaru 2023? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Lewat Aplikasi

Cara menghapus akun instagram permanen bisa dilakukan dengan mudah. Langkah paling simpel bisa dilakukan langsung melalui aplikasi instagram yang terpasang di HP. Berikut tata cara menghapus akun instagram lewat HP:

1. Buka aplikasi Instagram di ponsel kalian dan masuk ke akun yang ingin kalian hapus.

2. Di halaman profil, ketuk gambar profil di sudut kanan bawah layar.

3. Pada halaman profil, ketuk tiga garis di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan.

4. Di menu pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk "Bantuan", lalu pilih "Pusat Bantuan".

5. Ini akan membuka browser di dalam aplikasi, cari opsi "hapus akun" di dalam Pusat Bantuan.

6. Pilih "Bagaimana cara menghapus akun saya?" dan ketuk tautan yang disediakan.

7. Setelah mengikuti tautan, kalian akan diarahkan ke halaman dengan menu dropdown.

8. Pilih alasan mengapa ingin menghapus akun dari opsi yang tersedia.

9. Kemudian, pilih opsi "Hapus akun saya secara permanen".

10. Ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi bahwa kalian ingin menghapus akun kalian.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Browser

Cara kedua untuk menghapus akun instagram adalah dengan menghapus akun melalui website Instagram. Caranya tak kalah mudah dengan via aplikasi, langkah-langkahnya juga tidak ribet sama sekali. Berikut langkah-langkah hapus akun instagram via browser:

1. Buka browser di perangkat kalian dan kunjungi website Instagram.

2. Masuk ke akun kalian dengan menggunakan kredensial yang tepat.

3. Cari dan pilih opsi "Delete Your Account".

4. Instagram akan meminta alasan mengapa ingin menghapus akun, pilih alasan yang sesuai.

5. Masukkan kata sandi kalian saat diminta.

6. Setelah itu, akun Instagram kalian akan dihapus secara permanen.

3. Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Email

Ketiga, kalian juga bisa melakukan cara menghapus akun Instagram melalui Email. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi email kalian atau buka browser untuk mengakses email.

2. Buat email dengan subjek "Delete My Account" dan sertakan alasan mengapa ingin menghapus akun.

3. Kirim email tersebut kepada Instagram.

4. Instagram akan memproses permintaan kalian dan menghapus akun dalam waktu 30 hari.

4. Cara Menghapus Akun Instagram dengan Report

Jika kalian ingin menghapus akun Instagram yang sudah tak bisa diakses, mungkin karena lupa password atau kena hack, ada cara khusus yang bisa dilakukan. Kalian bisa menghapus akun instagram tersebut dengan melaporkannya kepada pihak Instagram. Berikut tata cara menghapus akun instagram dengan melakukan report:

1. Masuk ke akun Instagram kalian dan buka profil pengguna yang ingin kalian laporkan.

2. Klik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar untuk membuka menu opsi.

3. Pilih opsi "Laporkan" dari menu tersebut.

4. Kalian akan diberikan beberapa pilihan laporan seperti "Pencemaran nama baik atau pelecehan", "Spam atau akun palsu", dan "Kekerasan atau bahaya". Pilih opsi yang sesuai dengan alasan kalian ingin melaporkan akun tersebut.

5. Setelah memilih alasan pelaporan, berikan informasi tambahan yang diminta untuk mendukung laporan kalian. Misalnya, jika melaporkan pencemaran nama baik, berikan contoh konten yang melanggar.

6. Tekan tombol "Laporkan" untuk mengirimkan laporan kepada tim Instagram.

7. Tim Instagram akan meninjau laporan kalian dan mengambil tindakan sesuai. Jika akun melanggar kebijakan, mereka mungkin akan menghapusnya.

8. Jika tidak ada tindakan, kalian masih bisa menghubungi tim dukungan Instagram untuk menjelaskan masalah kalian secara lebih detail.

5. Konsekuensi Menghapus Akun Instagram

Setelah mengonfirmasi penghapusan akun instagram, semua foto, video, dan data lainnya akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan. Pengguna lain juga tidak akan bisa menemukan akun kalian. Jadi pastikan kalian benar-benar yakin sebelum mengambil langkah ini, karena tidak ada cara untuk mengembalikan akun yang telah dihapus secara permanen.

Namun, jika kalian hanya ingin rehat sejenak, kalian bisa menonaktifkan akun Instagram sementara lewat menu pengaturan. Dengan menonaktifkan akun Instagram, semua foto, video, dan profil akan disembunyikan dari publik, data kalian akan disimpan oleh Instagram. Akun kalian bisa diaktifkan kembali sewaktu-waktu dengan login ulang.

Itulah di antaranya beberapa cara menghapus akun instagram permanen. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending