4 Cara Mudah dan Anti Ribet Cek Nomor XL, Cepat Banget!

Rabu, 26 Juni 2019 09:57 Penulis: Editor KapanLagi.com
4 Cara Mudah dan Anti Ribet Cek Nomor XL, Cepat Banget!
Ilustrasi gambar (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Pada era saat ini, berkomunikasi menggunakan smartphone adalah hal yang sangat biasa. Untuk memperlancar komunikasi, diperlukan kartu seluler yang akan memberikan beberapa layanan kepada para penggunanya. Dengan memakai kartu seluler, kalian bisa mengakses internet dan mencari hal-hal yang terjadi di seluruh dunia. Salah satu operator seluler yang digunakan di Indonesia adalah XL. Hal yang sangat sering dialami oleh para pengguna kartu seluler adalah lupa nomor ponsel sendiri. Penyebabnya pun beragam, ada yang tidak menyimpan nomornya sendiri, kehilangan semua kontak nomor di smartphone mereka, atau bungkus kartu yang terbuang sebelum kalian mencatat nomornya.

Kalian pengguna XL? Dan pernah lupa nomor ponsel sendiri tapi bingung gimana cara cek nomornya? Kalian nggak perlu khawatir karena ada beberapa layanan yang disediakan oleh pihak XL Axiata untuk menangani masalah seperti ini.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui bagaimana cara cek nomor ponsel sendiri. Sehingga mereka cenderung untuk berganti ke nomor yang baru. Sebenarnya, ada beberapa cara cek nomor ponsel, khususnya pengguna XL, yang bisa kalian coba jika kalian lupa dengan nomor sendiri dijamin mudah dan nggak ribet. 

1.     Cara Cek Nomor Kartu XL Dengan Melakukan Missed Call Atau SMS

Cara yang pertama ini adalah cara cek nomor kartu yag sangat mudah dilakukan. Kalian hanya perlu mengirim SMS atau sekedar missed call ke nomor teman kalian. Namun, sebelum melakukannya, kalian harus pastikan bahwa nomor kalian memiliki pulsa. Setelah itu tanyakan nomor tersebut kepada teman yang menerima SMS tadi. Nah, nomor yang tertera tersebut adalah nomor ponsel kalian.

2.     Cara Cek Nomor XL Dengan Dial Up

Cara cek nomor XL yang kedua adalah dengan mendial-up nomor pada ponsel kalian masing-masing. Cara ini adalah salah satu cara cek nomor XL yang sering dilakukan. Tentu saja karena cara mendial-up nomor ini dirasa cara yang paling efektif. Mendial-up nomor sebagai cara cek nomor XL bisa dilakukan dengan dua cara lho. Di bawah ini adalah dua cara cek nomor dengan Dial Up.

1. Tekan *123#

- Buka menu panggilan kemudian tekan *123# pada layar ponsel kalian, lalu tekan Yes atau OK ataupun tombol Call.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Tunggulah beberapa saat hingga menu utama layanan XL muncul.

- Pilih opsi angka 7 atau pilihan ‘Info' pada layar kemudian pilih OK, Yes atau Send

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Pilih angka 1 atau ‘Info Kartu XL-ku' kemudian pilih OK, Yes atau Send. Tunggu sesaat hingga layar kembali memunculkan menu pilihan.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Pilih angka 2 atau ‘Detail Nomor XL Anda'.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Kemudian pilih opsi nomor 1 atau ‘Cek Profile'

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Pada menu pilihan yang muncul kamu bisa memilih 'Info Nomor' kemudian pilih OK, Yes atau Send.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Tunggu sebentar hingga layar menampilkan info tentang nomor XL yang sedang kalian gunakan.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

2. Tekan *123*7*1*2*1*1#

- Buka aplikasi Dial Up di ponsel kalian, kemudian ketik *123*7*1*2*1*1#

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

- Setelah menekan *123*7*1*2*1*1# kamu pilih tombol OK, Yes atau Send yang ada pada layar.

- Tunggu beberapa saat, kemudian layar ponsel kamu akan menampilkan info tentang nomor XL yang sedang kamu gunakan saat ini.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)

3. Cara Cek Nomor XL Dengan Aplikasi MyXL

Cara cek nomor XL yang ketiga adalah menggunakan aplikasi dari XL, yaitu aplikasi MyXL. Jika kalian menggunakan layanan aplikasi dari XL ini, kalian bukan hanya dapat mengecek nomor yang lupa. Kalian juga akan mengetahui segala informasi ataupun promo yang ditawarkan oleh XL  serta paket yang bisa kalian gunakan. Begini cara cek nomor menggunakan aplikasi MyXL.

Buka aplikasi MyXL yang sudah ada di smartphone kalian. Jika belum ada, kalian bisa install aplikasinya dari Google Play Store atau App Store.
Apabila sudah masuk, informasi nomor XL yang kamu gunakan akan muncul di bagian atas.

Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)Ilustrasi gambar (Dokumen Pribadi)


Kalian bisa memilih menu yang tersedia pada homepage aplikasi MyXL sesuai dengan informasi apa yang ingin kalian dapatkan.

4. Cara Cek Nomor XL Dengan Layanan Operator

Cara cek nomor XL lainnya adalah menggunakan layanan operator yang disediakan oleh pihak XL. Selain itu, kalian bisa menggunakan layanan operator ini kapan saja tanpa perlu khawatir nggak dapat jawaban.

Hal ini karena layanan operator dari XL beroperasi selama 24 jam. Jadi saat kalian membutuhkan bantuan di malam hari, kalian bisa mendapat jawabannya. Cara cek nomor XL dengan layanan operator ini pun nggak hanya menghubungi call center saja. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, berikut ini cara cek nomor XL dengan layanan operator seperti yang dilansir oleh Liputan6.com

1. Hubungi Call Center

Tentu saja cara paling mudah untuk menggunakan layanan operator ini dengan menghubungi call center XL. Ada dua nomor operator yang bisa kalian hubungi, yaitu 818 dan 817. 818 adalah nomor yang akan menghubungkan kalian dengan mesin penjawab otomatis. Layanan ini bebas biaya atau kata lainnya gratis. Kalian hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan suara otomatis dalam panggilan ini.

Nomor kedua call center XL yang bisa kalian hubungi adalah 817. Saat kalian menghubungi nomor ini dengan ponsel, kalian akan langsung terhubung pada bagian customer service. Sehingga kalian bisa langsung menanyakan nomor XL yang terlupakan. Dalam menggunakan jasa layanan ini kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 350.

2. Cek Nomor XL Dengan Layanan E-mail

Selain mengecek nomor XL dengan aplikasi, kalian juga bisa mengecek nomor XL dengan mengirimkan e-mail. Kalian hanya perlu menanyakan nomor XL dengan mengirimkan e-mail ke customer service, yaitu pada customerservice@xl.co.id  ataupun pada corpcomm@xl.co.id. Setelah e-mail terkirim kalian tunggu balasan dari customer service.

Nah, mudah sekali, kan? Jika kalian para pengguna kartu seluler XL kemudian lupa dengan nomornya, kalian nggak perlu panik dan cemas karena kalian bisa coba salah satu cara di atas untuk mengecek nomor yang sedang kalian gunakan. Semoga membantu.

Penulis : Ririn Sri Wasida

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI