4 Fakta Menarik dari Secangkir Cappuccino, Daily Dose Kafein yang Bikin Aktivitas Makin Semangat

Kamis, 28 Juli 2022 14:32 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Fakta Menarik dari Secangkir Cappuccino, Daily Dose Kafein yang Bikin Aktivitas Makin Semangat
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Life begins after coffee. Secangkir kopi di pagi hari akan menjadi booster untuk menjalani aktivitas seharian.

Salah satu menu yang paling disukai sebagai daily dose of caffeine adalah cappuccino. Menu kopi susu dari Italia ini mengombinasikan rasa kopi yang kuat dengan sensasi creamy dan gurih dari susu.

Pada setiap nikmatnya secangkir cappuccino, terdapat fakta menarik di dalamnya lho. Sudah pada tahu belum?

1. Hanya Disajikan Panas di Italia

Kamu pasti menemukan menu cappuccino tiap kali mendatangi coffee shop yang menyediakan menu manual brew. Cappuccino sendiri menjadi salah satu menu yang wajib ada di coffee shop.

Nggak jarang, cappuccino yang terdapat di coffee shop Indonesia bisa dipesan dalam kondisi panas atau dingin sesuai permintaan customer. Namun di negara asalnya yaitu Italia, cappuccino hanya disajikan dalam kondisi panas.

Nggak ada iced cappuccino yang bisa kamu temui di Italia. Kalaupun ada, menu tersebut merupakan variasi turunan dari cappuccino.

2. Kombinasi Sedikit Susu dan Foam Bikin Rasa Kopi Lebih Nendang

Penasaran mengapa cappuccino bisa memiliki rasa kopi yang nendang namun tetap terdapat sensasi creamy di dalamnya? Hal ini lantaran cappuccino memiliki perbedaan yang signifikan dari latte. Jika latte berfokus pada susu yang memiliki sensasi espresso, cappuccino memiliki kadar kopi yang lebih banyak dibanding susu dan milk foam.

3. Idealnya Disajikan pada Cangkir Keramik

Sudah jamak di kalangan penikmat kopi Tanah Air jika cappuccino seringkali disajikan pada cangkir plastik atau kertas terutama untuk versi on the go coffee. Namun, idealnya cappuccino disajikan pada cangkir keramik.

Cangkir keramik memiliki kemampuan menyimpan dan menghantarkan panas yang baik sehingga rasa cappuccino menjadi lebih otentik dan suhunya terjaga.

4. Menu Paling Ultimate untuk Morning Coffee

Di negara asalnya, cappuccino sering dijadikan sebagai morning coffee. Situasi serupa pun juga terdapat di Indonesia yaitu ketika para penikmat kopi pagi memesan cappuccino.

Salah satu alasan mengapa cappuccino disajikan pada pagi hari di Italia adalah lantaran cocok sebagai pengganjal perut. Kandungan kalori yang terdapat pada susu memberikan sensasi mengenyangkan di perut sehingga orang bisa langsung beraktivitas setelah mengonsumsi cappuccino.

Sulit rasanya untuk menggantikan cappuccino sebagai daily dose kafein di pagi hari. Meski begitu, tetap imbangi dengan sarapan di pagi hari dan menerapkan pola hidup sehat agar tubuh senantiasa tetap bugar ya, KLovers!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI