4 Kasus Obesitas di Indonesia yang Menyita Perhatian, Terakhir Ada Titi Wati

Rabu, 16 Januari 2019 16:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
4 Kasus Obesitas di Indonesia yang Menyita Perhatian, Terakhir Ada Titi Wati
Aria Permana & Titi Wati © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Mengonsumsi makanan cepat saji ataupun minuman yang banyak gula memang sudah seharusnya dihindari. Hal tersebut untuk menghindarkan tubuh dari kegemukan atau obesitas.

Berikut ini beberapa kisah obesitas yang terjadi di Indonesia ini. Kisah mereka bisa kamu jadikan pelajaran supaya bisa memulai gaya hidup sehat agar terhindar dari obesitas dan gangguan penyakit lainnya.

1. Aria Permana

Tahun 2016 lalu, berat badan Aria Permana mencapai 192 kg, padahal dirinya masih berumur 10 tahun. Akibatnya, Aria sampai kesulitan untuk melakukan aktivitas karena badannya yang terlampau berat.

Beruntung, ada banyak orang baik yang membantunya. Salah satunya adalah Ade Rai yang benar-benar memberikan support kepadanya. Pada bulan April 2017 lalu, dirinya menjalani operasi lambung untuk mengurangi berat badannya.

Setelah rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, kini berat badan Aria turun hingga 90 kg, way to go!

2. Rizki Rahmat Ramadhan

Rizki yang berasal dari Palembang masih berusia 11 tahun, namun berat badannya melambung hingga 119 kilogram! Bocah ini pun mengalami beberapa gangguan kesehatan karena berat badannya tersebut.

Bahkan Rizki sempat mengalami koma akibat obesitas yang dideritanya. Tim ICU Rumah Sakit sampai harus menggunakan mesin ventilator untuk membuat Rizki tetap terjaga.

Kini, kondisi Rizki sudah lebih baik. Dirinya memang masih gemuk, namun sudah tak segemuk saat dirinya masuk ke rumah sakit. Rizki sendiri masih diwajibkan untuk kontrol tiap bulan demi memeriksakan kesehatannya.

3. Silvia Dwi Susanti

Silvia masih berusia 15 tahun ketika berat badannya sudah mencapai 179 kg. Karena obesitas yang dideritanya, Silvia pun sampai putus sekolah karena malu dengan berat badannya.

Dirinya pun dirujuk ke Rumah Sakit Soegiri Lamongan untuk mendapatkan penanganan dari tim medis. Setelah memakan makanan sehat dan berolahraga, kini dirinya bisa menurunkan berat badan sebanyak 25 kg.

4. Titi Wati

Sosoknya sedang ramai dibicarakan karena bobotnya yang mencapai 350 kg. Pola makan yang gila-gilaan diakuinya sebagai masalah utama obesitas yang diderita olehnya.

Titi memang hanya makan nasi 2 kali sehari. Namun dirinya juga sering mengonsumsi camilan seperti bakso, es maupun gorengan setiap harinya. 6 tahun mengonsumsi makanan dengan tak terkendali membuat berat badannya melonjak.

Dirinya pun akhirnya dievakuasi ke Rumah Sakit Dorrys Sylvanus Palangkaraya. Titi akan mendapatkan operasi pengikatan lambung dan dokter akan mengupayakan hidup sehat dengan olahraga teratur dan menyantap makanan sehat.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI