4 Tips Belanja Aneka Kebutuhan Pokok Secara Online, Cukup di Rumah dan Anti Ribet

Jum'at, 20 Agustus 2021 08:30 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Tips Belanja Aneka Kebutuhan Pokok Secara Online, Cukup di Rumah dan Anti Ribet
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Pandemi yang menghantui seluruh dunia sejak tahun lalu sukses menciptakan kebiasaan baru di tengah masyarakat. Membatasi mobilitas memang menjadi langkah krusial dalam mencegah penularan virus Corona. Hal ini pun berakibat pada mobilitas harian yang serba terbatas. Jangankan untuk berlibur atau hangout bareng sahabat, sekadar untuk berbelanja kebutuhan pokok pun juga menjadi kurang leluasa.

Tentu saja hal ini bikin semua pihak memutar otak mengingat banyak hal yang harus dilakukan di luar rumah, salah satunya belanja kebutuhan pokok. Meski begitu, tetap ada cara simpel buat berbelanja tanpa harus keluar rumah cukup berbekal smartphone dan via online.

Berbeda dengan belanja produk fashion atau produk lainnya, membeli kebutuhan pokok via online juga ada tipsnya loh. Apa saja?

Bikin List Belanja Mingguan dan Bulanan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Memasuki minggu pertama setelah gajian, saatnya bikin daftar kebutuhan yang akan dibeli. Hal ini terlihat simpel sih, tapi nggak boleh diremehkan sebab list belanja membantu banget tentang apa saja yang perlu untuk dibeli. Memisahkan barang berdasarkan kegunaan selama seminggu dan sebulan juga sangat membantu. Misalnya membeli minyak goreng 1L untuk sebulan ke depan, dan 1/2 kilogram telur untuk 2 minggu ke depan.

List belanja juga punya banyak manfaat. Selain mengukur perkiraan jumlah pengeluaran, list belanja juga mencegahkan diri dari lupa akan barang yang ingin dibeli.

Sesuaikan Total Kebutuhan dengan Jumlah Pembelian Barang

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Pernahkah kamu membeli sayur dalam jumlah banyak dan berujung mubazir karena nggak sempat diolah? Jika pernah, saatnya menghitung kembali jumlah kebutuhan total dengan pembelian barang.

Perhitungan sederhana juga perlu dilakukan untuk menyeimbangkan total kebutuhan dengan jumlah barang yang akan dibeli. Jadi nggak ada barang yang mubazir, sekaligus nggak over budget.

Tekan Budget dengan Belanja di Pedagang Pasar Tradisional

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sudah jadi rahasia umum jika harga aneka kebutuhan pokok seperti sayuran, buah, dan beraneka macam bahan makanan memiliki harga yang jauh lebih murah di pasar tradisional. Maka nggak heran jika pasar tradisional banyak diserbu masyarakat.

Meski kini pembatasan sosial membuat situasi semakin sulit untuk belanja di pasar, sudah banyak pedagang pasar yang berinovasi dengan memberikan transaksi online via aplikasi chat. Jadi, bukan nggak mungkin untuk tetap berbelanja kebutuhan di pasar tanpa harus keluar rumah.

Belanja Aneka Kebutuhan Pokok di Platform yang Terpercaya

(c) BRI(c) BRI

Inovasi yang dilakukan oleh para pedagang pasar juga semakin memudahkan transaksi kebutuhan pokok. Seperti aplikasi pasar.id yang menjadi platform terpercaya dalam mempertemukan pelanggan dan pedagang pasar tradisional. Aplikasi yang digagas oleh BRI ini juga turut menggerakkan ekonomi para pedagang dengan layanan belanja online yang ditawarkan.

Pembeli cukup membuka aplikasi ini di smartphone, kemudian cari nama pasar dan barang yang akan dibeli. Setelah itu akan muncul nama pedagang serta nomor WhatsApp yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Setelah transaksi dan pembayaran selesai dilakukan, kurir akan mengantar barang belanjaan langsung di depan rumah.

Mudah banget kan? Rasakan langsung mudahnya mendapatkan aneka kebutuhan pokok sekaligus menggerakkan ekonomi lokal di masa pandemi ini. Untuk info lengkapnya, langsung saja klik di sini ya.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI