112 Kata-Kata Mahasiswa yang Keren, Bikin Semangat

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

112 Kata-Kata Mahasiswa yang Keren, Bikin Semangat
Kata-kata mahasiswa (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Masa pendidikan adalah masa yang paling menyenangkan, di mana kita bertemu dengan banyak teman dan memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman tersebut. Terutama saat kita yang menjalani pendidikan pada masa kuliah, masa di mana kita bisa berhubungan dengan luar dan berorganisasi dengan baik. Bagi kalian yang sedang kuliah, maka ada banyak sekali kata-kata mahasiswa yang keren dan bisa bikin semangat.

Mahasiswa dikenal sebagai sosok yang memiliki semangat dan ambisi tinggi. Banyak pemikiran kritis yang lahir di level ini. Mahasiswa juga dianggap sudah dewasa untuk menghadapi banyak hal. Maka tak jarang perannya dilibatkan dalam berbagai keperluan publik. Ada beberapa cara yang dilakukan para mahasiswa untuk mengutarakan aspirasinya. Mulai turun ke jalan hingga ikut debat dan diskusi kebangsaan.

Nah, bagi kalian yang baru saja menjalankan peran sebagai mahasiswa, maka kata-kata mahasiswa berikut ini akan membakar semangat kalian. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah kata-kata mahasiswa yang keren dan bikin semangat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Mahasiswa yang Keren

Inilah kata-kata mahasiswa yang keren dan bisa meningkatkan semangat kalian. Berikut ini kata-kata mahasiswa tersebut:

1. "Ingatlah kehidupan kampus dengan terus mengasah. Jangan habiskan waktumu untuk berkeluh kesah." - Najwa Shihab

2. "Jadilah mahasiswa cerdas yang mengikuti setiap pergerakan berdasarkan pertimbangan maslahat dan mudaratnya untuk kepentingan bangsa."

3. "Bukan kehidupan kampus yang menjadi lebih mudah, akan tetapi engkau yang tumbuh menjadi lebih kuat dan perkasa karena ditempa dalam organisasi."

4. "Segala hal yang baik pasti datang untuk mahasiswa yang sedang menunggu. Akan tetapi, hal yang lebih baik tentunya akan datang kepada mahasiswa yang bergerak untuk mendapatkannya, dan jadilah seperti itu."

5. "Jangan sepelekan suara mahasiswa. Kami ada untuk mengawal demokrasi supaya berjalan dengan semestinya."

6. "Mahasiswa adalah garda yang kuat dalam menyampaikan pikiran rakyat."

7. "Masa-masa bangku kuliah melahirkan sejarah dan pemimpin-pemimpin negeri."

8. "Meski banyak yang bilang masa SMA adalah yang terbaik, namun masa kuliah tidak akan pernah tergantikan."

9. "Kemarin aku menjadi pintar, aku ingin mengubah dunia. Hari ini, aku menjadi lebih bijak. Aku ingin mengubah diriku sendiri."

10. "Terkadang keberhasilan sudah berada di depan mata, saat hati dan pikiran ingin menyerah."

11. "Apabila melakukan sesuatu, maka tekunlah dan bersungguh-sungguhlah. Apa pun hasilnya jangan lupa untuk tetap bersyukur."

12. "Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini."

13. "Ketika kamu menetapkan pikiran untuk mencapai sesuatu, kamu harus memberi kesempatan dirimu sendiri untuk menyelesaikannya."

14. "Kebahagiaan mahasiswa datang di saat mereka dapat melalui banyak hal secara bersama."

15. "Ada banyak pengalaman baik yang bisa didapatkan selagi menjadi mahasiswa. Jangan kau sia-siakan."

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Mahasiswa yang Keren

Inilah kata-kata mahasiswa yang keren dan bisa meningkatkan semangat kalian. Berikut ini kata-kata mahasiswa tersebut:

16. "Perjuangan bersama teman-teman aktivis ibarat mengendarai sepeda secara bersama-sama. Agar tetap seimbang, maka kalian harus terus mengayuhnya hingga mencapai tujuan akhir."

17. "Kemarin aku menjadi pintar, aku ingin mengubah dunia. Hari ini, aku menjadi lebih bijak. Aku ingin mengubah diriku sendiri."

18. "Jangan kau penjarakan ucapanmu. Jika kau menghamba pada ketakutan, kita akan memperpanjang barisan perbudakan." - Wiji Tukul

19. "Ilmu jangan jadi objek hafalan. Ilmu itu untuk memahami dan menuntaskan persoalan." - Najwa Shihab

20. "Maju tak gentar membela yang benar. Semangat pemuda harus selalu ada untuk seluruh pergerakan pemuda dan mahasiswa di Indonesia."

21. "Menjadi mahasiswa tidaklah mudah, namun semua bisa dilalui oleh mereka yang semangatnya yang tak akan goyah."

22. "Waktu kuliah masuk, pengen libur. Waktu dosen nggak masuk, ngerasa bayar kuliah sia-sia. Dasar mahasiswa!"

23. "Tips aman di perkuliahan. Di kelas, temukanlah mana mahasiswa berambisi. Jangan lupa ajak satu kelompok."

24. "Skripsi tidak akan selesai apabila kamu hanya memikirkannya. Ayo take action. Jangan menjadi pemalas dan penakut karena ada harapan besar orangtua di atas pundakmu."

25. "Saya tahu jika saya gagal, saya tidak akan pernah menyesalinya. Tetapi saya tahu satu hal yang mungkin saya sesali adalah, tidak pernah mencobanya." - Jeff Bezos

26. "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh seorang pemuda" - Tan Malaka

27. "Kau tidak boleh melanggar hukum. Kau adalah seorang mahasiswa, bukan mafia." - Pia Devina

28. "Apabila kamu sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang. Jadilah orang yang konsisten. Itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya." - BJ Habibie

29. "Kalau masalah harta, lihat ke bawah. Masalah kesuksesan lihatlah ke atas. Tapi kalau masalah UTS, lihatlah ke samping."

30. "Anak kost belajar sifat adil itu ketika disuruh membagi hasil rebusan mie lebih dari dua bungkus yang dimasak di satu wajan."

 

3. Kata-Kata Mahasiswa yang Keren

Inilah kata-kata mahasiswa yang keren dan bisa meningkatkan semangat kalian. Berikut ini kata-kata mahasiswa tersebut:

31. "Tidak ada yang salah dengan mahasiswa yang aktif berpolitik. Justru seorang mahasiswa yang berpolitik adalah mereka yang memiliki daya pikir kritis dan aktif dalam setiap penanganan permasalahan yang terjadi terhadap bangsa ini."

32. "Menjadi mahasiswa aktivis adalah pilihan buat kamu yang ingin berpolitik setelah lulus. Tetapi, lebih dari itu, kamu yang aktif di organisasi adalah sosok yang memiliki nilai lebih terhadap seni manajemen hidup."

33. "Mahasiswa terbaik adalah mereka yang membawa perubahan positif bagi sekitarnya."

34. "Jangan takut dengan penguasa. Tapi, takutlah akan hidup sebagai mahasiswa yang tidak bisa apa-apa dan tidak bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara."

35. "Perjuangan mahasiswa aktivis bukan hanya proses penderitaan menuju tujuan, apalagi mendapatkan pujian. Akan tetapi, adalah suatu proses untuk memantaskan diri demi meraih tujuan mulia."

36. "Yang di ospek mahasiswa baru, yang heboh mahasiswa abadi."

37. "Sedih itu saat tanggal tua dan kelaparan, tapi saat bikin mie dan tinggal disaring, mie nya jatuh."

38. "Saat dosen tanya kenapa kamu titip absen. Jawab aja: karena semua yang ada di dunia ini hanya titipan"

39. "Kalau mimpimu belum tercapai, jangan pernah mengubah mimpinya, tapi ubahlah strateginya." - Merry Riana

40. "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan. Tanpa pendidikan, Indonesia tidak akan mungkin bisa bertahan ."- Najwa Shihab

41. "Beristirahatlah saat kau merasa lelah. Segarkan dan perbarui dirimu, tubuhmu, serta semangatmu. Lalu kembalilah bekerja." - Ralph Marston

42. "Persiapan terbaik agar bisa bekerja dengan baik esok hari adalah dengan bekerja dengan baik hari ini." - Elbert Hubbard

43. "Kendalikan nasibmu, atau orang lain yang akan melakukannya." - Jack Welch

44. "Bersabarlah menghadapi ujian. Karena dalam sabar itu Tuhan sedang meninggikan derajatmu."

45. "Pejuang skripsi itu bukan siapa yang paling pintar, tapi siapa yang paling berusaha. Sama seperti halnya pejuang akad, bukan siapa yang paling kaya melainkan siapa yang paling siap."

 

4. Kata-Kata Keren Mahasiswa Aktivis

Selain kuliah, mahasiswa aktivis biasanya cukup aktif berperan di ruang publik atau ikut serta dalam gerakan tertentu yang memperjuangkan hak-hak masyarakat. Sebab itulah berikut ini ada kata-kata keren mahasiswa aktivis bisa kalian jadikan pelajaran positif dan berharga.

46. "Buat apa wilayah seluas Sabang sampai Merauke, jika pemudanya kehilangan idealisme?" - Najwa Shihab

47. "Pemuda dan mahasiswa masihkah membisu apatis lihat kondisi bangsa? Kalian pikir akan jomblo terus, ingat anak cucumu yang rasakan dampaknya nanti."

48. "Kita jangan mewarisi abunya sumpah pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda." - Soekarno

49. "Apabila engkau berpikir untuk bangkit, bisa jadi engkau akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan. Bergerak bersama mencapai tujuan adalah satu di antara filosofi mahasiswa terbaik."

50. "Mahasiswa aktivis selalu menghadapi masalah dengan solusi terbaik."

51. "Maju tak gentar membela yang benar. Semangat pemuda harus selalu ada untuk seluruh pergerakan pemuda dan mahasiswa di Indonesia."

52. "Hidup mahasiswa. Kami adalah pengawal reformasi yang setia bersama NKRI."

53. "Ingatlah hai para mahasiswa aktivis! Semua akan terlihat tidak mungkin sampai kalian selesai melakukannya."

54. "Jangan gentar dan jangan takut! Sedikit pemuda dapat membuat perubahan." - Pandji Pragiwaksono

55. "Tidak ada yang salah dengan mahasiswa yang aktif berpolitik. Justru seorang mahasiswa yang berpolitik adalah mereka yang memiliki daya pikir kritis dan aktif dalam setiap penanganan permasalahan yang terjadi terhadap bangsa ini."

56. "Mahasiswa adalah pelindung masyarakat yang turun ke jalan memperjuangkan aspirasi bersama."

57. "Pemuda merupakan agen perubahan. Tak melulu soal diplomasi politik, membangun hubungan baik dengan negara lain bisa juga melalui peran pemuda-pemudinya."

 

5. Kata-Kata Keren Mahasiswa Bijak

Sejumlah kata-kata keren mahasiswa di bawah ini mengandung makna mendalam yang dapat bangkitkan semangat belajar kalian. Sehingga dengan kata-kata keren mahasiswa bisa memotivasimu memanfaatkan waktu dan kesempatan sebijak mungkin di bangku kuliah.

58. "Tidak ada kekayaan seperti pengetahuan, tidak ada kemiskinan seperti ketidaktahuan."

59. "Bersyukurlah karena bisa kuliah, sebab banyak orang-orang yang tidak bisa kuliah padahal sangat membutuhkannya."

60. "Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga". - Abraham H. Maslow

61. "Investasi dalam pengetahuan menghasilkan bunga terbaik." - Benjamin Franklin

62. "Pendidikan adalah kehidupan karena dengannya, hidup akan lebih bermakna."

63. "Perjalanan mahasiswa dalam mencapai kelulusan sangatlah lama, namun tidak akan terasa, sebab banyak ujian dan kegembiraan saat perkuliahan."

64. "Pengetahuan adalah kekuatan. Informasi membebaskan. Pendidikan adalah premis kemajuan, di setiap masyarakat, di setiap keluarga." - Kofi Annan

65. "Perilaku manusia mengalir dari tiga sumber utama: keinginan, emosi, dan pengetahuan." - Plato

66. "Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita." - John F. Kennedy

67. "Ilmu tanpa amal adalah omong kosong. Amal tanpa ilmu adalah kesesatan."

68. "Saat engkau telah berhasil mencapai tujuan, maka engkau akan merasakan dan mengerti betapa indahnya kata perjuangan dan pengorbanan."

69. "Pendidikan memang tidak menjamin sukses, apalagi kalau tidak berpendidikan."

70. "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan." - Najwa Shihab

71. "Tujuan utama pendidikan bukanlah pengetahuan, tetapi tindakan."

72. "Menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan utama sebuah pendidikan."

73. "Pendidikan terutama terdiri dari apa yang tidak kita pelajari." - Mark Twain

74. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia."- Nelson Mandela

 

6. Kata-Kata Keren Mahasiswa Menginspirasi

Adapun kata-kata keren mahasiswa di bawah ini bisa dijadikan inspirasi yang dapat memberi energi positif buat kalian. Terlebih kata-kata tersebut bisa membuatmu makin fokus pada tujuan kuliah. Berikut ulasannya tentang kata-kata keren mahasiswa yang menginspirasi.

75. "Buang pikiran yang menghalangi, lanjutkan langkah untuk meraih mimpi."

76. "Jangan takut bertemu kegagalan karena keberhasilan menunggumu di masa depan."

77. "Jangan menunggu kesempatan datang padamu. Ciptakanlah."

78. "Makin sulit sebuah perjuangan, makin indahlah suatu kemenangan."

79. "Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan."

80. "Sukses hanya bisa diraih melalui gigih belajar, kerja keras, dan doa yang ikhlas. Bukan hanya dengan lamunan."

81. "Hargai setiap hal-hal kecil yang terdekat dengan hati Anda. Rangkulah mereka seperti sama berharganya dengan hidup Anda, karena tanpa mereka hidup adalah sia-sia."

82. "Hiduplah seakan-akan kamu akan mati besok. Belajarlah seakan-akan kamu akan hidup selamanya." - Mahatma Gandhi

83. "Teruslah bergerak meski perlahan. Dengan begitu masa depan akan lebih mudah untuk didapatkan."

84. "Tidak ada salahnya jika engkau memiliki impian, cita-cita, harapan, dan mimpi yang tinggi. Selagi engkau bisa berjuang, punya semangat dan tidak kenal lelah, maka jadilah yang terbaik."

85. "Masa depan cerah sudah menunggumu. Jangan sia-siakan waktu."

86. "Sebuah permata tidak akan dapat dipoles tanpa gesekan, demikian juga seseorang tidak akan menjadi sukses tanpa tantangan."

87. "Untuk menjadi yang terbaik, kau harus bisa mengatasi yang terburuk." - Wilson Kanadi

88. "Kunci kesuksesan adalah fokus pada tujuan, bukan hambatan."

89. "Satu perubahan baik akan membuat masa depan menjadi lebih cerah."

90. "Sesulit apa pun rintangan untuk wisuda, jika sudah berusaha pasti akan tercapai. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil."

91. "Saat engkau telah berhasil mencapai tujuan, maka engkau akan merasakan dan mengerti betapa indahnya kata perjuangan dan pengorbanan."

92. "Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri, dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi sombong."

93. "Sukses bukanlah final, kegagalan tak terlalu fatal. Keberanian untuk melanjutkannya, yang lebih penting." - Winston S. Churchill

94. "Setiap fase yang kamu jalani harus bisa mendatangkan pelajaran untuk naik ke fase berikutnya." - Merry Riana

 

7. Kata-Kata Keren Mahasiswa Akhir

Kata-kata keren mahasiswa tingkat akhir di bawah ini mengandung pesan penyemangat buat kalian di tengah proses mengerjakan skripsi. Sebab itulah dengan kata-kata di bawah ini bisa jadi motivasi untuk fokus pada tujuan menuju wisuda. Berikut ulasannya tentang kata-kata keren mahasiswa tingkat akhir.

95. "Tidak ada rahasia berhasil dalam sidang skripsi, berhasil itu karena telah dipersiapkan dengan matang dan berani melangkah maju."

96. "Pejuang lulus tepat waktu haruslah semangat dalam kondisi apa pun."

97. "Makin kamu berjuang, maka makin ringan pula rintangan yang kamu hadapin. Walau, sebenarnya rintangan itu berat di mata orang lain."

98. "Mahasiswa tingkat akhir tidak perlu berkeluh kesah. Itu hanya akan memperlambat proses. Lebih baik bangkit dan kejar cita-cita hingga wisuda tahun ini tepat waktu."

99. "Wisuda tidak hanya diraih dengan kepintaran akademis, melainkan juga dengan semangat."

100. "Kejarlah sarjanamu, meski skripsi menghadangmu."

101. "Cobalah untuk tidak meremehkan perihal skripsi, seriuskan dan segeralah lulus."

102. "Tidak usah ada kata lelah, kita berjuang ini demi membesarkan nama keluarga dan memberikan kehidupan yang lebih baik untuk mereka."

103. "Saat engkau telah berhasil mencapai tujuan, maka engkau akan merasakan dan mengerti betapa indahnya kata perjuangan dan pengorbanan."

104. "Karena sejatinya semangat juangmu tidak akan pernah padam jika tidak ada kata menyerah yang keluar dari mulutmu."

105. "Teruntuk dirimu yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi, jangan pernah ada kata nanti."

106. "Jangan jadikan skripsi menjadi hantu di akhir semestermu."

107. "Butuh sebuah semangat juang tinggi untuk lulus tepat waktu."

108. "Berhenti di tengah jalan adalah kesia-siaan. Ayo mahasiswa, segera tuntaskan kewajiban kalian!"

109. "Teruslah bergerak meski perlahan. Dengan begitu masa depan akan lebih mudah untuk didapatkan."

110. "Orang yang tidak ingin berjuang menyelesaikan studinya, adalah orang-orang yang gagal."

111. "Jangan pernah menyerah atas impianmu. Impian memberikan tujuan hidup. Ingatlah, sukses bukan kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah kunci untuk sukses."

112. "Wisuda adalah impian setiap mahasiswa. Namun, kita perlu berjuang semester demi semester untuk mewujudkannya. Jangan pernah mengeluh."

Itulah kata-kata mahasiswa yang keren dan bikin semangat. Semoga dengan kata-kata mahasiswa yang bijak tersebut, bisa membuat kalian lebih banyak menghabiskan waktu bermanfaat sebagai mahasiswa.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending