48 Kata-Kata Motivasi Bahasa Jawa dengan Artinya, Penuh Makna dan Bisa Bangkitkan Semangat Hidup

Jum'at, 12 Maret 2021 11:22
48 Kata-Kata Motivasi Bahasa Jawa dengan Artinya, Penuh Makna dan Bisa Bangkitkan Semangat Hidup
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Dalam menjalani kehidupan berbagai masalah seringkali datang silih berganti. Alhasil, hidup jadi terasa lebih sulit. Untuk bisa bertahan dan melanjutkan hidup, seseorang harus mempunyai motivasi. Ada banyak cara untuk membangkitkan motivasi dalam diri. Salah satu caranya bisa dengan membaca dan memahami kata-kata motivasi bahasa Jawa.

Ya, kata-kata motivasi memang tidak pernah gagal dalam memantik semangat hidup. Begitu pula dengan kata-kata motivasi bahasa Jawa yang banyak menyimpan petuah dan nasihat bijak untuk kehidupan. Kalimat motivasi berbahasa Jawa akan membawa kalian pada hidup yang lebih bergairah, kuat, dan mandiri. Sehingga, apapun tantangan dan masalah hidup yang datang menghampiri bisa diatasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kata-kata motivasi bahasa Jawa yang bisa jadi inspirasi dalam menghadapi masalah.

 

1. Kata Motivasi Bahasa Jawa untuk Menjalani Hidup

Motivasi jadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam hidup. Dengan motivasi, hidup akan lebih terasa indah dan mudah dijalani. Sesulit apapun masalah menghadang, kita akan merasa kuat dan yakin untuk menaklukkannya. Berikut beberapa kata-kata motivasi bahasa Jawa untuk menjalani hidup.

1. "Seng nandur bakale ngunduh." (Yang berbuat akan mendapatkan hasilnya).

2. "Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurananig pati." (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat).

3. "Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup).

4. "Alon-alon asal kelakon." (Pelan-pelan yang penting tercapai).

5. "Nanging ora teges gampang pepes kentekan pangarep arep." (Bukan berarti putus asa ketika kehabisan harapan karena harapan selalu ada).

6. "Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa." (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa).

8. "Eling lan waspada, sadar lan sabar, setiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh." (Ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, ikhlas dan tenang).

9. "Mending kelangan timbang ati tansah kelaran." (Lebih baik kehilangan dari pada sakit hati terus menerus).

10. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg." (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti).

11. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu biar baik nasibmu).

12. Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu." (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan).

13. "Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja." (Jangan jadi pengecut seperti kotoran hidung yang hanya bisa bersembunyi di bawah meja).

14. "Basa iku busananing bangsa." (Budi pekerti seseorang bisa terlihat dari tutur kata yang diucapkannya).

 

2. Kata-Kata Motivasi Bahasa Jawa Bangkitkan Semangat

Adanya motivasi dalam diri berfungsi untuk membangkitkan semangat dalam melakukan apapun dalam hidup. Tanpa semangat, rasa bosan hingga ingin menyerah bisa muncul sewaktu-waktu. Berikut beberapa kata motivasi bahasa Jawa yang bisa bangkitkan motivasi.

15. "Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan." (Niat bekerja bukan untuk nyari perkara. Niat mencari rezeki, bukan hanya cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan).

16. "Ra ono wong mulyo tanpo urip rekoso." (Tidak ada orang yang hidup sukses tanpa kerja keras).

17. "Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe." (Orang yang menan adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri).

18. "Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan).

19. "Wong pinter kalah karo wong beja." (Orang pintar kalah dengan orang beruntung).

20. "Ra usah kakean cangkem, sing penting kui buktine." (Tidak usah banyak mulut, yang penting itu buktinya).

21. "Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu).

22. "Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati." (Harus Semangat Walau Tidak Ada yang Kasih Semangat).

23. "Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait." (Hidup itu bagaikan secangkir kopi, Jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasakan hanyalah pahit).

24. "Yen kabih wis ginaris nyata, aja nganti ana ati sing rumangsa sengsara narima pacoba." (Jika semua sudah menjadi ketentuan Tuhan, jangan ada lagi hati yang merasa sedih disaat menerima cobaan).

 

3. Kata Motivasi Bahasa Jawa Penuh Makna

Kata-kata motivasi berbahasa Jawa tidak saja bisa membangkitkan semangat dalam diri. Lebih dari itu, kata-kata ini juga menyimpan makna yang mendalam. Makna-makna tersebut berguna sebagai pelajaran hidup berharga. Berikut beberapa kata-kata motivasi bahasa Jawa penuh makna.

25. "Pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak, pedang lan keris, pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri." (Pusaka yang paling sakti bukanlah tombak, pedang atau keris, tapi terletak dalam diri sendiri).

26. "Alam iki sejatining Guru." (Alam adalah guru yang sejati).

27. "Ambeg utomo, andhap asor." (Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati).

28. "Beras kui bakale soko pari, kandas kui asale soko ngapusi." (Beras itu ada dari padi, putus cinta ada dari sebuah kebohongan).

29. "Sing lunga lalekna, sing durung teko entenana, sing wis ana syukurana." (Yang sudah pergi relakanlah, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah).

30. "Akeh manungsa ngerasaaken tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresna." (Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa dan tidak mengenal hakikat cinta sebenarnya).

31. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Di dalam kehidupan, manusia itu sebenarnya hanya akan memetik hasil atas apa yang ia perbuat sendiri).

32. "Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan." (Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi).

33. "Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi." (Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tetapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi).

34. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe". (Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu).

35. "Nek Wes Onok Sukurono, Nek Durung Teko Entenono, Nek Wes Lungo Lalekno, Nek Ilang Iklasno." (Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan).

4. Kata-Kata Motivasi Bahasa Jawa Islami

Pepatah bahasa Jawa sangat mengedepankan spiritualitas. Oleh karena itu, beberapa kata-kata motivasi berbahasa Jawa juga mempunyai unsur ketuhanan di dalamnya. Seperti beberapa kata-kata motivasi bahasa Jawa yang Islami berikut ini.

36. "Gusti Allah mboten sare." (Allah tidak tidur).

37. "Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing nyipta'aken manungsa!" (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia).

38. "Gusti Allah paring pitedah iso lewat bungah, iso lewat susah." (Allah memberikan petunjuk bisa melalui rasa bahagia, bisa juga dari rasa susah).

39. "Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun." (Tuhan akan memeberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran).

40. "Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan." (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran).

41. "Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan." (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan).

42. "Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran." (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan).

43. "Yen kabih wis ginaris nyata, aja nganti ana ati sing rumangsa sengsara narima pacoba." (Jika semua sudah menjadi ketentuan Tuhan, jangan ada lagi hati yang merasa sedih disaat menerima cobaan).

44. "Mohon, mangesthi, mangastuti, marem." (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama).

45. "Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo." (Mulailah untuk bertindak sebisamu, baru akhirnya serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Esa).

46. "Urip kang utama, mateni kang sempurna." (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya).

47. "Ojo mabuk bondo, opo meneh mabuk dunyo, uripmu rekoso." (Jangan tergila gila dengan harta, apa lagi mabuk kekuasaan dunia, hidupmu sengsara).

48. "Natas, nitis, netes." (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali).

Itulah di antaranya 48 kata-kata motivasi bahasa Jawa yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi.

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI