5 ‘Ritual’ Wajib Saat Menyambut Gaji Pertama, dari Traktiran Sampai Belanja Online Barang Impian

Rabu, 26 Mei 2021 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
5 ‘Ritual’ Wajib Saat Menyambut Gaji Pertama, dari Traktiran Sampai Belanja Online Barang Impian
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Campur aduk rasanya saat masuk ke dunia kerja yang baru. Berbagai adaptasi jelas dilakukan demi bisa survive di lingkungan kerja yang baru. Kerja keras dan rasa lelahmu akhirnya terbayar tuntas ketika akhirnya menerima transferan gaji pertama. Biar makin afdol, 5 ‘ritual' wajib ini penting dilakukan. Apa saja?

Traktir Teman

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

“Asyik gaji pertama, traktir dong!” Celetukan ini biasa terdengar di lingkungan pergaulan terdekatmu. Tak sedikit yang menganggapnya bahan candaan, tapi ada juga yang menganggapnya serius sebagai ungkapan syukur atas rezeki yang didapat.

Boleh-boleh saja berbagi kebahagiaan bersama para sahabat yang selama ini jadi tempat curhatmu. Tapi sebaiknya jangan sampai menghamburkan terlalu banyak uang di momen traktiran, karena kamu pun masih punya banyak kebutuhan yang lebih penting. Cukup undang teman-teman terdekat atau gelar party kecil-kecilan di rumah, sehingga tetap bisa mengendalikan pengeluaranmu.

Memberikan Hadiah pada Orangtua

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Pekerjaan bisa jadi berkah yang diterima, atas jawaban dari doa yang dipanjatkan oleh orangtuamu. Setelah mendapatkan gaji pertama, nggak ada salahnya membahagiakan keluarga yang selalu memberikan support dan semangat.

Caranya bisa macam-macam, mulai dari memberikan hadiah, membelikan barang yang memang sedang dibutuhkan, membawakan makanan favorit, atau mengajak bepergian. Rela gajimu berkurang asal bisa bikin orangtua senang!

Bayar Cicilan atau Hutang

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau punya cicilan atau hutang, sebaiknya gunakan gaji pertamamu untuk membayarnya. Jangan sampai lupa atau mendadak amnesia, bagaimanapun ini kewajibanmu pada orang-orang yang meminjamimu uang atau memberikan pinjaman. Anggap saja ini langkah awalmu untuk bisa segera merdeka secara finansial, juga bebas dari beban psikologis ditagih oleh orang-orang ingin uangnya cepat dikembalikan.

Sedekah

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Di setiap agama, diajarkan untuk berbuat kebaikan bagi sesama, terutama mereka yang sedang kekurangan. Nggak harus menunggu untuk masuk barisan Crazy Rich untuk mulai bersedekah, lakukan dengan menyumbangkan Sebagian rezeki yang didapat dalam bentuk gaji pertama. Bisa disumbangkan ke tempat ibadah atau manfaatka aplikasi donasi online yang terpercaya. Percaya deh, balasan yang berlipat ganda akan menghampirimu, cepat atau lambat.

Self Reward

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Selain ‘ritual' di atas, nggak ada salahnya memberikan hadiah pada diri sendiri atas kerja keras selama sebulan ini. Layaknya tepukan di punggungmu, gunakan gaji pertamamu untuk membeli barang-barang yang sudah lama diincar. Mulai dari tas kerja, fashion terbaru, ganti gadget paling gress, hingga beragam brand skincare andalanmu.

Takut gajimu bakal habis? Tenang, ada Daebak Payday Sale yang bakal memanjakanmu dengan beragam pilihan produk skincare terbaik. Bukan hanya yang asli Korea saja, tapi juga berbagai brand top tanah air, hanya di iStyle.id. manfaatkan Daebak Special Voucher mulai dari voucher diskon, potongan ongkos kirim, Super Cashback, hingga Daily Rewards. Jangan ketinggalan juga berbagai diskon menarik untuk produk incaranmu. Yuk, segera download iStyle.id yang kini tersedia di App Store dan Play Store!

 

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI