5 Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri Menurut Primbon Jawa, Pertanda Baik atau Buruk?

Diterbitkan:

5 Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri Menurut Primbon Jawa, Pertanda Baik atau Buruk?
Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Kedutan bisa jadi satu fenomena yang dialami siapa saja. Kedutan juga bisa terjadi di bagian tubuh manapun termasuk telapak kaki kiri. Menurut primbon, ada makna dari kedutan di telapak kaki kiri. Bagi mereka yang masih percaya, diyakini bahwa kedutan di telapak kaki kiri bisa menjadi isyarat baik atau buruk dari kejadian yang bakal terjadi dalam hidup mendatang.

Meski tidak didasarkan pada logika atau ilmu yang kuat, kepercayaan terkait kedutan ini tetap dipercaya sampai sekarang. Bahkan, kini arti kedutan di telapak kaki sudah seolah menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Jawa. Lantas, seperti apa penjelasan arti kedutan di telapak kaki kiri? Daripada penasarannya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Primbon Arti Kedutan Telapak Kaki KiriĀ 

Dalam pandangan primbon, kedutan pada telapak kaki kiri dianggap sebagai pertanda akan ada tamu yang datang ke rumah. Tamu tersebut bisa saja membawa kabar baik atau buruk, tergantung dari bagaimana kedutan tersebut dirasakan. Jika terasa nyeri atau tidak nyaman, maka tamu yang datang mungkin membawa berita yang kurang menyenangkan. Namun, jika terasa ringan atau tidak terganggu, tamu yang datang mungkin membawa kabar yang menggembirakan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri Bagian Tengah

Menurut keyakinan yang beredar, kedutan pada kaki kiri bagian tengah bisa dianggap sebagai pertanda keberuntungan atau sesuatu yang baik akan datang. Ini bisa menandakan bahwa ada berkah atau nasib baik yang akan menyapa dalam waktu dekat.

Selain itu, kedutan ini juga bisa mengindikasikan perubahan besar, seperti pergeseran dalam pekerjaan atau karier yang akan memberikan dampak positif. Beberapa orang juga percaya bahwa kedutan ini bisa menandakan kedatangan tamu yang penting, memberi petunjuk positif terkait kehadiran orang yang dicintai atau kepentingan pribadi.

3. Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri Bagian Tumit

Dalam tradisi Jawa, kedutan pada kaki kiri bagian tumit diyakini memiliki makna tertentu meskipun tanpa bukti ilmiah. Beberapa orang memandang kedutan ini sebagai petunjuk atau firasat terkait kebahagiaan atau kesuksesan yang akan datang. Sebaliknya, ada juga yang mempercayai bahwa kedutan tersebut menandakan orang lain sedang berbicara atau mengingat kita dengan kata-kata negatif, sebagai peringatan untuk lebih berhati-hati dalam berinteraksi.

4. Arti Kedutan di Jari Telapak Kaki Kiri

Menurut kepercayaan tradisional, kedutan di kaki kiri bagian telapak jari memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada budaya dan masyarakat di tempat yang berbeda pula. Di beberapa budaya, kedutan di kaki kiri bagian telapak jari dianggap sebagai pertanda akan ada tamu yang datang ke rumah. Oleh karena itu, orang-orang percaya bahwa ketika kaki kiri mereka mengalami kedutan, mereka harus bersiap-siap menerima tamu yang tak terduga.

5. Arti Kedutan di Telapak Kaki Kiri bagian Pinggir

Dalam budaya Jawa dan beberapa kepercayaan lainnya, kedutan pada pinggir kaki kiri dianggap sebagai pertanda akan mendapatkan kabar baik atau buruk. Beberapa orang meyakini bahwa kedutan ini menunjukkan bahwa seseorang tengah membicarakan kita di luar sana, sementara yang lain mengaitkannya dengan keberuntungan atau malapetaka yang akan datang.

6. Kedutan di Kaki Kiri Menurut Medis

Secara logika, kedutan pada telapak kaki kiri diyakini tidak berhubungan dengan pertanda-pertanda primbon. Kedutan lebih sering dijelaskan dari sudut pandang medis. Kondisi ini, menurut penjelasan medis, bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti kekurangan mineral, kelelahan otot, dehidrasi, atau dampak samping obat-obatan tertentu.

Sementara, kedutan di jari kaki bisa disebabkan kontraksi otot akibat tegangan otot atau kelelahan yang berlebihan. Otot kaki kita terdiri dari serabut-serabut otot yang bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Kedutan pada jari kaki juga bisa terjadi secara tiba-tiba selama beberapa detik hingga berbulan-bulan, dengan gerakan yang tidak terkendali. Jika sering terjadi, penting untuk mencari penyebabnya dengan berkonsultasi kepada dokter atau tenaga medis yang kompeten agar kondisi tersebut bisa segera teratasi.

Itulah di antaranya penjelasan arti kedutan di telapak kaki kiri menurut primbon Jawa. Bebas untuk percaya atau tidak, semoga artikel ini tetap bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending