5 Cara Membuat Kerajinan Dari Stik Es Krim Unik dan Menarik, Yuk Bikin Sendiri!

Selasa, 11 Juni 2019 19:43 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Cara Membuat Kerajinan Dari Stik Es Krim Unik dan Menarik, Yuk Bikin Sendiri!
Ilustrasi stik es krim (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Mungkin hanya sebagian orang saja yang suka menciptakan kerajinan dari berbagai macam bahan bekas. Bukan karena bakat nya, tapi karena kemauan dan niat yang di miliki nya. Kamu sendiri juga bisa loh menciptakan suatu karya dari barang bekas. Nggak harus dari bahan yang sulit dicari, kamu bisa mulai dari barang bekas yang ada di sekeliling kamu. Salah satunya adalah stik es krim.

Buat kamu yang suka makan es krim dan buang stik nya gitu aja sayang banget, padahal stik es krim kamu kalau dikumpulkan bisa menjadi sebuah kerajinan yang bermanfaat. Manfaatnya nggak cuman ada di kamu tapi juga buat lingkungan. Nah, sekarang adalah jamannya DIY guys. Ayo tunjukkan kreativitas mu dengan membuat kerajinan dari stik es krim. Seberapa kreatif sih kamu? Yuk daripada penasaran simak 5 cara membuat kerajinan dari stik es krim berikut di bawah ini.

1. Membuat Rumah-Rumahan

Ilustrasi miniatur rumah (credit: Shutterstock)Ilustrasi miniatur rumah (credit: Shutterstock)

Cara membuat kerajinan dari stik es krim yang pertama ini mungkin tidak terdengar asing lagi. Karena memang sudah dipraktekkan oleh sebagian orang. Nah, buat kamu nih yang belum tau gimana caranya membuat rumah-rumahan dari stik es krim simak terus ya. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan alat dan bahan, diantaranya adalah kertas karton, stik es krim (siapkan kurang lebih 100 biji supaya cukup), gunting, penggaris, cutter, serta lem tembak atau lem kayu. Setelah bahan-bahan tersebut sudah terkumpul tanpa terlewat satu pun, bisa deh kamu mulai membuat kerajinan nya.

  • Langkah pertama gunakan kertas karton atau kardus sebagai alas. Sebelumnya kamu bisa menggunakan Koran untuk menutupi kertas karton atau kertas kardus, gunanya untuk mencegah lem agar tidak merusak permukaan alas rumah nya.
  • Setelah itu susun stik es krim menjadi segi empat dengan 4 buat stik es krim. Kali ini kamu akan mencoba membuat dinding rumahnya. Gunakan lem untuk merekatkan setiap ujung stik nya, Buatlah segi empat stik ini sebanyak 4 buah.
  • Selanjutnya tutupi dinding rumah yang sudah jadi tadi menggunakan stik es krim yang lainnya. Caranya adalah tempelkan ke bagian luar dinding secara vertikal atau tegak. Gunakan lem sebagai perekat. Usahakan rapat dan tidak ada celah, Jika terlalu panjang, potong menggunakan cutter.
  • Setelah dinding rumah sudah jadi, kali ini kamu akan membuat atap rumah nya. Nah untuk yang ini gunakan 3 stik es krim dan susun menjadi bentuk segitiga. Jangan lupa gunakan lem untuk merekatkan setiap sudut nya. Buat sebanyak 3 buah kerangka satu di depan, satu di tengah, dan satu di belakang.
  • Untuk alas atap nya gunakan stik secukupnya sampai menutupi alas atap rumah. Jangan lupa merekatkan nya dengan lem.
  • Nah, sekarang untuk badan rumah, kamu bisa melubangi dinding tadi dengan cutter untuk membentuk jendela dan pintu.
  • Terakhir, kamu bisa susun mulai dari badan tadi lalu atap dan alasnya. Seperti biasa, gunakan lem untuk merekatkan. Jangan lupa di beri warna supaya terlihat lebih menarik.
  • Selesai.

2. Membuat Tempat Pensil

Ilustrasi tempat pensil (credit: Shutterstock)Ilustrasi tempat pensil (credit: Shutterstock)

Mungkin kerajinan yang pertama tadi hanya sebagai mainan anak saja, namun kali ini bisa kamu gunakan untuk hal yang bermanfaat yaitu sebagai wadah pensil. Pasti lucu jadinya kalau kamu yang buat sendiri. Caranya dijamin gampang dan nggak ribet pastinya. Langsung aja pertama kamu siapkan kertas karton, stik es krim yang banyak, pernak-pernik sebagai hiasan sesuai selera, gunting, lem tembak atau lem kayu, dan cutter. Langsung aja simak cara membuat kerajinan tempat pensil dari stik es krim berikut di bawah ini.

  • Potong karton menjadi ukuran sedang (sesuai dengan ukuran pensil).
  • Gulung menjadi bentuk silinder atau tabung dan beri lem supaya bisa merekat dan tidak mudah lepas. Jangan lupa potong karton menjadi bentuk bulat sebagai alas, rekatkan dengan lem.
  • Selanjutnya tempelkan stik es krim mengikuti bentuk tabung tadi. Beri lem secara merata pada stik es krim supaya bisa merekat pada karton.
  • Setelah dinding karton tertutupi sepenuhnya dengan stik es krim, kali ini potong stik es krim yang lain mengikuti ukuran alas tabung tadi dengan menggunakan cutter.
  • Nah, setelah semuanya selesai, jangan lupa warnai supaya lebih menarik. Setelah itu, kamu bisa memberi pernak-pernik sesuai selera kamu.
  • Selesai.

3. Bingkai Foto

Ilustrasi bingkai foto (credit: Shutterstock)Ilustrasi bingkai foto (credit: Shutterstock)

Selain bisa untuk membuat rumah-rumahan dan tempat pensil, stik es krim juga bisa dijadikan bingkai foto loh. Dilansir dari romadecade.org, kamu bisa membuat bingkai foto sekreatif dan seunik mungkin. Pertama siapkan lem tembak, kuas, gunting, stik es krim, kertas foto, pernak-pernik, cat warna, serta kertas karton. Tenang, cara membuat kerajinan bingkai foto dengan stik es krim kali ini dijamin nggak bikin kamu bingung dan ribet. Simak baik-baik ya.

  • Susun 4 buah stik es krim menjadi bentuk persegi. Buatlah sebanyak 2 buah. kemudian susun tumpuk menjadi 2 lapisan persegi. Gunakan lem untuk merekatkan.
  • Kemudian sekarang tinggal menyusun alas bingkainya. untuk alas kamu potong kertas karton menjadi bentuk persegi empat seukuran dengan bingkai. Kemudian susun stik es krim menutupi alas bingkai sampai semuanya tertutupi. Gunakan lem untuk merekatkan.
  • Setelah itu, susun dua buah stik es krim menjadi tumpuk dua. Buatlah sebanyak 3 buah, gunanya sebagai wadah untuk foto supaya bisa diletakkan di dalam bingkai. Kemudian tempelkan ke bagian alas bingkai tadi, sisakan satu sisi celah di posisi atas untuk memasukkan foto.
  • Selanjutnya rekatkan bingkai dan alas bingkai tadi. Jangan lupa warnai dan hiasi bingkai foto supaya terlihat bagus dan menarik.
  • Terakhir, masukkan foto ke dalam bingkainya.
  • Tada, bingkai foto dari stik es krim selesai.

4. Tempat Sendok dan Garpu

Cara membuat kerajinan dari stik es krim selanjutnya bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk meletakkan sendok dan garpu di meja makan. Nggak perlu deh kamu beli tempat sendok dan garpu sekarang. Kamu bisa bikin sendiri yang lebih unik dan menarik. Lansung aja kamu siapkan stik es krim yang banyak (Sudah diberi macam-macam warna), gunting, lem tembak atau lem kayu, dan cutter.

• Langkah pertama ambil 3 buah stik es krim dan buat menjadi bentuk segitiga. Gunakan lem sebagai perekat. Kali ini buat sebanyak mungkin yang seukuran dengan sendok dan garpu di rumah kamu.
• Atur warna sesuai selera supaya terlihat unik dan cantik.
• Tumpuk segitiga yang kamu buat menjadi berlapis-lapis.
• Tada, selesai.

5. Karakter Kartun

Ilustrasi karakter kartun (credit: Shutterstock)Ilustrasi karakter kartun (credit: Shutterstock)

Nah, cara membuat kerajinan yang terakhir ini yang paling disukai oleh anak-anak. Karena anak-anak adalah penggemar kartun nomor satu. Nah supaya adik, keponakan, atau buah hati kamu tidak bosan dengan permainan nya yang mungkin itu-itu aja, bisa banget kamu bikin mainan sendiri untuk mereka. Nggak perlu beli yang mahal, dengan bahan yang sederhana seperti stik es krim ini saja sudah bisa membuat mereka senang. Simak bahan yang kamu butuhkan adalah stik es krim), gunting, lem tembak atau lem kayu, kain flanel, pernak-pernik mata dan cutter. Sebenarnya cara membuat karakter kartun dari stik es krim ini tergantung dengan karakter apa yang ingin kamu buat. Nah, kamu tinggal membuat dan mengkreasikan nya. Di bawah ini adalah contoh membuat karakter olaf yang ada dalam film frozen.

  • Pertama siapkan satu buah stik es krim dan cat dengan warna putih.
  • Setelah kering tempelkan pernak pernik mata untuk membuat wajah, rekatkan dengan lem.
  • Siapkan kain flanel berwarna orange dan gunting sedikit saja untuk membuat hidung olaf. Bentuk kain flanel nya menjadi hidung olaf dan gunakan lem untuk memudahkan kamu membentuk hidung nya.
  • Tempelkan sebagai hidung di bawah mata.
  • Siapkan kain flanel warna hitam dan potong kecil membentuk tiga buah rambut dan dua buah tangan. Untuk tangan buat menjadi bentuk menyerupai tangan.
  • Setelah itu rekatkan dengan lem pasang pada bagian atas sebagai rambut dan samping kanan kiri sebagai tangan.
  • Potong lagi kain flanel hitam menjadi bulat kecil seperti kancing baju. Tempelkan pada bagian tengah pada bagian dada karakter.
  • Tada, karakter olaf sudah jadi. Kamu bisa banget membuat karakter kartun sebanyak-banyaknya.

Nah, itulah tadi 5 cara membuat kerajinan dari stik es krim yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Gimana, nggak susah kan bikin kerajinan dari stik es krim? Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengkreasikan stik es krim. Selain, dapat mendaur ulang, kamu juga bisa makin kreatif. Selamat mencoba.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI