5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Vaksinasi COVID-19, Jangan Ditunda!

Kamis, 29 Juli 2021 18:38 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Vaksinasi COVID-19, Jangan Ditunda!
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat banget dan pemberlakuan PPKM Darurat, salah satu langkah nyata memutus mata rantai penyebaran virus Corona adalah Vaksinasi! Pemerintah pun juga telah mendatangkan jutaan dosis vaksin yang disebar di seluruh pelosok Negeri untuk mendukung program vaksinasi ini.

Jangan menunda vaksinasi ya, KLovers! Vaksin terbukti secara klinis dalam menekan angka penularan virus Corona. So, kamu pun juga telah berkontribusi nyata dalam memberantas penularan COVID-19 ketika sudah melakukan vaksinasi.

Meski begitu, persiapkan dirimu semaksimal mungkin sebelum melakukan vaksinasi. Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, ada 5 hal yang wajib banget dilakukan sebelum melakukan vaksinasi. Apa saja?

Cukupi Asupan Nutrisi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berbanding lurus dengan menerapkan protokol kesehatan, mengonsumsi makanan bernutrisi juga bagian dari memelihara kualitas tubuh. Mengurangi junk food selama seminggu jelang vaksinasi membuat imun tubuh lebih kuat, bahkan mampu mengurangi efek samping dari dosis vaksin.

Lengkapi nutrisi mulai dari protein, vitamin, dan mineral secara konsisten, serta konsumsi suplemen tambahan agar imun tubuhmu semakin kuat. Jika sudah dilakukan dengan baik, tubuh akan menciptakan reaksi kekebalan yang baik terhadap virus Corona.

Hindari Olahraga Berlebihan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Olahraga memang menjadi aktivitas yang menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, sesuaikan intensitas olahraga dengan kekuatan tubuh ya.

Terlebih saat akan melakukan vaksinasi, tubuh memerlukan kondisi yang prima dengan tidak melakukan olahraga berat. Untuk yang lebih aman, lakukan olahraga ringan selama 20-30 menit dalam kurun waktu 3-5 kali per minggu.

Stop Begadang Sekarang Juga

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mulai dari pekerjaan, media sosial, hingga gaming, selalu ada saja hal yang membuat jam tidur menjadi berkurang. Jangan diteruskan, KLovers, sebab tubuh perlu waktu istirahat 7-9 jam setiap malamnya. Jika masih sulit untuk tidur, coba terapkan sleep hygiene dengan mematikan smartphone dan alat elektronik lainnya sekurang-kurangnya satu jam sebelum tidur.

Laporkan Kondisi Kesehatan Diri

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Satu lagi hal yang krusial sebelum vaksinasi adalah dengan melaporkan kepada petugas mengenai kondisi diri. Semua gangguan kesehatan seperti demam, riwayat alergi, penyakit bawaan, hingga konsumsi obat tertentu harus dilaporkan kepada petugas. Hal ini menjadi penting sebab untuk mencari tahu hal apa saja yang nantinya bakal mempengaruhi pasca dilakukan vaksinasi.

Penuhi Kebutuhan Air Harian

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Dehidrasi adalah salah satu penyebab gangguan kesehatan yang sering diremehkan. Kekebalan tubuh pun juga semakin menurun ketika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup.

Selalu sediakan air minum di segala aktivitas di segala medan agar tubuh tetap terhidrasi. Pilih air mineral berkualitas seperti Le Minerale yang segarnya beda karena berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih dan mengandung mineral alami.

Le Minerale menghadirkan inovasi galon yang selalu baru sehingga higienis dan bikin tenang. Galon Le Minerale juga tidak menggunakan galon bekas sehingga terjamin kehigienisannya. Dilengkapi dengan tutup ulir yang rapat dan kedap udara sehingga bebas dari kontaminasi virus dan bakteri dari udara luar.

 

 

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI