5 Ide Side Hustle yang Lagi Jadi Tren, Bisa Dapatkan Passion dan Cuan Bareng

Selasa, 25 Januari 2022 19:00 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Ide Side Hustle yang Lagi Jadi Tren, Bisa Dapatkan Passion dan Cuan Bareng
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Side hustle belakangan ini lagi banyak diperbincangkan. Berbeda dari side job yang tujuan utamanya buat mendapatkan tambahan penghasilan, side hustle lebih memenuhi passion dan kepuasan pribadi. Jadi, kegiatan yang dilakukan lebih banyak terkait hal-hal yang memang disukai, karena bisa jadi pekerjaan utama yang ditekuni berbeda jauh dari apa yang menjadi hobi.

Selain itu, beberapa side hustle yang lagi jadi tren belakangan ini juga bisa menambah pemasukan, lho. Tapi karena kebanyakan side hustle ini bersifat digital, kamu mesti benar-benar memilih paket internet yang tepat. Misalnya, pakai paket Smartfren Unlimited yang beneran nggak banyak syarat, bisa akses aplikasi apapun selama 24 jam, dan dapat promo double FUP. Asal internetnya no drama no ribet, kamu bakal nyaman banget mewujudkan passion dan cuan bersamaan lewat 5 ide berikut ini, KLovers!

Jastip buat si Hobi Belanja yang Tetap Mau Cuan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Belanja memang menyenangkan, tapi kalau kebablasan jadinya cukup ‘membahayakan' keuanganmu. Tapi, sekarang si pecinta belanja bisa jadi naik level, lho. Kalau mau menyalurkan hobi belanja yang tetap cuan, buka saja bisnis jasa titip alias jastip yang booming beberapa waktu belakangan ini.

Waktu lagi jalan-jalan ke mall atau daerah tertentu, kamu bisa upload foto-foto brand atau produk yang lagi promo. Selanjutnya posting di media sosial buat menarik perhatian para followers. Dengan tarif titip yang relatif terjangkau, kamu bisa menggaet puluhan hingga ratusan orang buat titip barang. Hasil cuannya nggak hanya bisa bikin balik modal belanja, tapi juga menambah pundi tabungan.

Home Décor Enthusiast buat yang Hobi Desain Rumah

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Beberapa tahun terakhir, tren home décor memang lagi meningkat. Inspirasi desain interior kamar, ruang kerja, atau ruang tamu di lahan minimalis yang bikin terlihat cozy memang banyak mencuri perhatian para netizen. Kalau kebetulan kamu punya passion yang sama, bahkan berhasil menyulap rumah sendiri dengan interior keren, jangan disimpan sendiri.

Bagikan postingan inspirasi home décor di media sosial. Bisa juga sesekali membuat video review rumah yang unik atau punya interior keren. Semakin banyak followers dan akunmu semakin dikenal, kesempatan jadi influencer yang menerima endorsement hingga project bareng bisa terbuka lebar. Nggak hanya sesuai passion tapi juga menambah cuan kan!

Open Pre Order Homemade Baking/Cooking

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sejak pandemi, bisnis kuliner rumahan memang salah satu yang mengalami peningkatan cukup pesat. Tren kuliner juga banyak berkembang sehingga membuat lahan bisnis yang satu ini tetap terasa potensial. Kalau kebetulan kamu juga termasuk pecinta cooking atau baking, buka bisnis pre order makanan bisa jadi pilihan, lho.

Sistem pre order dinilai sangat pas buat para pemula, karena bisa memperkirakan cost, tenaga, hingga keuntungan dengan cara lebih efektif. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan kamu bekerja lebih fleksibel buat yang punya pekerjaan utama lainnya.

Food Influencer

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Suka makanan tapi nggak bisa masak? Tenang, masih ada peluang jadi food influencer yang bisa kamu jadikan side hustle. Sering posting berbagai rekomendasi kuliner dan review makanan di tempat yang belum banyak diketahui orang bisa bikin akunmu jadi viral. Seiring dengan popularitas food influencer yang meningkat, tawaran endorsement atau project lainnya bisa berdatangan. Serunya lagi, bisa sambil makan-makan yang memang jadi hobimu.

Freelance Writer

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau kamu hobi nulis, jadi freelance writer jadi salah satu side hustle yang bisa dicoba. Sekarang banyak brand yang membutuhkan jasa penulis untuk membantu mereka dalam promosi secara digital. Apalagi jika kamu rutin menulis di blog, bisa jadi portofolio buat ditawarkan ke brand lho. Freelance writer juga sifatnya fleksibel, bisa bekerja dari mana saja dan bisa dikerjakan kapan saja, selama bisa memenuhi tenggat waktu yang ditentukan.

5 ide side hustle di atas bisa banget jadi pilihan buat mendapatkan passion dan cuan secara bersamaan. Namun karena sifatnya digital, pastikan kamu membekali diri dengan internet unlimited yang punya sinyal cepat dan stabil, biar kerjaan lancar dan pundi-pundi cuan pun bisa bertambah.

Langsung aja pakai Smartfren Unlimited Harian yang dapat promo bonus double FUP. Harganya tetap Rp80.000 buat dapet FUP total 2 GB (1 GB + promo bonus FUP 1 GB), dan Rp100.000 buat dapat FUP total 3 GB (1,5 GB + promo bonus FUP 1,5 GB). Internetan pakai FUP 2x lebih besar, jadi makin #NoDramaNoRibet! Side hustle dengan maksimal dari mana saja dan kapan saja.

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kamu juga bisa menikmati benefit 1GB/hari dan akses 24 jam ke semua aplikasi. Ada juga gratis nelpon ke semua Smartfren sepuasnya, keuntungannya berlipat ganda! Jangan sampai kelewatan promo Smartfren Unlimited terbaru dengan Batas Harian 2x Lebih Besar, berlaku untuk Unlimited Harian 1GB 28 hari & 1,5 GB 28 hari.

Berbekal Smartfren Unlimited, side hustle bisa berjalan lancar tanpa kendala berarti. Temukan promo terbaru dan info penting lainnya dengan follow Instagram @smartfrenworld.

(kpl/wri)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI