5 Kesalahan yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Saat Berolahraga

Senin, 14 Juni 2021 16:29 Penulis: Wuri Anggarini
5 Kesalahan yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Saat Berolahraga
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Olahraga menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi coba deh cek dulu, apakah aktivitas fisik yang kamu lakukan selama ini sudah benar? Salah teknik saat olahraga nggak hanya bikin jadi kurang nyaman, tapi manfaatnya pun nggak bisa kamu dapatkan dengan maksimal. 

Kira-kira apa aja sih kesalahan yang sering dilakukan saat workout? 

Memakai Outfit Berbahan Denim 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kesalahan ini biasanya dilakukan oleh para newbie atau yang ingin terlihat tetap keren saat olahraga. Menggunakan outfit berbahan denim mungkin nyaman, tapi nggak disarankan saat berolahraga. Soalnya, outfit dengan bahan tersebut dapat membuat fleksibilitas tubuh jadi terganggu sehingga risiko mengalami cedera bisa lebih besar. Sebaiknya, pakai outfit berbahan lentur atau yang memang didesain khusus buat olahraga.

Melewatkan Pemanasan 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mungkin banyak dari kamu yang sering asal melakukan pemanasan, atau malah mengabaikannya saat olahraga. Padahal, ritual yang satu ini sangat penting karena untuk meningkatkan aliran darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, terutama otot yang bekerja sebelum olahraga. Pemanasan juga mengurangi risiko cedera karena otot yang disebabkan otot masih dalam kondisi istirahat.

Selain pemanasan, penting juga buat melakukan pendinginan setelah olahraga karena seluruh sistem pada tubuh bekerja keras saat kamu tiba-tiba berhenti olahraga. Hal ini bisa membuat berkumpulnya darah pada otot sehingga sulit untuk mengalirkan yang menuju jantung.

Minum Air Es dalam Jumlah Berlebihan 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Gerah setelah olahraga memang paling nikmat kalau disegarkan dengan minum air es. Tapi, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena air es ternyata bisa membuat kepala jadi pusing tiba-tiba karena saraf pusat tubuh tidak siap buat menerima perubahan suhu mendadak. Selain itu, dampak lainnya adalah risiko detak jantung melemah karena mempengaruhi kinerja saraf vagus yang mengontrol berbagai aktivitas. So, sebaiknya minum air putih biasa saja atau beri jeda sekitar 30 menit setelah olahraga jika ingin tetap menikmati es.

Olahraga Berlebihan 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, bukan berarti semakin memforsir tubuh buat olahraga lalu hasilnya jadi lebih baik. Justru hal ini sangat banget, lho. Olahraga berlebihan bisa memberikan dampak negatif buat tubuh, mulai dari kelelan, cedera, nyeri otot, hingga susah tidur. Jadi, penting buat melakukan olahraga sesuai porsi dan jangan memaksa tubuh buat melebihi batas. Agendakan olahraga 30 menit saja setiap harinya sudah cukup membuat tubuh fit kok. 

Nggak Memakai Sepatu Olahraga 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahu nggak sih kalau outfit yang kamu kenakan ternyata mempengaruhi performa saat melakukan latihan fisik? Terutama sepatu yang dipakai harus diperhatikan karena menyangkut fleksibilitas tubuh dalam bergerak.

Sesuaikan aktivitas olahraga dengan jenis sepatu yang tepat, entah itu running atau training shoes. Masing-masing memiliki desain yang disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan mengurangi risiko cedera saat berolahrga. 

Jadi, coba ingat-ingat kembali, sudahkah kamu memilih sepatu yang tepat saat menunjang olahraga yang dilakukan? Saatnya temukan sepatu yang tepat sesuai kegiatan olahragamu. Mumpung ada promo Sport Mid Season Sale yang istimewa dari iStyle.id! 

Borong beragam workout gear kekinian hanya di Sport Mid Season yang digelar iStyle.id karena ada beragam diskon menarik yang sayang dilewatkan. Dapatkan diskon hingga 85% dan ekstra diskon hingga Rp 350ribu buat beragam brand sports seperti Nike, Adidas, Billabong, Puma, dan masih banyak lagi. Buruan download aplikasi iStyle.id yang sudah tersedia di App Store dan Play Store.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI