5 Menu Makanan Warteg Favorit Sejuta Umat di Tanggal Tua

Penulis: Wuri Anggarini

Diterbitkan:

5 Menu Makanan Warteg Favorit Sejuta Umat di Tanggal Tua
(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Ngaku aja deh, tantangan paling besar selalu datang di saat tanggal tua. Harus bertahan hidup dengan gaji seadanya yang tersisa di dompet memang selalu menghadirkan godaan tersendiri. Salah satunya adalah soal makanan.

Banyak nih yang akhirnya harus berakhir makan dengan mie instan atau nasi dan kerupuk saja. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata ada menu makanan warteg yang dikenal dengan cita rasa lezat dan harga terjangkau yang jadi favorit sejuta umat saat tanggal tua? Yuk, intip pilihan menu yang ada!

1. Tumis Kangkung

Menu berupa sayuran yang diolah dengan cara ditumis memang nggak pernah gagal memanjakan lidah. Buat para anak rantau, makanan yang satu ini sudah pasti jadi obat kangen dari masakan ibu yang ada di kampung halaman. Di antara berbagai pilihan menu tumisan, tumis kangkung jadi salah satu favorit.

Menu yang satu ini bakal terasa lebih nikmat jika disantap bersama tempe goreng, sambal, dan kerupuk. Dipadukan dengan nasi hangat yang masih mengepul, pasti terasa mantap banget.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tempe Orek

Menu selanjutnya yang banyak dicari saat makan di warteg adalah tempe orek. Diolah dari tempe dan aneka bumbu yang ditumis bersama kecap ini termasuk salah satu menu rumahan yang cocok di lidah banyak orang.

Tempe orek pas banget jadi pilihan buat yang bosan dengan menu tempe goreng yang sudah terlalu biasa. Sensasi manis dan gurih dari bumbu dan kecap yang dihadirkan membuat makan dijamin tetap terasa nikmat saat akhir bulan sekalipun.

3. Aneka Olahan Balado

Kalau ingin menikmati sajian menu dengan cita rasa pedas dan manis, balado bisa jadi rekomendasi yang tepat buat dipilih. Menu warteg yang satu ini biasanya diolah dari berbagai bahan. Mulai dari telur balado, terong, daging, dan masih banyak lagi.

Perpaduan rasa manis dan pedas yang pas cocok banget buat memanjakan lidah. Ditambah kriuknya kerupuk, pas banget deh jadi menu makan siang sebagai sumber asupan tenaga saat bekerja.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal goreng kentang ati biasanya jadi menu pelengkap isian kalau lagi beli nasi campur. Biasanya, penjual warteg akan menyiapkan sajian 1 porsi nasi dengan lauk lengkap, mulai dari sambal goreng ati, tempe orek, mie goreng, dan beberapa menu tambahan lain sesuai dengan permintaan pembali.

Menu sambal goreng ati sendiri merupakan menu dengan isian kentang, ati ayam, lengkap dengan bumbu yang menambah kelezatan. Biarpun sederhana, tapi ampuh memanjakan lidah terutama di tanggal tua!


5. Aneka Lauk Pauk

Nggak ketinggalan, warteg juga menyediakan aneka lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera. Misalnya ayam goreng, tahu dan tempe goreng, hingga terong goreng juga ada. Nggak cuma itu, ada juga aneka lauk lain seperti perkedel yang nikmat disantap bersama sayur sop, bakwan sayur, bakwan jagung, hingga rempeyek udang.

Berbagai pilihan sajian menu makanan warteg di atas tetap populer dan tetap terjaga kelezatannya. Bisa jadi alternatif menu yang dipilih saat tanggal tua tiba karena harganya yang terjangkau. Favoritmu yang mana nih, KLovers?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending