5 Mitos yang Sering Mewarnai Perayaan Imlek Setiap Tahun, Apa Aja?

Kamis, 11 Januari 2018 18:00 Penulis: Wuri Anggarini
5 Mitos yang Sering Mewarnai Perayaan Imlek Setiap Tahun, Apa Aja?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Setiap tahunnya, perayaan Imlek selalu meninggalkan kesan tersendiri bagi sebagian besar orang. Khususnya, bagi etnis Tionghoa yang merayakan. Berbagai macam perayaan dan atraksi barongsai biasanya ramai digelar. Di balik perayaan dan warna serba merah, biasanya selalu ada mitos-mitos yang selalu seru untuk diulas. Yuk cari tahu mitos apa saja yang sering mewarnai perayaan Imlek setiap tahunnya.

Membersihkan Rumah Sebelum Malam Tahun Baru

Sebelum malam tahun baru datang, diwajibkan untuk membersihkan rumah. Pasalnya, saat perayaan tahun baru Imlek, membersihkan rumah adalah hal yang dilarang. Konon ada kepercayaan yang mengatakan jika menyapu rumah atau membersihkan rumah sama artinya dengan membersihkan rejeki yang datang. Itulah mengapa sebagian orang akan berlomba-lomba untuk membersihkan rumah sebelum malam tahun baru datang.

Mie Adalah Menu Wajib

Mie adalah menu wajib yang harus selalu ada dalam setiap perayaan Imlek. Nah, sebelum menyantapnya, ada ritual khusus yang biasanya dilakukan, lho. Seluruh anggota keluarga harus berdiri mengelilingi piring mie. Lalu, beramai-ramai menarik mie menggunakan sumpit dari segala arah dan tidak boleh sampai putus. Hal ini dipercaya untuk mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang panjang dan tidak ada habisnya sepanjang tahun.

Harus Memakai Semua yang Serba Warna Merah

Perayaan Imlek selalu identik dengan warna merah yang merona. Warna ini sendiri menggambarkan kebahagiaan dan keberuntungan. Itulah mengapa biasanya setiap orang akan menggunakan pakaian hingga hiasan rumah berwarna serba merah. Nggak heran jika setiap Imlek, berbagai macam brand pakaian hingga kebutuhan rumah tangga menyediakan warna merah yang khusus. Kalau nggak percaya, bisa langsung cek Promo Persiapan Imlek di online shop kesayangan kamu ya.

Pakaian Harus Serba Baru

Sebagian orang mempercayai mitos bahwa menyambut tahun baru, harus dimulai menggunakan semua yang serba baru. Mulai dari pakaian, sepatu, tas hingga pakaian dalam. Bahkan, beberapa orang ada yang memakai baju serba baru terus-menerus selama 3 hari, lho. Untungnya selalu ada Diskon Imlek dan Promo Kebutuhan Imlek yang menyediakan berbagai barang menarik dengan harga terjangkau. 

Menyediakan Varian Menu Makanan

Saat tahun baru, dianjurkan untuk menyediakan berbagai varian menu makanan. Mulai dari manisan delapan sisi atau dikenal sebagai tray of togetherness yang melambangkan keberuntungan, jeruk mandarin yang  dipercaya sebagai buah pembawa rejeki hingga kue keranjang yang dipercaya bisa memperlengket hubungan keluarga.

Di balik berbagai mitos di atas, hal seru yang bisa ditemui adalah Diskon Tahun Baru China yang selalu menawarkan penawaran menarik. Jangan sampai kamu melewatkannya ya!

(adv/ayu/wri)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI