5 Rekomendasi Buku MBTI untuk Memahami Tipe Kepribadian, Bisa Jadi Pedoman Kenali Diri Sendiri

Diterbitkan:

5 Rekomendasi Buku MBTI untuk Memahami Tipe Kepribadian, Bisa Jadi Pedoman Kenali Diri Sendiri
Rekomendasi Buku MBTI untuk Memahami Tipe Kepribadian (credit: goodreads)

Kapanlagi.com - MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) menjadi tes kepribadian yang paling populer saat ini. Tes ini banyak digunakan untuk sekadar iseng atau memang ingin mengenali diri sendiri. Karenanya, MBTI menjadi bahasan yang cukup menarik. Jika kalian tertarik mendalami apa itu MBTI, ada beberapa buku yang menarik untuk dibaca. Secara garis besar, buku MBTI menjelaskan cara kerja tes ini dalam membagi kepribadian manusia.

Sebagaimana yang diketahui, saat ini tes MBTI bisa dilakukan secara mandiri melalui tes online di sejumlah situs yang menyediakan fiturnya. Namun untuk melakukan analisis mendalam, sering kali dibutuhkan bantuan buku MBTI sebagai referensi. Maka dari itu, beberapa buku MBTI ini hadir untuk membantu analisis hasil tes, sehingga seseorang bisa memahami tipe kepribadiannya.

Bagaimana, tertarik membaca buku MBTI? Jika iya, untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar rekomendasi dan ulasan singkatnya berikut ini.

1. The 16 Personality Types: Profiles, Theory, & Type Development

The 16 Personality Types: Profiles, Theory, & Type Development menjadi pembuka rekomendasi buku MBTI kali ini. Seperti yang diketahui, MBTI secara garis besar membagi tipe kepribadian manusia ke dalam 16 tipe. Nah, buku berjudul The 16 Personality Types: Profiles, Theory, & Type Development ini menghadirkan deskripsi mendalam dan analisis dari masing-masing tipe kepribadian itu.

Setiap profil kepribadian diulas mendalam. Setiap bab tipe kepribadian mencakup pengantar, tinjauan pengembangan tipe, serta analisis fungsional tipe kepribadian dari masing-masing tipe. Menariknya, buku ini mampu menjelaskan sikap atau perilaku tipe kepribadian yang tampak bertentangan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. My True Type: Clarifying Your Personality Type, Preferences & Functions

Rekomendasi buku MBTI lainnya yang tak kalah menarik adalah My True Type: Clarifying Your Personality Type, Preferences & Functions. Buku ini didesain untuk bisa memahami diri sendiri, rasa identitas dan jati diri, yang memengaruhi segala aspek kehidupan. Dalam buku ini digambarkan bahwa, tipe kepribadian adalah bagian integral dari identitas diri seseorang.

Beda dengan rekomendasi buku yang sebelumnya, buku ini menghadirkan beberapa fitur menarik seperti: panduan melakukan inventaris kepribadian, tips mengidentifikasi tipe kepribadian, panduan analisis fungsional kepribadian, dan penjelasan teori-teori yang dijelaskan secara mudah dipahami. Keunggulan inilah yang membuat My True Type: Clarifying Your Personality Type, Preferences & Functions jadi buku MBTI yang menarik.

3. Please Understand Me II

Berikutnya, sebagai rekomendasi buku MBTI, ada Please Understand Me II. Buku ini merupakan seri lanjutan dari buku Please Understand Me karya Keirsey dan Bates, pertama kali diterbitkan pada tahun 1978. Buku ini menjadi panduan pelatihan dan konseling favorit di banyak institusi.

Sementara buku Please Understand Me II, merupakan hasil pengembangan dari pengamatan Keirsey selama dua puluh tahun. Dalam buku ini, Keisey mengungkap temuannya tentang perbedaan kepribadian. Temuan-temuannya menjadi dasar dari Please Understand Me II. Sebagai edisi terbaru, buku ini jelas jauh lebih komprehensif dan koheren dengan aksesibilitas yang mudah.

4. Psychological Types

Buku Psychological Types disebut-sebut jadi salah satu karya penting Jung yang lebih panjang. Psychological Types membahas berbagai aspek kesadaran, berbagai sikap yang mungkin diambil oleh pikiran sadar terhadap dunia. Buku ini menjelaskan psikologi kesadaran yang dilihat dari sudut pandang klinis.

Dalam menjelaskan sistem tipe kepribadiannya, Jung tidak begitu mengandalkan data kasus formal, melainkan juga pada kesan dan pengalaman. Menariknya, buku Psychological Types menghadirkan materi yang bersinggungan dengan berbagai disiplin ilmu. Buku ini kaya akan materi yang diambil dari sastra, estetika, agama, dan filsafat.

5. Gifts Differing: Understanding Personality Type

Seperti sidik jari, tipe kepribadian memberikan gambaran instan tentang keunikan seseorang. Hal itulah yang coba dijelaskan dalam buku Gifts Differing: Understanding Personality Type. Berdasarkan konsep yang diperkenalkan oleh Carl Jung, buku ini membedakan empat kategori gaya kepribadian dan menunjukkan bagaimana kualitas-kualitas ini menentukan cara seseorang dalam memandang dunia.

Tak berhenti di situ, buku ini juga menjelaskan apa arti kesuksesan seseorang berdasarkan tipe kepribadiannya. Buku ini juga tidak menjelaskan bahwa selama lebih dari 60 tahun, alat Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) telah menjadi instrumen yang paling banyak digunakan di dunia untuk menentukan tipe kepribadian. Untuk itu, Gifts Differing: Understanding Personality Typemuncul untuk mendukung pemahaman tentang teori-teori MBTI.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi buku MBTI yang menarik untuk dibaca. Setelah membaca ulasan singkat di atas, bagaimana kira-kira kalian tertarik membaca yang mana?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending