5 Rekomendasi Buku Self Improvement 2019 Terbaik yang Wajib Dibaca, Cocok untuk Pengembangan Diri

Rabu, 09 November 2022 11:44
5 Rekomendasi Buku Self Improvement 2019 Terbaik yang Wajib Dibaca, Cocok untuk Pengembangan Diri
(Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Sebagai manusia, wajar jika kalian pernah mengalami titik terendah dalam hidup. Pada saat seperti itu, tak ada salahnya bagi kalian untuk membaca rekomendasi buku self improvement 2019 berikut ini.

Apalagi, membaca bisa menjadi salah satu langkah untuk healing. Memilih rekomendasi buku self improvement 2019 bisa menjadi langkah yang tepat untuk bangkit.

Melalui rekomendasi buku self improvement 2019 ini, kalian akan menemukan motivasi, inspirasi, hingga panduan dalam menjalani kehidupan meski sedang terpuruk.

 

1. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Penerbit: Kompas

Tahun Terbit: 2018

Bicara soal rekomendasi buku self improvement 2019, Filosofi Teras jelas tak boleh kalian lewatkan. Pasalnya, buku ini sempat menjadi buku mega best seller dan berhasil memenangkan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Saat membaca, kalian akan tergerak untuk meningkatkan kualitas diri. Kalian juga akan diajak untuk memahami sebuah filsafat Yunani kuno yang disebut stoisisme.

Berbeda dengan anggapan bahwa bahasan filsafat selalu berat, buku ini justru menyuguhkan penjelasan yang cukup ringan. Kalian pun jadi lebih mudah memahami berbagai penjelasan yang berasal dari teori-teori filsafat tersebut. Terlebih, penulis juga mengambil kisah-kisah yang relevan dengan masa kini.

 

2. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2019

Selanjutnya, ada rekomendasi buku self improvement 2019 yang cukup menarik untuk kalian baca. Buku ini berisi penjelasan tentang ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler. Kalian akan menemukan pemaparan mengenai bagaimana manusia menjalankan hidupnya melalui percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda.

Melalui gaya yang menarik, kalian pun akan lebih mudah menemukan jawaban dari berbagai fenomena yang ada. Salah satunya tentang fenomena mengisolasi diri di kamar hingga bertahun-tahun yang terjadi di Jepang. Buku yang terdiri dari lima bab ini juga akan memudahkan kalian dalam memahami diri hingga mampu menentukan arah hidup, bebas dari trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain. Dan yang paling penting, kalian bisa menjadikan buku ini sebagai panduan untuk memanfaatkan diri sendiri, mencintai diri, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak penting.

 

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

Penerbit: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Tahun Terbit: 2018

Membahas rekomendasi buku self improvement 2019, tentu buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat tak boleh dilewatkan. Alih-alih mengajari orang untuk bersikap bodo amat tentang setiap hal, buku yang sangat populer ini justru berisi ajakan yang sangat positif. Buku hasil terjemahan dari The Subtle Art of Not Giving a F*ck ini bisa membantu kalian dalam memilah mana yang penting untuk dipikirkan dan mana yang seharusnya dibuang jauh-jauh.

Secara tidak langsung, Mark Manson seolah berusaha untuk menyelamatkan orang-orang yang sering terhambat hidupnya. Biasanya, orang-orang itu gagal bukan karena ketidakmampuan, tapi karena terlalu banyak memikirkan semua hal yang ujung-ujungnya justru merugikan. Intinya, buku ini berisi berbagai seni yang perlu kalian pelajari. Dengan begitu, kalian bisa mulai menyadari bahwa setiap orang berhak untuk hidup bahagia dan menentukan prioritas untuk dipikirkan.

 

4. Wake Up Sloth - Aulia Hanifah

Penerbit: Elex Media

Tahun Terbit: 2019

Selanjutnya, ada Wake Up Sloth sebagai rekomendasi buku self improvement 2019. Buku ini cocok bagi kalian yang sedang mengalami keterpurukan. Seperti judulnya, buku ini bisa dikatakan terinspirasi dari hewan kukang yang dikenal pemalas dan lamban. Secara sekilas, hewan ini bisa dijadikan contoh bagi orang-orang yang hidupnya malas. Jika kalian merasa hidup seperti kukang yang selalu mager, buku ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Secara garis besar, buku ini berisi motivasi agar pembaca bisa bangkit dan mengejar impian. Keunggulan buku ini terletak pada bahasa yang ringan dan sangat mudah dipahami sehingga kalian akan merasa diajak untuk mengatasi segala kegalauan mengenai hidup. Terdengar menarik kan, KLovers!

 

5. Tak Apa-Apa Tak Sempurna - Brene Brown

Penerbit: Gramedia

Tahun Terbit: 2020

Selanjutnya, ada rekomendasi buku self improvement yang berjudul Tak Apa-Apa Tak Sempurna. Buku yang ditulis oleh Brene Brown ini berisi ajakan kepada pembaca untuk menerima berbagai kekurangan. Sebagai manusia, wajar jika pernah mengalami kegagalan, patah hati, hingga merasa sangat susah untuk bangkit.

Setelah itu, keterpurukan bisa makin parah saat manusia mulai merasa tidak bisa apa-apa, tidak layak, hingga mengecap diri sendiri rendah. Nah, melalui buku ini, kalian bisa menemukan penjelasan bahwa ketidaksempurnaan bukan hal buruk. Artinya, kalian tidak perlu selalu memikirkan perkataan orang lain. Dengan begitu, kalian bisa mulai belajar menerima kekurangan diri, apapun yang terjadi.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku self improvement 2019 yang wajib kalian baca.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI