5 Wisata Bermain di Bandung yang Menyenangkan dan Patut Dikunjungi

Selasa, 09 Juli 2019 00:31 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Wisata Bermain di Bandung yang Menyenangkan dan Patut Dikunjungi
Foto : Instagram.com/explorebandungcity, Diambil 8 Juli 2019

Kapanlagi Plus - Bandung memang menjadi salah satu kota populer dalam bidang pariwisata. Banyak destinasi menarik yang ditawarkan oleh ibu kota Provinsi Jawa Barat ini. Mulai dari wisata alam hingga wisata bermain. Wisata alam di Bandung yang identik dengan pegunungan yang sejuk serta pemandangan spektakuler memang menjadi salah satu daya tarik yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Namun, selain wisata alam ada pula wisata bermain atau taman hiburan yang tak kalah menyenangkan dan harus dikunjungi saat kamu singgah di Kota Kembang ini. Wisata bermain ini bisa menjadi alternatif liburan untuk keluarga.

Mencari wisata bermain yang menyenangkan bukanlah hal yang sulit, apalagi di Bandung. Bandung memiliki tempat bermain yang tepat untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga juga pastinya akan membuat liburanmu lebih berkesan. Dari sekian banyak wisata bermain di Bandung, berikut beberapa pilihan yang cocok untuk kamu berlibur ke Kota Kembang ini.

1. Trans Studio Bandung

Foto : Instagram.com/transstudio.bandung, Diambil 8 Juli 2019Foto : Instagram.com/transstudio.bandung, Diambil 8 Juli 2019

Seperti yang dilansir oleh Fimela.com, Trans Studio adalah taman bermain di dalam ruangan (Indoor Theme Park) terbesar di Indonesia yang dikelola oleh Trans Corp. Di dalam taman bermain ini memiliki berbagai macam wahana dengan tema. Saat ini ada 2 lokasi Trans Studio, di Bandung dan di Makassar. Trans Studio Bandung berlokasi di Jl. Jendral Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan terbesar di Indonesia. Trans Studio Bandung berdiri di lahan seluas 4 Hektar dan memiliki 20 wahana permainan. Trans Studio Makassar adalah taman bermain di dalam ruangan terbesar ke-2 di Indonesia. Trans Studio Makassar berdiri di lahan seluas 2.7 Hektar dan memiliki 22 wahana permainan. Setiap pengunjung wajib menggunakan Studio Pass untuk masuk dan bertransaksi di dalam theme park. Harga Studio Pass dibandrol seharga Rp. 10.000 .

Di Trans Studio Bandung memiliki wahana yang disebut Yamaha Racing Coaster. Wahana ini sangat cocok untu kamu yang ingin menantang adrenalin karena wahana bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu 120 Km/jam dan ditempuh hanya dalam waktu 3,5 detik. Cepat sekali, bukan? Selain itu ada pula wahana ayunan raksasa yang benama Giant Swing. Di wahana ini kamu bisa merasakan bagaimana rasanya berayun dan berputar di ketinggian 18 meter. Jika kamu tipe orang yang tidak suka dengan ketinggian dan kecepatan, maka kamu bisa mencoba untuk mengunjungi wahana Marvel Superheroes 4D. Wahana ini merupakan sebuah bioskop simulator dengan teknologi 4 dimensi yang menampilkan karakter superhero Marvel yang terkenal seperti Iron Man, Spider Man, Wolverine dan sebagainya. Ada banyak wahana yang tersedia di sana, jadi jangan khawatir akan merasa bosan.

Menurut laman transstudiobandung.com, harga tiket masuk ke Trans Studio Bandung ini beragam. Mulai Rp180.000 pada hari Senin sampai Kamis, pada hari Jumat Rp 200.000, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu serta hari libur sebesar Rp280.000. Untuk jam operasionalnya sendiri pada hari Senin sampai Jumat dibuka pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Lain halnya pada akhir pekan, hari Sabtu sampai Minggu atau hari libur, wisata ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB. Sedangkan saat Idul Fitri, tempat ini buka pukul 12.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

2. Kebun Binatang Bandung

Foto : Instagram.com/kebunbinatangbandung_official, Diambil 8 Juli 2019Foto : Instagram.com/kebunbinatangbandung_official, Diambil 8 Juli 2019

Kebun Binatang Bandung terletak di Jl. Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Dilansir Fimela.com, Kebun Binatang Bandung memiliki luas mencapai 14 hektar yang mana 18.5 persen dijadikan cagah satwa, 55.2 persen sebagai cagar tanaman, 4.7 persen digunakan sebagai wisata air serta 2.4 persen sebagai ruang terbuka untuk publik. Jadi kamu tidak hanya bisa melihat berbagai macam satwa, tapi juga tanaman berupa pepohonan rindang yang telah berusia ratusan tahun karena memang kebun binatang ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Koleksi satwa langka di Kebun Binatang Bandung cukup banyak. Dari total 213 jenis satwa, terdapat 79 jenis merupakan hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah seperti Badak, Harimau, Gajah, Babi Rusa hingga berbagai macam burung endemik seperti Merak dan Kastuari. Selain itu terdapat juga koleksi hewan yang berasal dari luar negeri seperti Unta, Singa, Jerapah dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat bebas berfoto di dalam kebun binatang bersama satwa langka baik menggunakan kamera sendiri ataupun menggunakan jasa photographer yang berada di sekitar lokasi.

Menurut laman wisatakaka.com, harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung cukup terjangkau. Mulai dari Rp 20.000/orang untuk dewasa, Rp 15.000/orang untuk anak-anak berusia diatas 3 tahun, sedangkan anak yang masih di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket atau gratis. Namun, jika kamu ingin menikamati wahana lain yang tersedia maka kamu akan dikenakan biaya lebih. Untuk jam operasionalnya dimulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap hari.

3. Bandung Science Center (BSC)

Foto : Instagram.com/bscindonesia, Diambil 8 Juli 2019Foto : Instagram.com/bscindonesia, Diambil 8 Juli 2019

Bermain sambil belajar tentu saja sangat meyenangkan. Di Bandung hal tersebut bisa diperoleh di Bandung Science Center (BSC). Wisata bermain dan edukasi ini berada di Jl. Sirnagalih No. 15. Tempat ini berdiri pada tahun 2014 dan dirancang untuk semua orang, termasuk pelajar, guru dan orang tua.

Menurut laman travelingyuk.com, di Bandung Science Center, pengunjung akan diajak melihat beragam fenomena menarik. Tak hanya sekedar melihat, para pengunjung bisa berpartisipasi langsung dalam menganalisa semua fenomena unik yang disajikan di Bandung Science Center. Pengelola memberikan kesempatan seluas bagi mereka yang ingin mencoba langsung, memainkan, maupun menyentuh alat peraga. Jumlahnya pun cukup banyak, tersebar di dalam dan luar gedung.

Pengunjung juga  bisa menganalisis dan bereksperimen ilmu-ilmu sains dasar, serta mendengar suara dan aroma dari percobaan kimia dan fisika. Tak hanya itu, kalian pun bisa melakukan observasi fenomena-fenomena alam, dan mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi termaju.

Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk tiket, kamu perlu membayar sebasar Rp 45.000/orang dan sudah otomatis mendapatkan seorang pemandu untuk menemani berkeliling. Jika membawa rombongan, pengelola akan menawarkan paket khusus yang tentunya lebih murah.

4. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8 Cihideung Parongpong, Cihideung, Bandung Barat, Jawa Barat. Mendengar nama Kampung Gajah, mungkin kamu akan berpikir bahwa tempat ini adalah tempat konservasi gajah. Namun, pada kenyataanya tempat ini bukanlah tempat konservasi gajah, melainkan tempat wisata keluarga yang menyediakan berbagai macam wahana permainan anak-anak dan orang dewasa yang menarik.

Kampung Gajah Wonderland atau Kampung Gajah adalah objek wisata dengan 20 wahana, salah satu yang terbanyak di Bandung. Kampung Gajah ini terkenal dengan wahana waterboom yang lengkap dengan tabung perosotan yang tinggi dan panjang serta kolam renang dengan ombak buatan.

Menurut katalogwisata.com, harga tiket masuknya pun beragam, kamu bisa membeli tiket di setiap wahana yang ingin kamu mainkan dengan harga tiket berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 80.000. Namun, jika kamu ingin membeli tiket terusan yang dapat digunakan untuk memasuki semua wahana di kawasan wisata Kampung Gajah, kamu bisa mendapatkannya dengan kisaran harga tiket terusan dibandrol dengan harga Rp 200.000 untuk hari biasa, dan Rp 250.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Kampung Gajah mulai dibuka pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB pada hari Senin sampai Jum'at dan pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB di akhir pekan dan hari libur.

5. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Foto : Instagram.com/tamanlalulintasbandung, Diambil 8 Juli 2019Foto : Instagram.com/tamanlalulintasbandung, Diambil 8 Juli 2019

Seperti yang dilansir oleh Fimela.com, taman bermain yang berlokasi di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur, Kota Bandung, Jawa Barat ini bisa dibilang sangat sederhana karena merupakan taman bermain anak-anak yang masih tradisional. Di taman tersebut, anak-anak difasilitasi dengan permainan seperti Kereta api mini dan Bike Area. Dalam permainan kereta api mini, anak-anak bisa berkeliling taman menggunakan kereta mini, dimana dilengkapi dengan stasiun mini dan masinisnya. Sementara untuk Bike Area, anak-anak bisa menyewa sepeda untuk kemudian berkeliling taman. Saat berkeliling, oleh petugas, anak-anak juga akan diajarkan rambu-rambu lalu lintas. Selain menyenangkan dan seru, permainan ini juga mendidik

Taman lalu lintas ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis dan hari Sabtu. Taman ini libur pada hari Jum'at, namun jika hari Jum'at tersebut bertepatan dengan hari libur nasional maka akan tetap buka.Untuk hari Minggu buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk untuk hari bisa sebesar Rp 6.000/orang dan Rp 7.000/orang untuk akhir pekan atau hari libur.

Menyenangkan, bukan? Selain berlibur melepaskan penat, kamu juga bisa bermain sekaligus mendapatkan pengetahuan. Liburanmu juga akan lebih berkesan dan bermanfaat. Namun, seberapapun menyenangkannya liburan, kamu harus tetap berhati-hati, ya. Selamat berlibur.

Penulis : Ririn Sri Wasida

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI