50 Kata-Kata untuk Orang Meninggal, Penuh Haru dan Menyentuh Hati

Kamis, 18 Maret 2021 11:11
50 Kata-Kata untuk Orang Meninggal, Penuh Haru dan Menyentuh Hati
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kepergian orang yang kalian kenal untuk selamanya tentunya membuat perasaan sedih muncul. Ini bisa terjadi pada siapa saja, sebab tidak ada manusia yang abadi di dunia ini. Jika kalian mengalami situasi tersebut, ucapan duka cita bisa ditunjukkan pada keluarga yang ditinggalkan. Sejumlah kata-kata untuk orang meninggal juga mengandung doa penuh makna mendalam.

Seperti diketahui, kematian tidak bisa dihindari setiap makhluk hidup termasuk manusia. Ya, sebab itulah mempersiapkan diri untuk bekal di akhirat perlu dilakukan sedini mungkin. Sebab, kalian tidak akan pernah tahu kapan saat tersebut tiba.

Ketika masih diberi kesempatan menghirup segarnya udara dunia, kalian seringkali harus menghadapi kenyataan kepergian orang-orang tercinta untuk menghadap Tuhan. Perasaan sedih tentunya tidak dapat dihindari, tatkala mengetahui orang yang kalian kenal sudah meninggal.

Saat kalian dihadapkan dengan situasi ini, untaian doa dan ucapan duka cita hanya bisa kalian tunjukan untuk orang yang telah meninggal. Selain itu kata-kata untuk orang meninggal bisa menjadi bahan renungan dan peringatan setiap orang. Sebab itulah mengambil pelajaran berharga dari setiap peristiwa bisa membantu kalian menjadi pribadi yang lebih baik.

Adapun kata-kata untuk orang meninggal yang penuh haru dan menyentuh hati dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kata-kata untuk orang meninggal telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata untuk Orang Meninggal yang Penuh Makna

Seperti ulasan sebelumnya, kata-kata untuk orang meninggal terkadang juga mengandung makna mendalam. Di mana setiap orang bisa mengambil pelajaran berharga dari sebuah kematian. Adapun kata-kata untuk orang meninggal sebagai berikut.

1. "Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

2. "Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali."

3. "Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

4. "Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, kita harus menerimanya dengan lapang dada."

5. "Yang lalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selama-lamanya."

6. "Semua ini adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang."

7. "Tetesan air mata dari hati tidak akan pernah mampu mengembalikan seseorang yang telah pergi selama-lamanya. Tetaplah tegar sahabatku, anggaplah kepergian dia sebagai pengingat bahwa kita hanya manusia biasa yang juga akan menghadapi kematian. Jadi jalani hidup dengan keberanian dan ingatlah bahwa kita pun akan mengalami kematian.."

8. "Di balik ceria ada duka yang bersahaja, ada canda yang tak bisa tertawa, ada tangis tak mengeluarkan air mata, ada cita tanpa pencapaiannya, ada senyum tanpa pesona. Bahkan ada cerita tanpa sepatah kata."

9. "Suatu saat pasti menjumpai berbondong orang datang menatap dan berucap 'turut berduka cita'. Suatu saat akan terasa, betapa kehadiran mereka meringankan duka. Betapa kepergiannya menoreh luka sanak saudara di luar sana. Betapa kepergiannya meninggalkan manfaat pada sesamanya."

10. "Jadikan kematian itu hanya pada badan karena tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur senantiasa menanti kedatanganmu setiap masa." - Abu Hamid Al-Ghazali

11. "Kematian adalah jembatan yang menghubungkan orang yang mencintai dengan yang dicintainya." - Jalaluddin Rumi

12. "Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati." - Bacharuddin Jusuf Habibie

13. "Kematian, adalah peristiwa tercepat, yang menjadikan segala tinggal sejarah." - Asma Nadia

14. "Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." - Q.S Al-a'raf: 162

15. "Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." - Q.S Luqman: 34

2. Kata-Kata untuk Orang Meninggal Penuh Haru

Tidak bisa dipungkiri rasa sedih, sakit, bahkan kehilangan menyelimuti diri kalian saat mengetahui orang terdekat meninggal. Perasaan tersebut wajar terjadi, namun kesedihan berlarut-larut juga bukan solusi. Sebab itulah mendoakan dan melepas dengan ikhlas menjadi cara terbaik yang bisa kalian lakukan. Selain itu, sejumlah kata-kata untuk orang meninggal di bawah ini bisa mewakili perasaan kalian ketika ditinggalkan orang tersayang.

16. "Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

17. "Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin."

18. "Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kubrunya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamin."

19. "Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya."

20. "Selamat jalan teman sejatiku, aku teman sejatimu hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga seluruh doa yang kupanjatkan untukmu ini didengar dan diijabah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Serta semoga Tuhan menempatkanmu di tempat yang terbaik."

21. "Sabar selalu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larut, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi."

22. "Bagi orang yang sedang diberikan cobaan oleh-Nya janganlah membuat hujan tangis yang deras. Sebab Tuhan akan segera memberikan sebuah kebahagiaan untukmu di sana."

23. "Kebaikan dan ketulusan hati beliau akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Semoga beliau sudah tenang di sisi-Nya ya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya."

24. "Semua rasa sakit yang kamu alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayangimu daripada kita semua di sini. Selamat jalan sahabatku, semoga kamu sudah tenang di surga sana."

25. "Air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, terima kasih sudah mau menjadi sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu."

3. Kata-Kata untuk Orang Meninggal Jadi Bahan Renungan

Kata-kata untuk orang meninggal juga dapat menjadi bahan renungan buat kalian. Ini bisa menjadikan kalian pribadi yang lebih baik. Di mana waktu dan kematian selalu berjalan beriringan yang tidak kalian ketahui kapan saatnya tiba. Adapun kata-kata untuk orang meninggal jadi bahan renungan sebagai berikut.

26. "Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya."

27. "Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian."

28. "Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin."

29. "Rezeki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman."

30. "Jika hari kemarin adalah sebuah hujan, di esok hari Tuhan selalu menjanjikan sebuah kesuburan dan kebahagiaan di atas tanah yang di hujani-Nya. Maka bersabarlah."

31. "Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah. Rasanya sungguh berat. Tapi, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya.."

32. "Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Karena, segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum."

33. "Sehebat apa pun kau rasa profesimu, tidak ada yang istimewa. Kita semua sama-sama bernapas dan berdarah. Hari ini menggenggam kehidupan, esok mungkin menggenggam kematian." - Fiersa Besari

34. "Hal yang paling jauh dari kita adalah waktu, yang paling dekat adalah kematian, yang paling berat adalah amanah." - Dian Nafi

35. "Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meskipun kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kokoh." - Q.S An-Nisa': 78

36. "Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya." - Ibn al-Qayyim

37. "Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walaupun sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita." - Ali Mustafa Tanthowi

38. "Ada masa di mana tanah menjadi tempat pembaringannya, ulat menjadi temannya, munkar dan nakir menjadi tamunya, kuburan menjadi tempat tinggalnya, perut bumi menjadi tempat menetapnya, surga atau neraka menjadi tempat kembalinya."

39. "Janganlah kalian menginginkan mati karena suatu bahaya yang menimpanya. Jika memang ia benar-benar ingin melakukannya maka katakanlah, Ya Allah, hidupkan aku jika memang hidup itu lebih baik untukku. Dan matikanlah aku jika memang mati itu lebih baik untukku." - HR. Bukhari

4. Kata-Kata untuk Orang Meninggal dalam Islam

Dalam Islam, saat mendengar kabar meninggalnya seseorang umumnya mengucapkan kalimat istirja'. Kalimat ini seringkali diucapkan saat seseorang terkena sebuah musibah baik sakit, bencana, ataupun meninggal dunia. Selain itu, ada sejumlah kata-kata untuk orang meninggal dalam Islam yang penuh doa ditunjukkan untuk orang yang telah meninggal ataupun keluarga yang ditinggalkan. Berikut ini kata-kata untuk orang meninggal.

40. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak."

41. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT."

42. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

43. "Kami yakin kalau Allah SWT tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya, maka kamu harus merasa tegar."

44. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Amin."

45. "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin."

46. "Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu 'indaka fiil muhsinin, waj'al kitaabahu fii 'illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba'dahu."

47. "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin."

48. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya."

49. "Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga Almarhum diterima sang pencipta."

50. "Sebagaimana Engkau membersihkan baju yang berwarna putih dari segala kotoran, berikanlah rumah yang lebih baik dari pada rumahnya di dunia. Berilah keluarga atau istri di surgamu nanti, yang lebih baik dari keluarganya di dunia. Masukkan ia ke surgamu dan jauhkan ia dari api neraka."

Nah itulah 50 kata-kata untuk orang meninggal, penuh haru dan menyentuh hati. Sejumlah kata-kata untuk orang meninggal di atas dapat mewakili perasaan kalian dan menjadi pelajaran berharga bagi tiap orang.

Sumber: Bola.com, Brilio.net, Liptan6.com

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI