114 Kata Mutiara Suami Istri Islami Penuh Makna, Pesan Bijak Bangun Rumah Tangga Berkah

Jum'at, 20 Agustus 2021 12:11
114 Kata Mutiara Suami Istri Islami Penuh Makna, Pesan Bijak Bangun Rumah Tangga Berkah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjalankan bahtera rumah tangga memang bukanlah perkara yang mudah. Berbagai cobaan seringkali muncul menguji kekokohan rumah tangga. Jadi sudah semestinya sebagai pasangan, suami dan istri bisa saling melengkapi dan mendukung. Kata mutiara suami istri islami yang penuh bisa jadi satu pedoman dalam membina rumah tangga yang harmonis.

Seperti yang kita tahu, dalam agama Islam pernikahan dianggap salah satu ibadah penting. Pasalnya, menikah menjadi ibadah yang dilakukan sepanjang hidup bersama pasangan. Oleh sebab itu, penting bagi setiap muslim berpegang pada aturan dan anjuran agama Islam dalam menjalankan kehidupan rumah tangganya. Agar, rumah tangga berjalan harmonis dan penuh berkah.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kata mutiara suami istri islami yang penuh makna, serta bisa membawa keberkahan dalam berumah tangga.

 

1. Kata Mutiara Suami Istri Islami Penuh Makna

Pernikahan merupakan satu hal yang suci. Oleh karena itu, berbagai hal tentang pernikahan selalu mempunyai makna yang mendalam. Begitu pula dengan kata mutiara suami istri islami berikut ini, penuh makna dan pelajaran berharga.

1. "Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga."

2. "Wanita mana saja yang meninggal dunia, sementara suaminya merasa ridha terhadapnya, maka ia akan masuk surga."

3. "Jangan pernah mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu?" - Imam Syafi'i

4. "Seperti sepasang sepatu, berdua namun tetap satu. Karena satu saja tidak akan berguna."

5. "Semahal apa pun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar."

6. "Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan."

7. "Sebaik-baik cinta adalah pernikahan. Dan sebaik-baik mencintai adalah saling mendoakan."

8. "Saat seorang pria mengatakan 'saya terima' dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan 'bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai, dan melindunginya'."

9. "Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah."

10. "Seorang laki-laki tak hanya bertanggung jawab untuk menghidupi keluarganya di dunia. Sebagai suami, seorang laki-laki harus bisa mempertanggung jawabkan masa depan keluarganya di akhirat nanti."

11. "Seorang istri yang salihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran, namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah."

12. "Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah."

 

2. Kata Mutiara Suami Istri Islami Penuh Doa

Pernikahan juga dipandang sebagai satu ibadah yang istimewa. Itulah sebabnya, pernikahan selalu dihujani dengan doa-doa baik mengharapkan keberkahan Allah SWT. Berikut beberapa kata mutiara suami istri yang penuh doa memohon keberkahan.

13. "Sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak muncul dengan sendirinya, tetapi harus diusahakan bersama istri."

14. "Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang."

15. "Saat pasangan suami istri berdoa bersama-sama, mereka sesungguhnya sedang berbagi keintiman yang tidak dapat diciptakan dengan cara apa pun. Itu adalah perasaan yang luar biasa."

16. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

17. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

18. "Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita."

19. "Menikah itu cinta yang diberkahi. Awalnya janji, selanjutnya adalah ibadah, penghujungnya Insyaallah ridha Ilahi."

20. "Seorang suami yang memuliakan istrinya maka akan mendapatkan tempat terindah di sisi Allah SWT."

21. "Apa pun hal yang kau habiskan bersama keluargamu, nanti akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan dengan sepotong makanan yang kau suapkan ke mulut istrimu."

22. "Suamiku, bertakwalah kepada Allah. Janganlah engkau memberi makan kami kecuali yang halal. Sungguh, kami bisa bersabar atas makanan yang sedikit, tetapi kami tidak bisa bersabar atas panasnya api neraka di akhirat."

23. "Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga."

 

3. Kata Mutiara Suami Istri Islami Menyejukkan Hati

Tidak saja penuh makna, kata mutiara islami juga selalu menyejukkan hati. Siapapun yang membacanya akan merasa tenang dan tentram hatinya. Berikut beberapa kata mutiara suami istri islami yang bisa menyejukkan hati dan buat harmonis rumah tangga.

24. "Seorang suami yang baik akan menyeka air mata istrinya, tapi suami yang hebat akan mendengarkan dengan baik cerita istrinya yang membuatnya menangis."

25. "Suamiku mungkin tidak sempurna, tapi dia sangat sempurna di mataku."

26. "Walau dengan siapapun Allah menjodohkan kita, bersyukurlah dengan kelebihannya dan bersabarlah dengan kekurangannya."

27. "Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang salihah." - HR. Muslim

28. "Pernikahan seperti mosaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta."

29. "Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah pun akan tidak bahagia."

30. "Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan."

31. "Ucapkanlah kata-kata yang dapat menyentuh hati dan membuat istrimu bahagia."

32. "Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang."

33. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

34. "Laranglah istrimu bergaul dengan wanita fasik karena perangai buruk bisa cepat menular ke orang lain."

35. "Sesungguhnya dunia itu penuh dengan perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah."

36. "Istrimu adalah rezekimu. Istrimu adalah pilihanmu. Istrimu adalah takdirmu. Maka jangan memandang kepada selain milikmu dan jangan membanding-bandingkannya dengan wanita yang bukan milikmu."

 

4. Kata Mutiara Suami Istri Islami Bijak

Islam merupakan agama yang mengedepankan akhlak di berbagai aspek kehidupan. Termasuk, akhlak dalam membina rumah tangga. Karenanya, kata mutiara suami istri juga penuh akan pesan bijak yang bisa membawa rumah tangga harmonis dan langgeng bahkan sampai akhirat. Berikut beberapa kata mutiara suami istri islami dengan pesan bijak.

37. "Sebaik-baik kalian suami adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya."

38. "Satu di antara jalan terindah untuk beribadah kepada Allah adalah melalui pernikahan."

39. "Istri salihah adalah dia yang tak pernah menunjukkan kecantikan dan keindahan tubuhnya selain di depan suaminya sendiri."

40. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerjasama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."

41. "Istri salihah adalah istri yang taat kepada suaminya dan melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya."

42. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerja sama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."

43. "Suami saleh adalah suami yang dapat membimbing istrinya ke jalan yang diridhai Allah dan Rasul-Nya."

44. "Satu di antara jalan terindah untuk beribadah kepada Allah adalah melalui pernikahan."

45. "Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa menjalani hidup dengan damai bersama istrimu, melainkan saat kamu tidak dapat menjalani hidup dengan damai tanpanya."

46. "Jangan pernah menceritakan hal buruk tentang suamimu kepada siapa pun."

47. "Bagi muslim, adalah kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik."

48. "Istri yang paling beruntung adalah dia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong, dan berhati tulus. Jika dia pergi, istri merindukan. Jika dia ada, istri ingin terus berdekatan."

49. "Seorang istri lebih memilih suami yang bisa menjadi sandaran dalam hidupnya daripada berlimpah harta, namun menyakiti hatinya."

50. "Jika pasanganmu marah, kamu harus tenang. Jika yang satu adalah api, yang lainnya haruslah air."

51. "Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu."

52. "Adalah suatu kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik." - Dr. Bilal Philips

53. "Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama."

54. "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."

55. "Tertawa, bermain dan bercandalah dengan istrimu. Karena itu adalah sunnah."

 

 

5. Kata Mutiara Suami Istri Islami Romantis

Menumbuhkan rasa cinta dan sayang dalam berumah tangga dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menunjukkan perhatian melalui kata-kata cinta. Seperti kata mutiara suami istri Islami yang romantis dapat menjaga hubungan makin erat. Berikut ulasannya tentang kata mutiara suami istri Islami yang romantis.

56. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

57. "Kalaulah aku kumpulkan semua saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan bersamamu."

58. Istriku, yang namanya cinta akan menjadi indah jika berpondasikan dengan kasih sayang Sang Pencipta, karena sesungguhnya cinta berasal dari-Nya dan cinta yang paling utama adalah cinta kepada Sang Pencipta."

59. "When Allah loves you, He places the love of you in the hearts of the people whose love is worth having."

(Ketika Allah mencintaimu, Dirinya bakal menempatkan cintamu di hati seseorang yang cintanya terbukti pantas untuk dimiliki)

60. "Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana."

61. "Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.

62. "Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku."

63. "Di setiap doa dalam sujudku aku selalu memohon kepada Tuhan untuk bisa hidup bahagia bersama dan anak-anak kita."

64. "With love and mercy insya allah, I pray to stand by your side in jannah."

(Insyaallah dengan cinta serta rahmat-Nya, aku berdoa semoga berada di sisimu di surga nanti)

65. "Aku ingin cinta yang akan berkata: 'Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah."

66. "Rumah tangga yang selalu mendekatkan diri kepada Allah akan menjadi keluarga yang layak untuk ditolong olehNya dalam segala urusan ataupun cobaan."

67. "Kisah cinta terlarang berakhir saat menikah. Sementara kisah cinta Halal yang sejati, dimulai saat menikah dan diakhiri dengan masuk surga Bersama."

68. "You are my du'a which came true."

(Kamu merupakan doaku yang telah menjadi kenyataan.)

69. "To my future husband: I'm praying for you and I'm excited to pray with you for the rest of our days."

(Teruntuk suami masa depanku: Aku rutin berdoa untukmu serta aku sangat berharap untuk bisa berdoa bersama denganmu di sisa-sisa hidup kita)

 

6. Kata Mutiara Suami Istri Islami untuk Renungan

Tak hanya bisa mewakili rasa sayang dan cinta untuk suami ataupun istri, melainkan ada juga kata mutiara suami istri Islami yang bisa kalian jadikan renungan bersama. Sebab kata mutiara suami istri Islami berikut ini mengandung kata-kata bijak sarat makna tentang arti cinta. Langsung saja simak referensinya tentang kata mutiara suami istri Islami untuk renungan dan introspeksi diri.

70. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

71. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar." - Q.S Ar-Rum: 60

72. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

73. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu "padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. - QS. Al Baqarah ayat 216

74. "Allah selalu menjawab doamu dengan 3 cara. Pertama, langsung mengabulkannya. Kedua, menundanya. Ketiga, menggantinya dengan yang lebih baik untukmu."

75. "Temukanlah kedamaian dalam diri sendiri dan kamu akan menemukan hubungan sejati dengan orang lain."

76. "Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada."

77. "Berhentilah mencari orang yang sempurna, tetapi carilah orang yang juga bisa memperbaiki keturunanmu."

78. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan." - Ibnu Qayyim

79. "Tugasmu bukan sekadar mencari cinta, tapi mencari semua penghalang dalam diri yang kau bangun untuk melawannya."

80. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerjasama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."

81. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

82. "Jangan pernah menyerah ketika doa doamu belum terjawab karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah SWT bahkan akan memberikan yang lebih."

83. "Wanita (Istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara dirinya ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka."

84. "Perubahan memang memiliki awal yang berat, bisa kacau di pertengahan namun akan indah pada akhirnya."

85. "Jadilah yang terbaik di mata Allah, jadilah yang terburuk di mata diri sendiri, jadilah sederhana di antara manusia."

86. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

87. "Jika kamu merasa tidak bisa mengucapkan kata-kata yang baik, perkataan yang sopan dan juga tidak menyakiti hati maka pilihan terbaik adalah diam."

88. "Dipilih karena fisik dan rupa mungkin akan sedikit membanggakan tetapi dipilih karena pondasi agama akan lebih mengagumkan."

89. "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya." - HR. Abu Hurairah

90. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

91. "Bersabaralah karena Allah SWT mencintai golongan orang-orang yang bersabar."

92. "Jangan pernah melupakan orang-orang yang membantu kita saat sedang mengalami masalah yang besar, yakni keluarga, sosok rumah tangga yang bahagia."

93. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

94. "Belajarlah untuk memaafkan, dirimu yang pertama dan kemudian yang lain."

95. "Dan sesungguhnya DIA lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis." - (QS. 53:43)

96. "Bagi muslim, adalah kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik." - Dr. Bilal Philips

97. "Jangan terlalu bersedih karena pertolongan akan selalu datang bersama dengan kesabaran." - HR. Ahmad

98. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."

99. "Hidup kadang-kadang tak seindah yang diinginkan, tetapi janji Allah adalah pasti."

 

 

7. Kata Mutiara Suami Istri Islami Bikin Harmonis Rumah Tangga

Sejumlah kata mutiara suami istri Islami berikut ini bikin hubungan kalian mungkin saja makin harmonis. Sebab ada ungkapan syukur dan rasa terimakasih buat diberikan untuk pasangan atas semua pengorbanan ataupun tanggung jawabnya buat kalian. Berikut beberapa referensinya tentang kata mutiara suami istri Islami bikin harmonis rumah tangga.

100. "Tak pernah terlupa, selalu ku sebut namanya dalam setiap do'aku. Ya Allah jagalah hatinya hanya untukku, meski ada jarak yang memisahkan kita."

101. "Sebagian dari kesempurnaan kebahagiaan yang ada di dunia ialah bisa memiliki keluarga yang bahagia."

102. "Memang benar cinta tidak akan membuat dunia berputar tetapi cinta yang berputar di dunia bisa membuat perjalanan di dunia sangat berharga."

103. "Surga yang nyata saat ini yang bisa kita rasakan adalah rumah kita yang selalu dipenuhi oleh kehangatan dari keluarga kita."

104. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." - HR. Bukhari

105. "Ciri-ciri orang yang mencintai keluarganya ialah selalu bersabar dalam mendidik akhlak dan keimanan rumah tangganya."

106. "Bahkan dalam keadaan gelap, kebahagiaan akan bisa ditemukan. Asal, tidak pernah lupa untuk menyalakan lampu."

107. "Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa hidup dalam damai dengan istrimu. Tapi bila kamu tidak dapat hidup dalam damai tanpanya." - Yasir Qadhi

108. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." - Ali bin Abi Thalib

109. "Pemimpin rumah tangga merupakan seorang ayah. Jadilah ayah yang mampu memimpin keluarga dengan integritas."

110. "Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." - Nabi Muhammad SAW

111. "Remind me of Allah, if your love for me is indeed true."

(Ingatkan aku rutin terhadap Allah apabila kamu sangatlah cinta kepadaku)

112. "Seorang pria tampan dan seorang wanita cantik, akan membuat acara pernikahan yang indah. Tapi pria yang setia dengan seorang wanita sholihah, akan membuat pernikahan yang indah."

113. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

114. "Cinta sejati tidak berakhir pada saat kematian datang. Jika Allah menghendaki, maka cinta itu akan berlanjut di jannah nanti."

Itulah di antaranya 114 kata mutiara suami istri islami yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI