126 Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih, Renungan Bersikap Adil - Curahan Kesedihan Seorang Anak

Selasa, 07 September 2021 12:22
126 Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih, Renungan Bersikap Adil - Curahan Kesedihan Seorang Anak
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Anak adalah anugerah yang dititipkan Tuhan kepada orang tua. Sebab itulah, mencurahkan kasih sayang dan menjaga anak tentu sudah menjadi tugas orang tua. Namun, apa jadinya jika orang tua justru pilih kasih terhadap anak? Kesedihan dan kekecewaan anak mungkin saja terjadi.

Orang tua yang pilih kasih biasanya cenderung memberikan lebih banyak perhatian dan kasih sayang pada salah satu anak. Sebutan sebagai anak kesayangan tentu cukup familiar terdengar saat menjumpai fakta orang tua yang pilih kasih.

Sikap pilih kasih terhadap anak perlu dihindari orang tua. Sebab sikap tersebut justru bisa memicu kecemburuan ataupun rasa iri di antara anak. Selain itu, menghindari sikap pilih kasih dalam keluarga tentunya bisa menciptakan kenyamanan di rumah.

Sejumlah kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih seperti ulasan di bawah ini mengandung makna mendalam buat kalian jadikan pelajaran berharga. Jika kata-kata tersebut relate, maka dapat mewakili perasaan kalian yang kecewa atau sedih karena sikap ayah dan ibu.

Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak untuk orang tua pilih kasih telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih

Kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih dapat menggambarkan kesedihan seorang anak ketika menerima ketidakadilan dari ayah dan ibunya. Sebab itulah, kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih sebagai berikut mengandung pelajaran berharga buat kita jadikan renungan bersama. Yuk simak ulasannya tentang kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih.

1. "Pilih kasih secara tidak langsung akan memberi pembelajaran kepada anak agar selalu memprioritaskan seseorang yang lebih berharga daripada orang-orang yang juga menjadi prioritas nya."

2. "Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekalipun didustakan." - Widodo Judarwanto

3. "Jaga keluargamu dengan kasih sayang dan jangan sampai ada pilih kasih di dalam keluargamu."

4. "Anak-anak jarang salah dalam mengutip suatu hal. Malah biasanya mereka mampu menirukan kata demi kata hal-hal yang tak seharusnya Anda ucapkan."

5. "Ketika teringat sebuah ketidakadilan didalam keluargaku, aku coba untuk menghela nafas agar aku tidak pernah seperti itu."

6. "Hangatkan keluargamu dengan kasih sayang dan jangan ada penyakit seperti pilih kasih didalam keluargamu."

7. "Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita."

8. "Anak akan menjadi peniru sifat kedua orangtuanya, jika orang tuanya memiliki sifat pilih kasih, maka akan menurun kepada anak-anak nya kelak."

9. "Apapun tindak pilih kasih, akan menghancurkan segalanya."

10. "Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiranmu daripada sekadar hadiah darimu."

11. "Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik." - Hadis

12. "Anak-anak lebih membutuhkan contoh dibandingkan kritik."

13. "Jika kamu ingin anakmu berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang kamu katakan tentang mereka kepada orang lain." - DR Haim Ginott

14. "Anakmu akan mengikuti atau meniru tingkah lakumu, bukan nasihatmu."

15. "Orang tua adalah seorang manusia ia bisa juga salah, karenanya ia harus terus menerus berbenah."

16. "Tidak ada pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya, selain daripada akhlak yang mulia." - Hadis

2. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih Penuh Kekecewaan

Betapa sedih dan kecewanya perasaan kita saat mengetahui orang tua ternyata pilih-pilih kasih. Meski sedih, sikap dewasa dan bijak perlu ditunjukkan seperti ulasan kata-kata untuk orang tua yang pilih kasih sebagai berikut. Kata-kata ini menggambarkan rasa kecewa anak namun dirangkai dengan kalimat bijak dan bermakna. Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih penuh perasaan kecewa.

17. "Salah satu alasan mengapa rumah menjadi tempat tidak nyaman adalah adanya ketidakadilan seperti pilih kasih di dalamnya."

18. "Apakah pantas hari ini masih harus pilih kasih? Lebih baik saling menyemangati dan mensupport anak-anak nya agar menjadi apa yang ia banggakan."

19. "Ada rasa kecewa didalam diri seorang anak yang merasakan ketidakadilan orang tuanya."

20. "Mungkin aku yang kurang melihat sekitar sehingga menilai orang-orang di sekitarku pilih kasih."

21. "Bukan hidup yang pilih kasih, tapi aku saja yang kurang berjuang."

22. "Belajar menerima semua tindakan orang terhadapku termasuk tindakan pilih kasih."

23. "Semua anak adalah baik karena Allah telah menginstal di dalam dirinya fitrah yang lurus."

24. "Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu."

25. "Anak-anak tidak pernah baik dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun, anak-anak tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua." - James Baldwin

26. "Aku harus membiasakan diri untuk kehidupan yang tidak adil ini."

27. "Bukan tentang apa yang kamu tinggalkan untuk anak-anakmu, melainkan apa yang kamu tinggalkan dalam diri anak-anakmu."

3. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih Agar Bersikap Adil

Sejumlah kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih berikut ini bisa jadi renungan dan introspeksi diri. Sebab, sikap pilih kasih justru bisa memberi dampak buruk pada anak baik secara fisik ataupun kesehatan mental. Untuk itulah di bawah ini ada beberapa referensi kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih agar bersikap adil.

28. "Kenapa orang tua harus pilih kasih? Sedangkan semua anak dilahirkan sama dalam keadaan suci."

29. "Menjadi orang tua memanglah sulit harus memikirkan banyak hal, apalagi ketika banyak memiliki anak, pasti ada sedikit celah pilih kasih didalam itu, maka jagalah keluargamu dari ketidakadilan kecil itu."

30. "Anak-anak jarang salah dalam mengutip suatu hal. Malah biasanya mereka mampu menirukan kata demi kata hal-hal yang tak seharusnya kamu ucapkan."

31. "Kehidupan, cinta dan canda tawa - sebuah hadiah tak ternilai bagi anak-anak kita." - Phyllis Dryden

32. "Untukku pilih kasih adalah hal yang tidak berkeadilan."

33. "Menjadi panutan bukan tugas anak sulung kepada adik-adiknya, tapi tugas orang tua kepada semua anaknya."

34. "Ketika hati tak menentu, jagalah lidah dari ucapan. Terkadang diam mempunyai peran penting agar tak menyakiti seseorang."

35. "Orang tua adalah tempat berlindung seorang anak. Jika sang anak sudah tak merasa aman lagi di sana maka kau harus belajar menjadi orang tua lagi."

36. "Hati seorang ibu merupakan pendidikan pertama bagi anak-anaknya."

37. "Keadilan tidak saja perlu dijalankan, tetapi juga perlu dipercayai."

38. "Anak-anak belajar caranya tersenyum dari orang tua mereka. Bagaimanapun keadaannya, mereka adalah mutiara hati yang diberikan langsung oleh Tuhan."

4. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua yang Pilih Kasih Penuh Nasihat

Kesalahan tentunya tak hanya bisa dilakukan seorang anak melainkan terkadang orang tua juga bisa bersalah. Salah satunya ketika orang tua menunjukkan sikap pilih kasih yang membuat hati anak begitu sedih. Untuk itulah di bawah ini ada ulasan tentang kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih penuh nasihat berharga.

39. "Anak-anak di rumah butuh pelukan hangat. Bukan sikap pilih kasih dari orang tua."

40. "Orang tua yang selalu pilih kasih akan menerima perlakuan yang sama di masa depan nanti."

41. "Pilih kasih bukanlah pilihan namun harus selalu dihindari agar rumah menjadi tempat yang menenangkan dan nyaman untuk pulang."

42. "Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik." - Hadis

43. "Ajari anakmu bahwa mereka adalah pribadi yang unik. Dengan begitu, mereka tak akan merasa terbebani untuk menjadi sama seperti orang lain."

44. "Banyak sisi buruk di dalam pilih kasih, jangan pernah melakukan hal ini kepada anak-anakmu karena akan berdampak buruk di masa depan."

45. "Sesekali kalian berdua harus menanyakan bagaimana pendidikanmu terhadap anak-anakmu, apakah terdapat ketidakadilan di dalamnya."

46. "Hadiah terbaik dari seorang Ayah kepada anaknya adalah pendidikan dan pengasuhan."

47. "Anak-anak bukanlah buku mewarnai. Kamu tak dapat mewarnai mereka sesuka hatimu."

48. "Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."

49. "Tidak perlu pilih kasih, berikan saja rasa sayangmu yang rata kepada anak-anakmu."

50. "Anak akan selalu rindu orang tuanya karena dahulu selalu mendapatkan kehangatan kedua orang tuanya, maka terapkanlah ini kepada semua anak-anakmu. "

51. "Hadiah terbaik yang dapat kamu berikan pada anak-anak adalah akar dari tanggung jawab dan sayap kemandirian."

52. "Berhati-hati dalam berkata, karena begitu terucap, dia hanya bisa dimaafkan, tapi tidak bisa dilupakan."

53. "Kemampuan orang tua mendidik anak ada batasnya, sedangkan pintu pertolongan Allah tidak terbatas. Maka iringi proses mendidik anak dengan doa."

5. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua Tercinta

Ada banyak cara mengutarakan rasa sayang dan cinta untuk orang tua. Salah satunya melalui kata-kata manis dan indah untuk orang tua. Meski hanya berupa kata-kata, namun cara ini bisa menunjukkan betapa besarnya rasa sayang cinta kalian untuk orang tua. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata bijak untuk orang tua tercinta sebagai berikut.

54. "Pemandangan paling indah di bawah bentangan langit berbintang adalah melihat seorang ibu yang bahagia."

55. "Untuk yang kesekian kalinya, aku menyayangimu. Terima kasih karena telah menjadi panutan, sahabat, dan orang tua."

56. "Ayah, kaulah alasan mengapa aku ada di dunia ini. Tidak peduli seberapa besar aku tumbuh, kaulah yang akan menjagaku. Aku cinta kamu."

57. "Hadiah terhebat yang pernah aku miliki dari Tuhan, aku memanggilnya ayah. Aku menyayangimu."

58. "Ibu izinkan aku memeluk hatimu, agar aku merasakan apa yang engkau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu."

59. "Orang tua yang baik adalah bisa memberi contoh pada anaknya. Orang tua yang bijak adalah bisa belajar dari anaknya" - Cak Lontong

60. "Semua impianku tidak akan tercapai jika kau tidak berada di sampingku. Terima kasih, Ayah, karena selalu ada. Aku mencintaimu, Ayah."

61. "Saya percaya pada cinta pada pandangan pertama karena saya mencintai ibu saya sejak saya membuka mata."

62. "Ayah, kau menunjukkan kepadaku apa artinya menjadi manusia yang baik, rendah hati, dan tulus. Aku mencintaimu karena kau membesarkanku menjadi sepertimu."

63. "Cinta ayah itu terkadang tak akan terlihat, karena memang ia tak pandai untuk menunjukkannya."

64. "Ibu, saya tidak bisa cukup berterima kasih atas apa yang telah kau lakukan untuk saya. Kau selalu ada saat aku sangat membutuhkanmu."

65. "Aku berterimakasih atas semua yang telah kau ajarkan untukku, dan aku merasa bersyukur bisa memanggilmu 'Ibu'. Aku mencintaimu Ibu."

66. "Tulangmu begitu kuat menyangga semua cobaan hidup. Demi anak dan istri di rumah."

67. "Ibu saya adalah kritikus terbaik saya, namun pendukung terkuat saya."

68. "Kekuatan cinta dan bimbinganmu telah membuatku mencapai posisi ini dalam hidup. Terima kasih ayah. Aku cinta kamu."

69. "Mama, cinta dan kasih sayangmu yang begitu berarti. Hanya Mama yang bisa memberikan cinta setulus ini. Terima kasih Mama."

70. "Ibu maafkanlah kata-kata yang telah terucap oleh bibirku, anakmu terkadang telah menyakiti perasaan ibu, aku sungguh tidak kuasa untuk melihatmu sedih karena kelakuanku."

71. "Tak terhitung banyaknya nyanyian yang engkau alunkan untukku terlelap, karena ucapan terima kasih pun tak cukup membalasnya. Selamat menjadi ibu terhebat di hidupku."

72. "Ibuku: dia cantik dan lemah lembut. Saya ingin menjadi tua dan menjadi seperti dia."

73. "Ayah, terima kasih telah menjadi orang yang berhenti menggandeng tanganku dan mengawasi langkahku di saat yang tepat."

74. "Tidak pernah ada yang bisa menggantikan Ibu untuk menjadi pelindung sayapku."

75. "Ayah, terima kasih untuk segala sesuatunya. Cinta, kerja keras, perlindungan, tawa, dan tangis yang telah engkau berikan pada anakmu."

76. "Aku hanya ingin membuatmu bangga. Setidaknya setelah semua yang telah engkau berikan kepadaku."

77. "Saya mencintai Ibu saya seperti pohon mencintai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, makmur, dan mencapai ketinggian yang luar biasa." - Terry Guillemets

78. "Restu dari ayah dan ibu adalah ridho dari Yang Maha Kuasa untuk langkahku."

79. "Ayah, kau sangat menyayangi anak-anakmu. Keringatmu menjadi inspirasiku. Tawamu yang selalu aku rindukan dan sedihmu adalah deritaku."

80. "Jika aku tahu apa itu cinta, itu karenamu ibu."

81. "Kata-kata tidak cukup untuk memberitahumu betapa aku mencintaimu, ayah. Kau adalah inspirasiku. Cintamu adalah hadiah berharga dalam hidupku."

82. "Aku mencintaimu, Ayah. Terima kasih karena selalu membimbingku dengan kesabaran dan cinta."

83. "Murni, teduh, dan lembut. Itulah hati terbaik yang pernah diciptakan Tuhan. Itu semua adalah hatimu, Ibu."

6. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua Penuh Doa Terbaik

Mendoakan yang terbaik untuk orang tua tentu menjadi tugas seorang anak. Sebab dengan mendoakan bisa jadi salah satu cara berbakti kepada orang tua. Ini dilakukan karena pengorbanan orang tua begitu luar biasa untuk setiap anak hingga bagi kita mungkin tidak bisa membalas kebaikannya dengan apapun. Berikut kata-kata bijak untuk orang tua penuh doa terbaik.

84. "Ya Allah, jagalah kedua orang tuaku seperti mereka menjagaku sewaktu aku kecil."

85. "Ibu, engkau adalah wanita yang paling cantik, wanita yang paling tangguh, wanita yang paling hebat, dan merupakan makhluk Tuhan yang paling agung dalam ciptaan-Nya."

86. "Tuhan, sehatkanlah Ibu dan Ayahku, sukseskanlah dan jadikanlah aku anak yang membahagiakan mereka."

87. "Ya Allah Ya Tuhan ku. Ampunilah dosa kedua ibu bapa ku. Kau sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku semasa kecil dahulu."

88. "Sederhana saja keinginanku, melihat kedua orang tuaku sehat selalu."

89. "Aku selalu berdoa pada Tuhan untuk selalu dapat membuat setiap pertemuan kita tak berakhir, Bu. Selamat hari ibu perempuan penyelamatku."

90. "Ya Tuhan, mohon beri ayah dan ibu umur yang panjang, agar mereka bisa melihat aku berhasil di masa depan. Amin."

91. "Jaga dirimu baik-baik ayah. Jauh di sini doaku akan ku utus untuk menjagamu."

92. "Disetiap doa ku, tak lupa pula aku memberikan doa terhadap kedua orang tua ku."

93. "Terima kasih Tuhan telah menitipkanku kepada malaikatmu yang kusebut ibu."

94. "Ayah Aku menghargai segala pengorbananmu Akan ku balas jasamu yang indah itu Janji manisku padamu."

95. "Setiap malam engkau selalu berdoa untuk aku. Begitu pun aku akan terus berdoa supaya ayah diberi umur panjang."

96. "Kebahagiaan adalah melihat senyum ibu."

7. Kata-Kata Bijak untuk Orang Tua Paling Menyentuh

Kata-kata bijak untuk orang tua di bawah ini mengandung pesan menyentuh dari hati terdalam seorang anak. Jika relate, kata-kata bijak untuk orang tua sebagai berikut dapat mewakili perasaanmu buat mereka yang telah berjasa dan istimewa di hidupmu. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata bijak untuk orang tua paling menyentuh.

97. "Ayah dan Ibu, ku tahu betapa sulitnya kalian merawat dan menjagaku, membesarkanku juga mendidikku hingga dewasa, namun semua itu tidak akan ku sia-siakan. Ku berjanji, pengorbanan kalian adalah kebahagiaan kalian kelak."

98. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

99. "Mimpiku adalah ingin membuat ayah tersenyum lepas."

100. "Di Kaki gunung Anda akan menemukan tanah yang subur. Di kaki langit Anda akan melihat panorama indah, dan ki Kaki ibu Anda akan temukan pintu menuju surga."

101. "Kamu tahu, seorang Ayah mungkin akan pergi. Namun, setiap Ibu akan terus menemani." - Asma Nadia

102. "Kebaikan seorang ayah lebih tinggi dari gunung, dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari lautan" - Japanese Proverb

103. "Ayah dan Ibu, ku tahu betapa sulitnya kalian merawat dan menjagaku, membesarkanku juga mendidikku hingga dewasa, namun semua itu tidak akan ku sia-siakan. Ku berjanji, pengorbanan kalian adalah kebahagiaan kalian kelak."

104. "Aku hanya ingin membuatmu bangga, meski yang terjadi tak selalu bisa sama dengan apa yang aku harapkan."

105. "Aku berjuang hanya untuk dua hal. Orang tua yang harus bahagia dimasa tua, dan cinta yang akan mendampingiku selamanya."

106. "Satu pelukan untuk ibu dan ayah kita hari ini, jauh lebih membahagiakan daripada seribu pelukan di batu nisannya nanti."

107. "Terima kasih ayah, yang selalu memberi nasihat walau kadang aku tak peduli walau aku kerap buatmu sedih."

108. "Pada anak muda terdapat air mata tanpa kesedihan, pada orang tua terdapat kesedihan tanpa air mata" - Joseph Roux

109. "Kata-kata tidak bisa mengungkapkan rasa syukur yang pantas Ibu terima atas semua yang telah Ibu lakukan untuk kami selama bertahun-tahun."

110. "Kau tak banyak menunjukkan ekspresi dengan ucapan, tapi tepukan ringan di pundak atau jabat tangan erat sudah cukup memberitahu kalau kau sangat bangga padaku."

111. "Perjuangan ayah selama ini akan ku balas dengan prestasi-prestasi ku nanti. Aku berjanji yah."

112. "Orang tua tak pernah berharap harta kekayaan dari anaknya, namun perhatian dan kasih sayang tulus dari anak, menantu, dan cucu, itulah yang sangat mereka harapkan."

113. "Ibu aku malu pada mu begitu besar pengorbananmu untukku. Namun ku tak bisa membalas nya."

114. "Kau tak banyak menunjukkan ekspresi dengan ucapan, tapi tepukan ringan di pundak atau jabat tangan erat sudah cukup memberitahu kalau kau sangat bangga padaku."

115. "Untuk Membentuk Sebuah Pasukan yang Kuat, Aku Membutuhkan 1.000 Bala Tentara. Tetapi, Untuk Membentuk Jiwa yang Hebat, Aku Hanya Butuh Seorang Ayah."

116. "Puluhan tahun sampai sat ini kita hisap tenaga, keringat, air mata orang tua, mereka sampai rela berkorban nyawa mempertaruhkan hidupnya, hanya untuk kita" - Abdullah Gymnastiar

117. "Jika saya tidak memilikimu sebagai seorang Ibu, saya akan memilihmu sebagai teman."

118. "Jika kau cukup beruntung memiliki orangtua yang masih hidup di planet ini, telpon mereka. Telpon mereka, jangan SMS, jangan e-mail. Dengarkan mereka berbicara selama yang mereka mau padamu" - J. K. Simmons

119. "Maafkan anakmu ini yang tidak pernah mendengar keluh kesahmu."

120. "Kau selalu mendukungku untuk melakukan semua yang ku inginkan. Terima kasih, Ayah."

121. "Tidak ada pengaruh sekuat pengaruh Ibu." - Sarah Josepha Hale

122. "Mungkin ibu lebih kerap menelpon untuk menanyakan keadaanku setiap hari, tapi apakah aku tahu, bahwa sebenarnya ayahlah yang mengingatkan ibu untuk meneleponku?"- Maman Suherman

123. "Dunia dan kehidupan berubah dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, tetapi cinta dan ingatanmu, tidak akan pernah berlalu."

124. "Ayah, jangan pergi dulu sebelum melihat aku sukses meraih mimpi."

125. "Aku tidak bisa meminta Ibu yang lebih baik. Bahkan dalam kekuranganmu, aku melihat kesempurnaan."

126. "Tidak ada beludru yang selembut pangkuan Ibu, tidak ada mawar yang secantik senyumnya, tidak ada jalan setapak yang berbunga-bunga seperti yang tercetak di langkah kakinya." - Archibald Thompson

Nah itulah 126 kata-kata bijak untuk orang tua yang pilih kasih, renungan dan pelajaran buat kita agar bersikap adil. Kata-kata di atas dapat mewakili perasaan kalian yang sedih karena sikap orang tua.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI