55 Kata-Kata Cobaan Saat Alami Kegagalan, Jadi Penguat dan Memotivasi

Minggu, 28 Maret 2021 09:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
55 Kata-Kata Cobaan Saat Alami Kegagalan, Jadi Penguat dan Memotivasi
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kehidupan setiap orang pasti memiliki fase yang berbeda-beda. Kita tak akan pernah tahu kapan masalah akan datang. Kata-kata cobaan untuk meredam pergolakan batin saat ditimpa kegagalan, mungkin bisa sedikit meringankan.

Kalian pasti membutuhkan motivasi ketika berada di titik terendah kehidupan. Putus asa tak boleh dibiarkan berkepanjangan. Untuk mulai menanggulangi rasa sedih tersebut, kalian bisa mencari kisah inspiratif untuk diambil pelajarannya atau bisa juga membaca kata-kata cobaan ketika ditimpa permasalahan.

Berikut ini terdapat kata-kata cobaan yang dilansir dari berbagi sumber untuk kalian baca.

 

1. Kata-Kata Cobaan Saat Ditimpa Kegagalan

Kegagalan merupakan salah satu risiko yang harus kalian yakini ketika menuju kesuksesan. Tak usah khawatir, kata-kata cobaan berikut ini memiliki dampak positif bagi hidup kalian. Membuat kalian tetap sadar bahwa kehidupan tak mungkin hanya lurus-lurus saja.

1. "Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah dan mengalah bukan berarti kalah."

2. "Agar tidak putus asa dalam menghadapi masalah, lihatlah bahwa semuanya wajar dan bisa diupayakan menjadi lebih baik."

3. "Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika diberikan suatu cobaan yang disebut ujian dari Tuhan."

4. "Hidup ini keras dan tak mudah, tapi aku jauh lebih keras dan tak mudah dikalahkan."

5. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."

6. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

6. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

7. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

8. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

9. "Setiap pekerjaan ada risikonya, setiap kesuksesan pun juga ada risikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah risiko jadi lebih indah."

10. "Yakin itu tidak berdiri sendiri, ia bergandengan dengan syukur, dengan sabar, dengan ikhlas, dengan ridho, dengan baik sangka, dan lainnya."

11. "Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."

12. "Jadikanlah dirimu sebagai pribadi yang teguh dan kuat, dan manfaatkan sebuah peluang yang kecil sebagai jalan untuk kamu menuju pintu kesuksesan."

13. "Jalan menuju kebahagian yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

14. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

15. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

16. "Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah,hati tak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."

17. "Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan, asal sabar, usaha, dan ikhlas dalam doa."

18. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

19. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

20. "Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar."

 

2. Kata-Kata Cobaan Bagi Orang yang Hampir Putus Asa

Banyak orang awalnya tak sadar jika putus asa yang ia rasakan merupakan salah satu gejala depresi. Rasa putus asa yang berlarut-larut sudah seharusnya kalian hindari. Kata-kata cobaan untuk meringankan beban mungkin bisa memberi pertolongan.

Nah, berikut ini merupakan kata-kata cobaan yang mengandung nasihat kesabaran. Kalian bisa membacanya untuk senantiasa mengingat bahwa merasa lelah itu boleh, tapi juga harus diikuti rasa sabar dan ikhlas.

21. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

22. "Sebelum lahir kita sudah mengenal sabar dan ikhlas, ketika ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, saat ayah berjuang penuhi kebutuhan."

23. "Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

24. "Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu."

25. "Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

26. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

27. "Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

28. "Harapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar."

29. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

30. "Sebuah tidak akan pernah menjadi sulit apabila kamu bisa melewatinya dengan kesabaran dan keikhlasan."

31. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada tuhan, dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

32. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Semangat buat hari ini! Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

33. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." - Kahlil Gibran

34. "Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar".

35. "Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika diberikan suatu cobaan yang disebut ujian dari Tuhan."

36. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

37. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

38. "Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya."

39. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."

40. "Bukan masalah apa yang kau lakukan tapi, kau harus bertanggung jawab apa yang kau ciptakan."

 

3. Kata-Kata Cobaan Saat Tertimpa Masalah Keluarga

Sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat, keluarga tetap tak terhindarkan dari permasalahan. Permasalahan keluarga muncul akibat pergesekan yang sesekali terjadi. Jika ada keributan yang cukup besar, beberapa orang menyebutnya sebagai cobaan yang harus dihadapi.

Barangkali, kata-kata cobaan saat tertimpa masalah keluarga ini bisa membantu kalian dalam menghadapinya. Dengan membaca kata-kata cobaan dalam keluarga, kalian bisa menenangkan diri sekaligus terampil menyampaikan usul-usul kecil tentang penyelesaian masalahnya.

41. "Dia yang menerima kamu saat kaya, belum tentu bertahan saat kamu miskin kembali."

42. "Ketulusan lebih mudah kamu dapat ketika dalam kondisi berjuang, saat berhasil kemungkinan besar kamu hanya dijadikan pelarian sosok yang ingin enaknya saja."

43. "Aku sadar selingkuh adalah perbuatan yang salah. Tapi maafkan aku, aku tidak bisa memaafkan kesalahanmu yang itu."

44. "Sakit hati yang begitu dalam hingga mungkin tidak pernah bisa dimaafkan adalah ketika engkau menduakan cinta pasanganmu. Berselingkuh mengejar kebahagiaan yang hina bersama orang lain."

45. "Banyak yang beralasan untuk sekedar hiburan, namun di sisi lain bagaimana hati istrimu saat melihatmu menggoda wanita lain."

46. "Mendapatkan banyak wanita saat pria dalam kesuksesan itu mudah, tapi mempertahankan ketika miskin kembali itu yang sulit."

47. "Jika takdir wanita hanya menemani dari awal hingga pria capai kesuksesan kemudian ditinggalkan, maka kemungkinan wanita akan melihat pria hancur dengan pasangan barunya."

48. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

49. "Hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada ilahi."

50. "Kesabaran adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik."

51. "Rasanya aku sudah lelah dengan perilakumu akhir-akhir ini. Bagaimanapun aku berusaha untuk tetap mempercayaimu, namun sayang aku tak bisa menahan rasa kecewaku padamu."

52. "Cintaku padamu mungkin tak sempurna, sering sekali aku merasakan cemburu buta. Ketika hal itu terjadi, aku mohon padamu untuk segera menyadarkanku. Sebab kamu adalah satu-satunya orang yang kupercaya dapat melakukan itu."

53. "Katakanlah jika istrimu ini sudah tak membuat kamu tertarik lagi, jangan kamu diam dan tenggelam dengan asyik di duniamu sendiri seolah aku seperti bukan siapa-siapa kamu."

54. "Aku tahu aku tak secantik dan semenarik waktu dulu, tapi rasa sayang dan cintaku padamu mengalahkan rasa lelah membesarkan buah cinta dari kamu."

55. "Hidupku tadinya tidak menyedihkan sampai kamu telah banyak berubah. Aku rindu kamu yang dulu. Kamu yang selalu menyayangiku."

Nah, itulah kumpulan kata-kata cobaan untuk menenangkan pikiran saat ditimpa masalah.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI