55 Kata-Kata Perjalanan Hidup yang Pahit, Menyentuh dan Penuh Pembelajaran

Kamis, 11 Februari 2021 10:22 Penulis: Nurul Wahida
55 Kata-Kata Perjalanan Hidup yang Pahit, Menyentuh dan Penuh Pembelajaran
Kata-kata perjalanan hidup (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Melewati perjalanan hidup yang pahit seringkali memberikan pelajaran berharga bagi seseorang. Sebab pahit manisnya hidup tentunya pernah dirasakan setiap orang dengan beragam persoalan beragam. Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit dapat menjadi pembelajaran yang menyentuh hati.

Ibarat tak selurus jalan tol, hidup juga mengalami lika-liku yang tak terduga. Meski terkadang cukup sulit melewati beragam persoalan yang timbul, namun seringkali hal ini memberi pelajaran berharga buat kalian. Tidak menyerah dan tetap kuat menghadapi masalah perlu kalian miliki agar dapat keluar dari persoalan yang timbul.

Dukungan dari orang terdekat diperlukan agar kalian mampu menghadapinya dengan kuat. Namun selain dukungan orang terdekat, kalian juga bisa mendapatkan semangat dari sebuah kata-kata perjalanan hidup yang pahit.

Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit di bawah ini bisa menjadi referensi kalian untuk tetap semangat dan tidak menyerah dengan masalah hidup. Adapun kata-kata perjalanan hidup yang pahit telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Ini bukan hanya bisa mewakili perasaan kalian, melainkan juga dapat memberi pelajaran berharga bagi orang lain.

 

1. Kata-Kata Perjalanan Hidup yang Pahit

Seperti ulasan sebelumnya, kata-kata perjalanan hidup yang pahit memang terasa sulit dan tidak ingin dihadapi setiap orang. Namun sekali lagi kehidupan tak selalu berjalan sesuai kehendak kalian dan seringkali ada pahit manisnya kehidupan. Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit di bawah ini dapat mewakili perasaan hati kalian.

1. Kebahagiaan harus terus dirasakan dalam perjalanan hidup, bukan hanya menjadi tujuan hidup.

2. Seseorang boleh mengalami pahit getirnya perjalanan hidup. Tetapi dia tak boleh berhenti dan tak boleh kehilangan impiannya.

3. Hidup adalah perjalanan, dengan masalah untuk diselesaikan, pelajaran untuk dimengerti, dan pengalaman untuk dinikmati.

4. Anda harus bersyukur atas perjalanan hidup. Anda hanya membuat perjalanan ini sekali dalam waktu hidup Anda.

5. Hidup akan terasa lebih mudah jika kamu melihatnya sebagai perjalanan untuk dinikmati, bukan tuntutan untuk dijalani.

6. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia. - Ali bin Abi Thalib

7. Sakit sedikit dalam perjalanan menuju sukses itu hal biasa, pada saat sukses nantinya hidup Anda akan bahagia selamanya.

8. Hidup ini penuh perjuangan. Dalam perjalanan berjuang, impian adalah bensin yang membakar semangat kita menuju impian dan cita-cita.

9. Perjalanan hidup adalah proses perjuangan tanpa henti, ditaburi mimpi, diisi dengan tekad.

10. Tetap berimanlah, ketika Anda rasa hidup ini sangat susah, ingatlah perjalanan hidup ini tidak berakhir sampai sini sebelum Anda menyerah.

11. Jangan membandingkan perjalanan hidup Anda dengan orang lain karena itu adalah jalan hidup Anda bukan kompetisi.

12. Perjalanan hidup adalah proses perjuangan tanpa henti, ditaburi mimpi, diisi dengan tekad, dinyatakan dengan berani bertindak!

13. Selingkuhan kaya permen karet. Ada warna warni indah. Awalnya pas dimakan manis, tapi lama-lama pahit. Pas mau dibuang lengket, repot! - Basuki Tjahaja Purnama

14. Saran itu mudah, yang sulit adalah menerimanya, karena itu pahit dalam rasa. - Abu Hamid Al-Ghazali

15. Orang bisa lebih pemaaf dari pada yang Anda bayangkan. Tetapi Anda harus memaafkan diri Anda sendiri. Tinggalkan yang pahit dan terus maju.

 

2. Kata-Kata Perjalanan Hidup yang Bijak

Ada sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit namun bijak bisa membuat kalian tetap semangat menghadapinya. Sebab cara satu-satunya untuk menghadapi kehidupan yang pahit berasal dari diri kalian sendiri untuk tetap bangkit dan kuat. Berikut ini beberapa kata-kata perjalanan hidup yang pahit namun bijak.

16. Jangan kau bangunkan perempuan yang sedang dilanda cinta. Biarkan dia larut dalam mimpi manis, agar tak menangis saat menghadapi fakta yang ternyata pahit. - Mark Twain

17. Setiap detik dalam hidup adalah perjalanan, setiap perjalanan adalah pelajaran.

18. Sukses adalah proses perjalanan penyempurnaan diri kita terhadap pilihan kita untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik.

19. Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis. - Aristoteles

20. Engkau kopi puncak malamku, kekasih, pahit dan kelam tanpa kusedu. - Sujiwo Tejo

21. Bijaksana adalah kumpulan dari perjalanan hidup. Kebijaksanaan tidak bisa dicari, tidak bisa diberikan, dan tidak bisa dibagikan.

22. Hidup itu sebuah perjalanan, lihatlah juga sekeliling kita di sana ada banyak hal selain memenuhi ambisi saja.

23. Sebab kopi mengingatkanku pada cinta yang bertepuk sebelah tangan. Pahit, namun kita tak bisa berhenti menikmatinya. - Fiersa Besari

24. Jangan kau sia-sia kan segala karunia Tuhan, kita dilebihkan dengan akal dan pikiran. Jangan kau campurkan yang benar dan kebatilan, katakanlah yang benar walau pahit kau rasakan. - Rhoma Irama

25. Sesempurna apapun kopi yang kamu buat, kopi tetaplah kopi, yang memiliki sisi pahit yang tidak akan mungkin bisa kamu sembunyikan. - Dewi Lestari

26. Berjalan, jangan berlari, karena hidup itu perjalanan bukan pelarian.

27. Dalam perjalanan hidup Anda, kualitas pembelajaran Anda akan menjadi pembeda utama dengan pesaing-pesaing Anda.

28. Hidup adalah perjalanan. Pilihan kendaraan pun jalan yang akan dilalui sudah tersedia. Kemudi kehidupan ada di tanganmu.

29. Yang membuat hidup berarti adalah perjalanan hidupmu itu sendiri, bukan apa yang kamu dapat ketika itu.

 

3. Kata-Kata Perjalanan Hidup Penuh Makna

Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit dan penuh makna bisa mewakili perasaan kalian. Terlebih jika perjalanan hidup yang pahit ini begitu berkesan buat kalian untuk merasakan bagaimana perjuangan keluar dari persoalan yang dialami. Adapun kata-kata perjalanan hidup yang pahit dan penuh makna sebagai berikut.

30. Hidup bukanlah perlombaan melainkan perjalanan yang harus dinikmati. Nikmatilah setiap perjalanan Anda.

31. Melupakan kenangan pahit harus sepenuh hati. - Boy Candra

32. Karena hidup seperti cokelat. Perpaduan antara pahit dan manis itulah yang menjadikan serasi dan berkesan. - Yoana Dianika

33. Sabar ketika di bully itu pahit rasanya. Tapi kadang yang pahit itu justru yang bisa menyembuhkan luka. - Merry Riana

34. Kurangnya loyalitas dalam hal apa pun seringkali menjadi salah satu penyebab utama kegagalan pada perjalanan hidup kita. - Napoleon Hill

35. Hidup ini adalah perjalanan dari proses ke proses lainnya, dan sebuah proses itu berasal dari tindakan bukan pemikiran.

36. Dalam perjalanan hidup saya, saya belum pernah melihat orang yang berpikir positif berada di bawah orang yang berpikir negatif. -  Tungdw

37. Jika hidup itu perjalanan, maka kumpulkanlah bekal sebanyak-banyaknya untuk perjalananmu dan pastikan itu berguna.

38. Oh, betapa pahit rasanya melihat kebahagiaan melalui mata orang lain. - William Shakespeare

39. Betapa beratnya jujur dan mengungkapkan kebenaran. Sebab mereka adalah hal-hal yang pahit. Dan tidak semua orang menyukai kepahitan. - Bernard Batubara

40. Lebih baik kebenaran yang pahit daripada delusi yang nyaman.

 

4. Kata-Kata Perjalanan Hidup yang Berkesan

Setiap pelajaran hidup tentunya begitu berkesan bagi seseorang. Ini biasanya akan meninggalkan kenangan, kesan mendalam ataupun memori yang tidak terlupa. Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit namun berkesan di bawah ini bisa mewakili perasaan hati kalian. Berikut kata-kata perjalanan hidup yang pahit serta berkesan.

41. Jangan berlama-lama galau. Lakukanlah yang sudah jelas-jelas baik bagi Anda, walau pun awalnya pahit. - Mario Teguh

42. Kita mungkin bisa bersahabat kelak, bila semua kenangan pahit itu telah menjadi nostalgia.

43. Hidup itu perjalanan. Nikmatnya menikmati proses.

44. Hidup adalah Perjalanan, perjalanan adalah pengalaman dan pengalaman merupakan proses pembelajaran.

45. Bukan cinta yang membuat dunia terus berputar, cintalah yang membuat perjalanan hidup itu menjadi bernilai.

46. Hidup ini perjalanan yang panjang. Dan tujuannya hanya satu, untuk menuju pulang. Siapkah kita pulang? Takut? Atau rindu? - Andre Raditya

47. Selain keluarga, Anda akan sangat membutuhkan Sahabat dalam perjalanan hidup Anda, meskipun hanya 1 Sahabat, jagalah Sahabatmu.

48. Semua akan mulai dan berlalu. Hidup terjadi di antara kedua hal tersebut. Pastikan itu perjalanan yang bermakna dan indah.

49. Hidup ini adalah perjalanan yang panjang di dalam waktu yang sempit, isilah dengan perjuangan yang membanggakan, dan hargai dengan ketulusan cinta.

50. Sebuah kepastian yang pahit akan jauh lebih baik daripada keplin-planan yang manis. - Fiersa Besari

51. Dewasa memang satu proses pertemuan (kadang pahit) dengan diri sendiri. - Goenawan Mohamad

52. Kenyataan pahit selalu ikut dalam hidup kita, apa pun caranya. Tinggal cara manusia itu, mau menghadapinya atau menghindar? - Orizuka

53. Beruntunglah masih bisa mencecap pahit. Setidaknya kita bisa menakar manis itu seperti apa rasanya. - Moamar Emka

54. Perjalanan hidup akan selalu melewati sebuah terowongan gelap, untuk itu kita perlu memastikan bahwa cahaya hati tidak pernah padam.

55. Salah satu kunci menuju kebahagiaan adalah memiliki kenangan pahit. - Rita Mae Brown

Nah itulah 55 kata-kata perjalanan hidup yang pahit, menyentuh dan memberi pelajaran berharga. Sejumlah kata-kata perjalanan hidup yang pahit di atas dapat menjadi referensi buat kalian agar tetap tegar menghadapi masalah yang ada.

Sumber: Jagokata.com, juproni.com

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI