100 Kata-Kata Ramadhan Penuh Berkah dan Makna, Tingkatkan Semangat Beribadah

Selasa, 05 Oktober 2021 12:20
100 Kata-Kata Ramadhan Penuh Berkah dan Makna, Tingkatkan Semangat Beribadah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ramadhan jadi bulan yang istimewa bagi umat muslim. Setiap tahunnya, bulan spesial ini begitu dinantikan. Pasalnya, Ramadhan disebut sebagai bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini, sebulan penuh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Tak heran jika setiap umat Islam melalui bulan ini dengan suka cita. Rasa bahagia tersebut di antaranya tampak dalam kata-kata Ramadhan.

Sama dengan bulannya yang istimewa, kata-kata Ramadhan juga begitu spesial. Tidak saja menggambarkan kebahagiaan, kata-kata ini juga bisa menambah semangat seorang muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Saat bersemangat dan dijalani sepenuh hati, tentu pahala serta keberkahan akan banyak didapat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kata-kata Ramadhan yang bisa menambah semangat menjalankan ibadah puasa.

1. Kata-Kata Ramadhan Singkat Bangkitkan Semangat

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Ramadhan selalu dilalui dengan suka cita dan semangat beribadah yang membara. Membuat ucapan atau kata-kata ramadhan singkat bisa jadi cara menambah semarak bulan nan suci ini. Berikut beberapa kata-kata ramadhan singkat yang bisa bangkitkan semangat beribadah di bulan penuh berkah ini.

1. Stop Facebookan! Mari tadarusan pada bulan Ramadan.

2. Mari bersantap sahur, semoga puasa kamu diberi kelancaran dan keberkahan. Selamat sahur dan selamat berpuasa.

3. Jangan jadikan puasa untuk bermalas-malasan, tetap semangat menjalankan rutinitas sehari-hari.

4. Semoga bulan yang indah ini membawa banyak kebahagiaan bagimu dan memotivasi cara hidup yang lebih bahagia, Selamat Sahur Ramadhan teman terbaik.

5. Main layangan di sumur umum, jangan lupa untuk berjemur, untuk kamu yang paling jujur, cepat bangun untuk makan sahur.

6. Suara Azan yang sangat kita rindukan telah berkumandang, panggilan berbuka telah datang, selamat berbuka puasa.

7. Tak ada azan yang tak terdengar merdu, selalu meresap kedalam hati, dengan senyuman aku juga akan mengucapkan, selamat berbuka puasa.

8. Sehari sudah menahan dahaga, sehari sudah menahan nafsu dunia. Kini saatnya telah tiba. Selamat berbuka puasa.

9. Seberapa rezeki kita wajib bersyukur. Bersyukur Kepada Allah Yang Maha Kuasa. Ku ucapkan selamat makan sahur, sebelum waktu imsak tiba.

10. Nikmatnya puasa adalah menjaga nafsu dan emosi, namun saat berbuka jangan buat semuanya sia-sia dengan makan berlebihan saat berbuka puasa.

11. Surya turun keperaduan, maghrib pun tiba teriring azan, menandakan puasa wajib dibatalkan. selamat berbuka puasa.

12. Selamat Berbuka puasa dan bergembira sahabat. "Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan: satu kegembiraan ketika berbuka dan satu kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya" (HR Bukhari dan Muslim)

13. Berbagilah makanan kepada orang lain untuk berbuka puasa maka puasamu akan terasa lebih bermakna, selamat berbuka!

14. Jangan sahur sesudah waktunya, jangan berbuka sebelum waktunya

15. Tiada nikmat makan yang lebih dari saat berbuka puasa. Selamat menikmati hidangan berbuka puasa.

16. Stop Facebookan! Mari tadarusan pada bulan Ramadan.

17. Sebaik-baiknya sedekah adalah di bulan Ramadan.

18. Setitik tinta jadi noda dan setitik salah jadi dosa. Ramadan akan segera tiba dan marilah lebih tekun beribadah.

19. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan.

20. Ramadan, semoga berakhir dengan penuh keindahan.

21. Alhamdulillah, bertemu lagi dengan bulan puasa yang penuh berkah dan karomah.

22. Siang diisi kebaikan, malam belajar Alquran. Ramadan jadi penerang hati yang mulai remang-remang.

23. Fajar Ramadan menghampiri dunia, seperti selembar sutra yang menghapus noda, sucikan hati, dan bersihkan jiwa.

24. Ramadan adalah Bulan Yang Penuh Rizqi, bulan-Nya Allah untuk memberikan rizqi kepada orang yang mukmin.

25. Bulan Ramadan, siapa yang siap berlaga, maka surga akan menyambutnya di alam baka.

2. Kata-Kata Ramadhan dengan Doa

Selain dengan menunaikan ibadah-ibadah, untuk mendapatkan keberkahan, umat muslim juga memperbanyak do selama bulan Ramadhan. Dengan doa tulus, diyakini kimpahan berkah dan hidayah dari Allah SWT akan didapatkan. Berikut beberapa kata-kata Ramadhan yang disertai doa.

1. Ramadan, semoga berakhir dengan penuh keindahan.

2. Hati yang terluka mungkin masih membekas. Semoga di bulan suci Ramadan ini, kita dapat saling memaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

3. Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah fase pelimpahan rahmat bagi semua orang. 10 hari kedua merupakan fase pengampunan dari Allah, dan 10 hari ketiga adalah fase terbebas dari api neraka. Semoga kami bisa menjalani ibadah puasa ini sampai akhir nanti secara sempurna.

4. Napas menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah. Semoga amal diterima dan doa diijabah. Selamat berpuasa.

5. Bulan Ramadan sudah di depan mata. Tak lama lagi kita akan berjumpa. Siapkan hati untuk mendekatkan diri pada-Nya. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

6. Ya Allah, berikanlah ilmu kepada kami, jagalah hati kami, indahkan wajah kami di bulan suci yang penuh berkah ini.

7. Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal'alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

8. Ya Allah, perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketakwaan. Perindahlah fisiknya dengan kesehatan. Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan, karena hanya Engkau zat penguasa seluruh alam. Amin ya rabbalalamin. Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

9. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

10. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1441 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

11. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.

12. Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum.

13. Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

14. Marhaban yaa Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa.

15. Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

16. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

17. Alam yang indah adalah anugerah-Mu, masih Engkau berikan bulan nan suci. Semoga dilimpahkan berkah-Mu, di bulan puasa ini. Marhaban Ya Ramadan.

18. Wahai Zat Yang Mulia, Siramlah kami dengan ilmu dunia. Jagalah hati dengan noda, cemerlangkan penampilan dengan iman. Selamat menjalankan ibadah puasa.

19. Daku rindu bulan Ramadan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu.

20. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-NYa. Mensyukuri indahnya kemurahan-Nya. Saatnya merenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa.

21. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga berkah & dosa-dosa kita diampuni oleh Allah.

22. Fajar Ramadan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin.

23. Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

24. Daku rindu bulan Ramadan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu.

25. Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

3. Kata-Kata Ramadhan Penuh Berkah

Seperti yang disinggung sebelumnya, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Oleh karena itu, umat muslim akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan beribadah. Berikut ini beberapa kata-kata Ramadhan yang penuh berkah.

1. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan.

2. Sucikan Hati, damaikan jiwa menyambut bulan yang penuh berkah.

3. Fajar Ramadan menghampiri dunia, seperti selembar sutra yang menghapus noda, sucikan hati, dan bersihkan jiwa.

4. Sebaik-baiknya sedekah adalah di bulan Ramadan.

5. Ramadan itu adalah bulan memberi pertolongan dan bulan Allah memberikan rezeki kepada mukmin di dalamnya.

6. Bulan Puasa adalah bulan penuh ampunan, lebih baik daripada seribu bulan.

7. Ku kirimkan senyum syukur.. Lewat doa yang tak terukur..Semoga yang disana sudah bangun dari tidur.. Sebelum waktu imsak menegur.. Selamat makan sahur.

8. Alhamdulillah, bertemu lagi dengan bulan puasa yang penuh berkah dan karomah.

9. Ramadan adalah Bulan Yang Penuh Rezeki, bulan-Nya Allah untuk memberikan rezeki kepada orang yang mukmin

10. Dari pagi sampai soremu, aku menahan segala rasa dan nafsu hanya untuk meraih ridhoMu. semoga kita selalu mendapatkan berkah dipuasa hari ini, selamat berbuka puasa.

11. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memurnikan jiwa Anda bersama dengan tubuh.

12. Jangan hanya menjalani Ramadhan dengan perut kosong, jalani saja sepenuhnya dengan kesabaran, pengampunan, kebaikan, dan cinta di sekitar.

13. Bulan suci Ramadhan adalah kesempatan Anda untuk mencari pengampunan dan membebaskan diri dari api neraka.

14. Ramadhan sedang dalam perjalanan, jadi bicaralah dengan sopan, bersikap baik kepada orang lain dan praktikkan perbuatan baik.

15. Ramadhan membantu untuk hidup positif dan melepaskan semua perilaku negatif.

16. Ramadhan seperti angin segar dan dingin di musim panas.

17. Melakukan apa yang benar dan harus dilakukan, itulah mengapa kita semua bahagia di bulan Ramadhan.

18. Nabi bersabda: di bulan Ramadhan, Allah membuka semua pintu surga, menutup pintu neraka, dan merantai setan.

19. Allah berfirman bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penting dalam kehidupan setiap umat Islam karena pada bulan ini Allah datang ke rumah kita.

20. Ramadhan berakhir hari ini, tapi jangan khawatir, itu akan datang tahun depan lagi.

21."Sungguh menakjubkan betapa Allah ingin mencelupkan kita ke dalam berkah dan rahmat-Nya di bulan Ramadhan.

22. Ramadhan itu seperti hujan. Itu menyuburkan benih perbuatan baik.

23. Ramadhan memperkuat iman dan menyembuhkan hati.

24. Allah tidak pernah mengharapkan kita menjadi sempurna selama Ramadhan, tetapi Dia mengharapkan kita untuk terus berusaha.

25. Ramadhan adalah waktu terbaik untuk membuat kebaikan atau menghentikan kebiasaan buruk.

4. Kata-Kata Ramadhan Penuh Makna

Kata-kata tentang Ramadhan mempunyai makna yang begitu dalam. Artinya, dari kata-kata ini kita akan dapat melihat dan memaknai keistimewaan dari bulan Ramadhan. Berikut beberapa kata-kata Ramadhan yang penuh makna.

1. Siang diisi kebaikan, malam belajar Alquran. Ramadan jadi penerang hati yang mulai remang-remang.

2. Setitik tinta jadi noda dan setitik salah jadi dosa. Ramadan akan segera tiba dan marilah lebih tekun beribadah.

3. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadan yang suci. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

4. Jika semua harta adalah racun, zakat adalah penawarnya. jika seluruh umur adalah dosa, takwa dan tobat adalah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, Ramadan adalah pemutihnya.

5. Bulan Ramadan, siapa yang siap berlaga, maka surga akan menyambutnya di alam baka.

6. Setitik tinta jadi noda, salah setitik jadi dosa, bulan penuh berkah segera tiba, mari tekun ibadah di bulan puasa marhaban ya Ramadan, sambutlah dengan senyuman yang penuh ikhlas.

7. Kunjungan yang paling utama adalah Masjidil Haram dan tempat kembali yang utama adalah surga. Semoga Ramadan dapat mengantarkan keduanya.

8. Ibadah di bulan Ramadan harus tetap habis-habisan karena tahun depan belum tentu kembali merasakan.

9. Gersang bumi dikala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman. Gersang akal di kala tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan.

10. ajar Ramadhan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin.

11. Kemarau rindu hujan, akal rindu ilmu, jiwa rindu iman, dan setiap insan rindu Ramadhan. Selamat berpuasa untuk sahabat Muslimku.

12. "Semoga Ramadan ini membawa semua kegembiraan dan kebahagiaan ke dalam hidupmu yang kamu dambakan."

13. "Semoga semangat Ramadan memenuhi dirimu dan menerangi hatimu. Selamat menunaikan ibadah puasa."

14. "Semoga Allah memberimu kedamaian dan menjawab doamu. Selamat Ramadan! Selamat menjalankan ibadah puasa."

15. "Ramadan, bulan yang menyambut dan menyemangatimu untuk menjadi orang yang lebih baik. Selamat menjalankan ibadah puasa."

16. "Semoga Allah menghujani kamu dengan berkah dan pahala di bulan ini. Selamat menjalankan ibadah puasa."

17. "Semoga bulan suci ini membebaskanmu dari semua kesengsaraan dan kesedihan serta memberimu hal-hal yang baik. Selamat menunaikan ibadah puasa."

18. "Aku berharap Ramadan ini memberimu kemakmuran dan kekayaan. Selamat menjalankan ibadah puasa."

19. "Berkah Allah akan selalu menyertai kita, di bulan suci ini mari bersukacita. Selamat menunaikan ibadah puasa."

20. "Di bulan suci Ramadan ini, aku mendoakan yang terbaik untukmu. Selamat menunaikan ibadah puasa."

21. "Semoga kamu memiliki Ramadan yang bahagia. Semoga rahmat Allah SWT bersinar untuk dirimu dan keluarga."

22. "Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga Allah mencurahkan berkahnya sepanjang di bulan suci ini dan memberkatimu dengan kehangatan."

23. "Semoga kita semua menemukan berkah dan bimbingan saat kita membaca Al-Qur'an bersama-sama di bulan suci Ramadan ini. Selamat menjalankan ibadah puasa."

24. "Mari persembahkan jiwa, pikiran, dan tubuhmu untuk pengabdian di bulan suci Ramadan dan diberkati dengan manfaat yang maksimal."

25. "Ramadan adalah bulan berkah bagi umat Muslim yang merupakan kesempatan untuk menyuburkan semua benih amalan baik mereka."

Itulah di antranya 100 kata-kata Ramadhan yang penuh makna dan bisa tambah semangat beribadah. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI